uefau17.com

Kabupaten Subang Siap Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi XIV Jawa Barat - Bola

, Jakarta Kabupaten Subang menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah pelaksanaan pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) XIV Jawa Barat. Seperti diketahui, Subang rencananya akan jadi tempat pelaksanaan pertandingan bagi 19 cabang olahraga di ajang multieven olahraga se-Jabar tersebut.

"Kami sangat siap menggelar 19 cabang olahraga pada ajang Porprov nanti. Termasuk dua cabor baru yakni sambo dan kurash," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Subang, Asep Nuroni saat ditemui di sela-sela pelaksanaan Chef de Mission (CdM) Meeting II di Grand Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Selasa (6/9/2022).

Asep yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Daerah Porprov XIV Jabar Kabupaten Subang, mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan sejak pertama kali ditetapkan sebagai salah satu tuan rumah Porprov XIV Jabar, baik dari sisi aspek fisik, penyiapan sumber daya manusia, hingga penyiapan fasilitas pendukung.

Dari sisi kesiapan venue, Asep Nuroni mengaku sudah melakukan beberapa skema, mulai dari penyewaan, revitalisasi, hingga pembangunan.

"Beberapa venue untuk pertandingan ada yang kami sewa dan dilakukan perbaikan atau pemeliharaan. Tidak semua dilakukan pembangunan karena melihat dari sisi waktu dan juga biaya," kata Asep Nuroni.

"Tapi ada juga venue yang kami bangun untuk Porprov XIV Jabar seperti venue tenis lapang, beladiri, dan lapangan bola voli pasir. Hingga saat ini, venue sudah hampir 90 persen progresnya," lanjut Asep.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akomodasi

Selain venue, pihaknya pun kata Asep sudah menyiapkan fasilitas pendukung lain, salah satunya untuk akomodasi kontingen kota/kabupaten yang akan berlaga di wilayah Kabupaten Subang.

"Sekitar 62 hotel sudah kami siapkan termasuk akomodasi kontingen. Jumlah itu masih terus kami tambah sehingga bisa menampung lebih dari 3000 orang yang akan datang ke Subang saat pelaksanaan Porprov XIV Jabar nanti," imbuh Asep.

Bahkan Asep mengaku sudah bekerjasama dengan beberapa travel dan pihak rental untuk memenuhi kebutuhan transportasi, sehingga selama berada di Subang, kontingen kota/kabupaten maupun para pendukungnya tidak kesulitan untuk melakukan mobilisasi.

"Jadi para peserta tidak perlu bawa kendaraan sendiri, kami sudah siapkan dengan bekerjasama dengan beberapa travel dan pihak rental. Kami yakin bisa memenuhi kebutuhan transportasi itu," kata Asep.

3 dari 3 halaman

UKM Lokal

Selain kesiapan, Asep mengaku akan memberdayakan berbagai UKM lokal untuk ikut meramaikan dan menyukseskan gelaran Porprov XIV Jabar di Kabupaten Subang. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan booth untuk diisi pelaku UKM di Kabupaten Subang serta stand mini yang akan menampilkan kekayaan budaya Subang.

"Jadi saat bertanding di Subang, tidak hanya kunjungan olahraga saja tapi juga muatan lokal pemberdayaan masyarakat dan budaya Subang. Tidak hanya sukses prestasi dan penyelenggaraan, tapi juga sukses pemberdayaan ekonomi," tutur Asep.

"Untuk penyambutan kontingen, kami akan menampilkan potensi Subang, salah satunya dengan Sisingaan, begitu pula saat UPP (Upacara Penyerahan Pemenang), sudah menyiapkan maskot cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov IV Jabar yakni nanas," tambah Asep.*

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat