uefau17.com

Tantangan Air Indonesia Harus Dipecahkan Lewat Inovasi dan Kolaborasi - Bisnis

, Jakarta - Perwakilan industri, pemerintah, dan LSM berkumpul pada 23 Mei 2024 di acara panel yang diselenggarakan oleh Coca-Cola Indonesia di World Water Forum di Bali. Acara ini menyorot peran inovasi dalam mengatasi tantangan air di Indonesia.

Mendukung keamanan air adalah prioritas utama bagi The Coca-Cola Company secara global. Dengan kehadiran di lebih dari 200 negara dan wilayah, Strategi Keamanan Air 2030 perusahaan berfokus pada percepatan aksi untuk meningkatkan keamanan air. Ini termasuk Indonesia, di mana proyek-proyek air inovatf bertujuan untuk memberi manfaat kepada komunitas dan ekosistem lokal.

Sejak 2015, The Coca-Cola Company secara global telah mengembalikan lebih dari 100% air yang digunakan dalam minuman jadi mereka ke alam dan komunitas setap tahunnya.

Coca-Cola ASEAN & South Pacifc Water and Climate Director Lynn Hong, mengatakan, The Coca-Cola Foundaton mendukung kemitraan terkait air di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara yang memberi manfaat kepada alam dan komunitas.

"Sistem Coca-Cola memiliki warisan kuat bekerja dengan mitra untuk mengatasi tantangan air di Indonesia, menggunakan inovasi, teknologi, dan cara baru pendanaan investasi untuk memajukan keamanan air bagi generasi mendatang.” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6/2024).

The Coca-Cola Foundaton (TCCF), flantropis global dari The Coca-Cola Company, menyediakan dukungan pendanaan untuk komunitas rentan yang mengalami kekurangan air di Indonesia, termasuk penyediaan air minum yang aman dan akses air untuk pertanian dan kehidupan.

Ini termasuk kemitraan dengan Yayasan Obor Tani, untuk mendukung kehidupan petani lokal di seluruh Indonesia dengan melindungi air untuk pertanian melalui pembangunan embung (waduk air) sebagai tempat penyimpanan di wilayah Jawa dan Sulawesi.

“Berkat dukungan dari The Coca-Cola Foundaton, kami telah membangun enam embung dan menggunakan bahan yang tahan lama dan feksibel yang bertndak sebagai pelindung kedap air, secara efektf mengurangi kehilangan air yang sering terjadi karena rembesan di embung," kata Direktur Eksekutf Yayasan Obor Tani Pratomo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, The Coca-Cola Foundaton mendukung program Master Meter dengan USAID (melalui USAID IUWASH PLUS) yang telah berperan pentng dalam memastkan akses ke air bersih bagi komunitas di Medan dan Surabaya. Program ini berfokus pada meteran komunal untuk air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah, serta mendukung pengembangan sistem ini untuk membantu mengelola dan mendistribusikan air bersih.

Berbicara di acara panel, Deputy Chief of Party USAID IUWASH Tangguh (kelanjutan dari proyek USAID IUWASH Tangguh), Alifah Sri Lestari, mengatakan, akses ke air berkualitas sangat terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan sosial suatu negara.

"Dukungan kami untuk program Master Meter mencontohkan strategi kunci untuk mengatasi tantangan pasokan air bersih dan sanitasi di masyarakat berpenghasilan rendah, membantu misi pemerintah untuk mempercepat distribusi air bersih di Medan & Surabaya dan menyediakan solusi yang efektf.” kata dia.

“Berkat dukungan The Coca-Cola Foundaton untuk program sumur resapan, ribuan sumur telah dibangun untuk membantu mengelola, menyimpan, dan menyaring air ke dalam lapisan bawah tanah, dengan penelitan yang menunjukkan potensi peningkatan level air tanah.”

 

3 dari 3 halaman

Strategi Pengelolaan Air Kreatif

Kolaborasi antara TCCF dan berbagai pemangku kepentngan merupakan contoh utama dari upaya bersama untuk menyelesaikan masalah air di Indonesia.

Firdaus Ali, Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Manajemen Sumber Daya Air, berbicara atas nama pemerintah, menekankan perlunya strategi pengelolaan air yang kreatf untuk melawan dampak perubahan iklim, sepert banjir dan kekeringan, untuk memastkan pengelolaan air yang berkelanjutan.

“Melalui kemitraan ini, kami menggabungkan sumber daya dan pengetahuan, dengan tujuan mencapai masa depan yang lebih optmis untuk Indonesia. Dengan memobilisasi keahlian kolektf, kami siap membuat kemajuan signifkan dalam mengatasi tantangan air.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat