uefau17.com

Hadapi Persaingan di Porprov XIV 2022, Tim Futsal Kota Bandung Rencanakan TC Tahap Kedua - Bola

, Jakarta Tim futsal putra dan putri Kota Bandung terus melakukan persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2022, yang akan digelar November mendatang di Garut.

Selain melakukan pemusatan latihan, tim juga sempat menggelar beberapa uji coba. Bahkan, tim putri selama menjadi pemusatan latihan di DIY Yogyakarta, tampil cemerlang dengan memenangkan semua laga.

Sekjen Asosiasi Futsal Kota Bandung, Afwan Abdul Gofur, merasa optimistis dengan persiapan tim putra dan putri. "Sejak tahun kemarin tetap berlatih nggak berhenti, meski ada keterbatasan karena tidak ada turnamen," kata Afwan yang juga menjabat sebagai wakil Manajer tim futsal putri Kota Bandung.

"Selama itu mereka hanya berlatih dan uji tanding, mungkin dengan menurunnya Covid-19 kalau ada kompetisi kita bisa mengikuti," kata pria yang akrab disapa Aa ini.

Aa menyadari persaingan di Porprov nanti, terutama untuk tim putri, cukup ketat, karena ada beberapa tim kuat. Untuk tim putri saingannya adalah tim Kabupaten Bogor. Beberapa pemain mereka ada yang bermain di klub pro kebumen dan Bogor.

"Tapi, saya rasa kemampuan pemain anak-anak di uji coba optimis bisa mempertahankan medali emas," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persaingan

Sedangkan, tim putra persaingannya lebih merata. Kemungkinan tantangan datang dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Untuk tim dari Bandung sendiri, menurut Aa kekuatannya sekarang bertumpu pada atlit baru yang belum pro, namun mereka berpengalaman di kompetisi liga futsal Kota Bandung dan Liga Nusantara Jabar. "Mereka hasil dari seleksi kompetisi dan talent scouting," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Pandemi

Selama ini, kata Aa, pencarian pemain dilakukan melalui Bandung Futsal League yang sudah berjalan 7 tahun. Ini jadi wadah untuk mencari pemain, karena ada divisi utama dan satu, baik putra maupun putri

Tahun ini, kompetisi Bandung Futsal League, jika pandemi sudah mereda akan dilaksanakan pada April dan Mei 2022. "Dari situ juga bukan tidak mungkin kalau ada yang menonjol dari hasil kompetisi tersebut. Jika tim sekarang ada yang kurang maksimal, mungkin ada promosi dan degradasi," katanya.

4 dari 5 halaman

Uji Coba

Agenda selanjutnya mereka, kata Aa, kedua tim akan terus melakukan beberapa pertandingan uji coba dengan beberapa klub tim pro lain atau menghadapi tim putra SMP atau SMA.

Kemudian mereka akan mengikuti pemusatan latihan (Training Centre) kedua di bulan Juni mendatang. Rencananya, untuk tim putri akan dipusatkan di Jawa Timur. Dan, tim putra, akan TC juga nanti di Yogyakarta bulan Maret nanti

"Dipilihnya Jatim, karena ada beberapa klub putri dari segi permainan karakter mereka lebih keras, sehingga bisa untuk menguji kemampuan mental anak-anak di lapangan," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Sapu Bersih

Sebelumnya, dijelaskan Aa, tim sudah melakkan TC pertama di Yogyakarta dan melaksanakan lima kali uji coba. Mereka menang 3-1 lawan UNJ, kalahkan Porda Sleman 3-0, Porda Yogyakarta 9-0, Porda Bantul 10-0, dan Porda Gunung Kidul 14-0

"Jumat kemarin uji coba lawan tim liga profesional Women K Engels Kendal, yang kebetulan sedang berlatih di Bandung. Kami kalah tipis 3-4, meski sempat unggul 2-0. Tapi, saya senang lihat penampilan anak-anak memberikan perlawanan kepada tim profesional," tuturnya.

Terkait dengan hasil itu, tim futsal putri Kota Bandung optimistis mampu mengamankan target medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat