uefau17.com

Bangun Industri Pertambangan Halmahera Timur, Sucofindo Resmikan Laboratorium Site Buli - Bisnis

, Jakarta Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub meresmikan laboratorium PT Sucofindo Site Buli di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Site ini merupakan komitmen PT SUCOFINDO dalam realisasi mendukung pengembangan dan kemajuan ekonomi di Kabupaten Halmahera Timur, dan Maluku Utara secara luas melalui layanan Testing, Inspection, Certification (TIC) PT Sucofindo.

“Kami mengapresiasi manajemen PT Sucofindo untuk mengembangkan kapasitasnya di Halmahera Timur. Kami berharap PT Sucofindo hadir tak hanya sebagai pelengkap, namun dapat menjadi pelaku utama membangun wilayah Halmahera Timur melalui layanan Testing, Inspection, and Certification (TIC),” kata Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub, Selasa (4/6/2024).

Selain itu, Ubaid Yakub berharap Sucofindo dapat memaksimalkan kapasitasnya, tidak hanya melalui layanan testing laboratorium, tetapi dapat memberikan pelayanan inspeksi di sektor usaha lainnya.

“Layanan inspeksi sangat dibutuhkan di Halmahera Timur, khususnya dalam mengembangkan potensi di sektor perikanan, pertanian-perkebunan, serta pariwisata. Kami pun berharap PT SUCOFINDO juga dapat berkolaborasi dalam pemberdayaan masyarakat di Halmahera Timur,” kata Ubaid Yakub

Kepala SubDirektorat Layanan Sumber Daya Alam PT SUCOSucofindoINDO Nur Efendi mengatakan bahwa dengan kehadiran laboratorium PT SUCOFINDO Site Buli mampu mendukung dan berkontribusi pada perkembangan industri pertambangan dan pengolahan, pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, pemerintahan dan lainnya, yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

“Kami mampu mendukung Halmahera Timur berdaya saing dengan  layanan Testing, Inspection, and Certification (TIC) tak hanya berfokus di sektor pertambangan," kata Nur Efendi.

"Namun, dapat terintegrasi dengan layanan lainnya di Sucofindo Cabang Makassar dan Kantor Pelayanan Manado, yaitu Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN); Konsultansi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), layanan public services, layanan inspeksi, pengujian, serta layanan lingkungan lainnya, Industri Hijau dan karbon kredit (sesuai dengan peranan SUCOFINDO sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) terakreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK), dan jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) lainnya pendukung keberlanjutan lingkungan,” jelas dia..

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertambangan

Khususnya di sektor pertambangan, Vice President SBU Mineral PT SUCOFINDO Paolo Manurung mengatakan bahwa kehadiran SUCOFINDO, secara khusus di Maluku Utara dapat mendukung pelaku usaha di industri tambang dengan mengedepankan tata kelola pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices).

“Tercatat terdapat 125 IUP di Maluku Utara, dan melalui kehadiran SUCOFINDO di Maluku Utara, seperti di Site Weda, Buli, dan Obi, mampu membantu para pelaku industry tambang, baik untuk kebutuhan eksplorasi, quality control, maupun tata niaga penjualan produk, salah satunya dengan pengembangan laboratorium onsite,” kata Paolo.

Laboratorium SUCOFINDO Site Buli ini juga menyediakan fasilitas preparasi dan pengujian yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil pengujian mineral.

“Laboratorium Site Buli memiliki kapasitas pengujian sampel yang besar (mencapai kapasitas 12,000 sampel/ bulan) yang mampu memberikan hasil yang akurat dengan waktu lebih efisien. Kedepannya kami berkomitmen menyediakan pelayanan yang terbaik, khususnya dalam pengujian kualitas kandungan mineral dan Batubara, serta menguatkan kapasitasi kami sebagai Lembaga TIC untuk sektor usaha lainnya, sebagai upaya mendukung pengembangan ekonomi di Halmahera timur dan Maluku Utara secara luas,” ujar Paolo.

3 dari 4 halaman

IDSurvey Parkuat Bisnis Layanan TIC di Timur Indonesia

Sebelumnya, IDSurvey, yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Induk BUMN Holding Jasa Survei, PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia, berkomitmen meningkatkan kapasitas layanan Testing, Inspection, and Certification (TIC) di Indonesia Timur, termasuk untuk layanan di sektor Maritim.

Komitmen ini disampaikan oleh Deputy Director Manajemen Bisnis Klasifikasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Arief Budi Permana pada perhelatan Safari Ramadan yang terselenggara di Sorong.

“Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak aktivitas di perairan. Khususnya di Indonesia Timur ini, kami melihat potensi pengembangan layanan di sektor maritim. Oleh karena itu, dengan kehadiran IDSurvey mampu mendorong dan mendukung potensi wilayah di sini. Contohnya, kapal- kapal yang berlayar tentunya harus dijamin keamanan dan keselamatannya,” ujar Arief, Rabu (3/4/2024).

Selain itu, untuk layanan lainnya untuk mendukung kemaritiman, IDSurvey, melalui kolaborasi antara PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT SUCOFINDO juga mampu melayani konsultansi Greenport, untuk pelabuhan hijau bertaraf internasional.

IDSurvey juga menyediakan Layanan International ships and port facility security, Warranty Survey, Towing and Lashing Survey, Damage survey, On/off Hire survey dan jasa lainnya utuk memastikan keamanan dan kenyamanan aktifitas di perairan.

Arief pun berharap Insan IDSurvey khususnya di Indonesia Timur dapat berkolaborasi dan adaptif memberikan pelayanan terbaik.

“Dengan kolaborasi yang terjalin bersama-sama dapat menggali potensi pengembangan layanan jasa dalam bidang pengujian, inspeksi, sertifikasi, pelatihan, audit, konsultansi dan statutoria,” ujar Arief.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan IDSurvey

Oleh karena itu, melalui kegiatan Safari Ramadan ini menurut Arief sebagai upaya bersama antar insan IDSurvey dalam memberikan layanan untuk Indonesia Timur.

“Hal ini juga sejalan dengan komitmen IDSurvey, yaitu One family, One Purpose. Dan kami berharap dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh Insan IDSurvey di mana pun berada, sehingga terwujud keselamatan untuk Keluarga di Indonesia sesuai dengan tujuan kita bersama,” kata Arief.

Pada kesempatan Safari Ramadan, Direktur Utama PT SUCOFINDO Jobi Triananda mengatakan untuk mendukung potensi wilayah di Indonesia Timur, selain layanan greenport, PT SUCOFINDO mampu melayani TIC green initiative untuk pelaku usaha.

“Kemudian sebagai upaya menunjang potensi wilayah di Timur Indonesia, PT SUCOFINDO memiliki TIC one stop services untuk industri pertambangan berkelanjutan. Dan kami pun dilengkapi dengan dedicated laboratory. Ke depannya kami siap menunjang kebutuhan pelaku usaha dan membantu pemerintah daerah Indonesia Timur mewujudkan kota dan daerah berkelanjutan,” kata Jobi Triananda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat