uefau17.com

MGPA Beberkan 3 Poin Perbaikan Sirkuit Mandalika Jelang WSBK 2022 - Bola

, Jakarta - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Prindhi Satria membeberkan tiga poin perbaikan Sirkuit Mandalika yang harus dituntaskan pihaknya jelang World Superbike (WSBK) 2022 pada 11-13 November mendatang.

Poin-poin tersebut merupakan permintaan dari Dorna demi menunjang pelaksanaan Kejuaraan Dunia Superbike, yang meliputi pelebaran run-off, perubahan kerb, serta resurfacing permukaan aspal.

“Namanya kita sebut reimprovement. Jadi dalam reimprovement ini, ada beberapa hal (yang harus diperbaiki) sesuai dengan keharusan dan sumbang saran dari Dorna," ujar Dirut MGPA saat ditemui di Sirkuit Mandalika, Sabtu (15/10/2022).

Priandhi menjelaskan, sebanyak dua dari tiga permintaan telah seratus persen tuntas. Adapun proses pengaspalan dijadwalkan baru akan mulai pada Minggu (16/10/2022).

“Ada pelebaran run-off. Itu contohnya di tikungan 1, run off-nya sudah lebar, kita lebarkan lagi. Di tikungan 16, tikungan 10 juga. Itu (progresnya) sudah 100 persen. Jadi pelebarannya sudah, tinggal pengecatannya," beber Priandhi.

“Ada juga keharusan mengubah kerb, yang awalnya reguler kerb, menjadi Misano. Itu ada di tikungan 5. Itu juga sudah 100 persen kita kerjakan. Jadi, semua kerbs-nya sudah sesuai dengan permintaan Dorna." 

"Kemudian yang ketiga, yang juga merupakan keharusan adalah permukaan atasnya aspal dilakukan perbaikan supaya friksinya lebih menggigit dan kekuatannya lebih kuat dibandingkan sebelumnya," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Testing

Pengaspalan ulang permukaan Sirkuit Mandalika memang tak bisa serta-merta dilakukan. Menurut Priandhi, pihaknya perlu melakukan testing untuk menemukan komposisi bahan yang tepat.

"Ini kita sedang lakukan testing di depan (sirkuit), mencoba campuran bitumen bahan batu-batuan untuk mencapai friksi yang lebih bagus, dengan kekuatan yang lebih bagus," tuturnya.

"Jadi kita akan melakukan track resurfacing mulai tanggal 16 (Oktober). (Diurasi prosesnya) tergantung cuaca. Mulai dari keruk lapisan (atas) dan mengaspal, mudah-mudahan seluruhnya bisa selesai dalam tujuh hari kalau cuacanya bagus," katanya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Masukan Lain

Selain ketiga permintaan tersebut, masih ada sejumlah masukan dari Dorna yang sifatnya tidak wajib, tetapi ditujukan untuk mempercantik tampilan Sirkuit Mandalika.

“Di luar itu, tentunya masih ada improvement lain yang merupakan sumbang saran, tetapi tidak merupakan keharusan," katanya.

Priandhi juga mengungkap bahwa Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) telah berkunjung ke Mandalika pekan lalu untuk memantau progres persiapan sirkuit jelang WSBK. Ia berharap, seluruh rencana reimprovement bisa selesai tepat waktu.

“FIM sudah datang minggu lalu. (Mereka) melihat kesiapan sirkuit, sejauh ini progresnya bagaimana. Jadi yang belum tinggal resurfacing  permukaannya. Dengan jadwal yang masih cukup panjang ini, kalau kita mulai tanggal 16 ditambah 7 hari, tambah waktu pengeringan, mudah-mudahan tetap dalam schedule.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat