uefau17.com

Anggaran Rp 67,3 Miliar Sulap Lapangan Borarsi Manokwari Jadi Arena Internasional - Bisnis

, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan penataan kawasan Arena Publik Borarsi Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Lapangan Borarsi akan menjadi pusat upacara pembukaan event-event skala nasional maupun internasional di Papua Barat, sekaligus mendukung kegiatan publik masyarakat Manokwari seperti olahraga, pariwisata, dan kegiatan kebudayaan.

Dukungan infrastruktur pada penataan Arena Publik Borarsi diharapkan mampu menciptakan penataan ruang publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah.

Selaras dengan Visi Kabupaten Manokwari, Terwujudnya Kabupaten Manokwari menjadi Pusat Peradaban di Tanah Papua dan Ibu Kota Provinsi Papua Barat yang Religius, Berbudaya, Berdaya Saing, Mandiri dan Sejahtera.

"Penataan kawasan ini untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung yang datang," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (4/6/2024).

Optimalisasi Ruang Terbuka

Penataan Arena Publik Borarsi merupakan optimalisasi ruang terbuka publik yang sebelumnya sudah terbangun dengan menghadirkan fasilitas public space yang aman, nyaman, dan modern.

Pengembangan desain landmark memanfaatkan kawasan Lapangan Borarsi dengan luas lahan 24.940 m2 dan luas bangunan 4.903 m2.

Penataan oleh PUPR dimulai dari renovasi bangunan utama dan panggung utama, peremajaan lapangan, tribun penonton, dan jalur pedestrian. Selanjutnya juga dibangun fasilitas pendukung berupa lapangan basket, lapangan gateball, ruang bermain anak, area parkir, drainase, lansekap (penghijauan), dan sarana pengelolaan sampah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan 360 Hari

Peletakan batu pertama pekerjaan fisik penataan Arena Publik Borarsi secara seremoni telah dilaksanakan pada 12 September 2023 lalu, dengan masa waktu pembangunan 360 hari kalender. Tercatat hingga 26 Mei 2024 progres fisiknya telah mencapai 56,54 persen dengan target selesai tahun ini.

Kegiatan penataan Arena Publik Borarsi berada di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Irma Tiara Putra.

Anggaran pembangunan sarana dan prasana bersumber dari APBN tahun 2023-2024 dengan nilai kontrak Rp 67,3 miliar.

Arena Publik Borarsi berada di pusat kota Manokwari yang dapat ditempuh dari Bandara Rendani sekitar 20 menit. "Diharapkan dengan mengedepankan prinsip keseimbangan fungsi sosial, ekonomi, dan lingkungan, infrastruktur Arena Publik Borarsi yang sedang dibangun dapat memberi manfaat bagi sekitarnya," pungkas Menteri Basuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat