uefau17.com

4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Cuci Tangan - Bola

, Jakarta- Seperti yang diketahui,  corona Covid-19 merupakan pandemi yang berasal dari virus corona jenis baru. Penyakit ini bisa menular ketika percikan dahak yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, atau tenggorokan.

Selain itu, virus ini juga menyebar melalui sentuhan tangan. Tidak hanya dari satu orang ke orang lain, namun juga bisa melalui benda yang terpapar virus corona.

Selama pandemi berlangsung, salah satu cara paling mudah dalam mencegah penyebaran virus ini adalah dengan rutin cuci tangan dengan sabun dan air. Meski terlihat sepele, namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui.

Berikut beberapa hal penting tentang cuci tangan yang dirangkum melalui unicef.org.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Mencuci Tangan dengan Tepat

Untuk menghilangkan virus yang ada di tangan, gosokan dan bilasan singkat saja tidak cukup. Agar lebih efektif, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. 

Pertama, basahi seluruh bagian tangan dengan air besih. Setelah itu, gosok tangan dengan sabun mulai dari telapak tangan, punggung tangan, hingga sela-sela jari selama 20 detik. Terakhir, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan handuk atau tisu.

Perlu diperhatikan, mencuci tangan sebaiknya selama 20 hingga 30 detik. Cara mudah menghitung lama waktu mencuci tangan bisa dengan menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ sebanyak dua kali. Hal itu juga berlaku ketika membersihkan tangan dengan handsanitizer yang mengandung alkohol minumal 60%.

 

3 dari 5 halaman

2. Waktu Saat Mencuci Tangan

Dalam upaya mencegah penularan virus corona, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk mencuci tangan. Antara lain setelah membuang ingus, batuk, atau setelah bersin.

Setelah berkunjung dari tempat umum (kendaraan umum, pasar, tempat ibadah), atau menyentuh barang dari luar rumah termasuk uang. Selain itu, ketika anda merawat orang sakit baik sebelum, saat, dan sesudahnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Mengeringkan Tangan

Perlu diketahui, kuman menyebar lebih mudah pada kulit yang basah atau lembab. Oleh karena itu, anda sangat dianjurkan untuk mengeringkan tangan dengan kain atau tisu setelah mencuci tangan.

Dalam mencuci tangan, ada beberapa hal yang sering dipertanyakan oleh masyarakat umum. Seperti bagaimana cara membersihkan tangan bila tidak memiliki sabun hingga perlukah menggunakan air hangat dalam mencuci tangan.

 

5 dari 5 halaman

4. Pengganti Sabun

Jika anda tidak memiliki sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan cairan yang mengandung alkohol minimal 60%. Meski kurang efektif, cara ini bisa memperlambat perkembangan kuman hingga anda menemukan fasilitas untuk mencuci tangan.

Selain itu, Anda tidak perlu menggunakan air dengan temperatur tertentu. Baik air dingin maupun hangat sama-sama efektif dalam membunuh kuman atau virus, asalkan anda menggunakan sabun.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat