uefau17.com

Pele Punya Segudang Rekor Abadi di Piala Dunia yang Sulit Dipecahkan - Bola

, Jakarta- Legenda sepak bola dunia Pele baru saja meninggal dunia. Pria Brasil itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 82 tahun di di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paolo, Brasil, Kamis (29/12/2022) waktu setempat.

Mantan pemain Santos itu wafat setelah berjuang melawan sakit kanker usus besar. Pele sudah dirawat di rumah sakit sejak akhir November 2022 sehingga harus melewatkan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kepergian Pele mengundang duka cita mendalam insan sepak bola dan juga olahraga dunia. Pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu merupakan pesepakbola terhebat abad 20.

Pele memiliki segudang rekor di Piala Dunia yang belum bisa dipecahkan hingga tahun 2022 ini. Pele masih tercatat sebagai pemain yang paling sering menjuarai Piala Dunia. Total Pele tiga kali mengangkat trofi Piala Dunia bersama Brasil di tahun 1958, 1962 dan 1970.

Hingga tahun 2022, Pele juga masih tercatat sebagai raja assists di Piala Dunia dengan 10 kali. Belum pernah ada pemain bisa membuat enam assists di satu edisi Piala Dunia selain Pele. Pria yang pernah jadi Menpora Brasil itu juga masih menjadi pemain dengan assists terbanyak di laga final Piala Dunia (tiga kali).

Ada sembilan rekor pemain termuda yang diukir Pele di Piala Dunia. Pele menjadi pemenang Piala Dunia termuda di usia 17 tahun dan 249 hari. Dia juga memegang rekor pencetak gol termuda di Piala Dunia berkat golnya ke gawang Wales di umur 17 tahun dan 239 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Termuda

Pele juga masih tercatat sebagai pemain termuda yang membuat dua gol di babak semifinal Piala Dunia dan pembuat hat-trick termuda di Piala Dunia di laga melawan Prancis saat baru berumur 17 tahun 244 hari.

Di usia 17 tahun dan 249 hari, Pele juga sudah bermain di final Piala Dunia dan sukses membuat gol. Belum ada pemain yang lebih muda dari Pele yang bisa main dan bikin gol di final Piala Dunia hingga saat ini.

3 dari 4 halaman

Rekor Lain

Pada final Piala Dunia 1958, Pele membuat dua gol kala Brasil menang atas Swedia. Pele pun masih tercatat sebagai pemain paling muda yang membuat dua gol di final saat berumur 17 tahun 249 hari.

Dua rekor termuda Pele lain di Piala Dunia adalah pemain paling belia yang bisa tampil di babak gugur Piala Dunia dan pemain termuda pertama yang mampu meraih lima gol di fase gugur Piala Dunia.

 

 

4 dari 4 halaman

Duka Mendalam

Ungkapan rasa duka mendalam langsung disampaikan sejumlah bintang sepak bola. Andalan Timnas Brasil Neymar terlihat emosional saat mengungkapkan perasaannya di media sosial atas meninggalnya Pele.

“Saya pernah membaca frasa ini di suatu tempat, di beberapa titik dalam hidup saya. Tapi kalimat ini, cantik, tidak lengkap. Saya akan mengatakan sebelumnya sepak bola Pele hanyalah olahraga. Pele telah mengubah semuanya."

“Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Dia menyuarakan orang miskin, orang kulit hitam, dan terutama: Dia memberikan visibilitas ke Brasil."

“Sepak bola dan Brasil telah menaikkan status mereka berkat Sang Raja! Dia sudah pergi tapi sihirnya tetap ada. Pele SELAMANYA!!”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat