uefau17.com

Mau Kerja Freelance Gaji Rp 4 Juta per Jam? Kuasai 6 Keterampilan Ini - Bisnis

, Jakarta Sekitar 2 juta orang diperkirakan akan lulus dari perguruan tinggi pada tahun 2024, menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional. Di tengah persaingan ketat di pasar kerja, para lulusan baru ini akan menghadapi tantangan besar dalam membangun karier mereka.

Era digital yang terus berkembang pesat menuntut tenaga kerja dengan keterampilan khusus yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan modern.

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke model kerja fleksibel dan remote, keahlian freelance menjadi semakin relevan dan dibutuhkan.

Platform freelance seperti Upwork telah menjadi jembatan bagi banyak profesional untuk menawarkan keahlian mereka kepada perusahaan yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, bekerja sebagai freelancer memberikan fleksibilitas yang tidak ditemukan dalam pekerjaan konvensional, memungkinkan para profesional untuk menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi dengan lebih baik. 

Bagi para lulusan baru yang sedang mempertimbangkan jalur karier yang tepat, memahami keterampilan yang banyak diminati di pasar freelance bisa menjadi langkah strategis untuk meraih kesuksesan.

Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh Upwork, terdapat enam keterampilan freelance yang diproyeksikan akan sangat diminati pada tahun 2024, melansir CNBC ditulis Minggu (26/05/2024).

Dari analisis data hingga desain grafis, keterampilan ini mencakup berbagai bidang yang penting dalam dunia bisnis modern.

Mengetahui keterampilan mana yang paling diminati dan berapa tarif yang bisa diharapkan akan membantu para lulusan baru dalam merencanakan dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja freelance.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Analisis Data

Gaji: USD 167 per jam atau sekitar Rp 2,6 juta (kurs: 16.064 per USD)

Analis data bertugas melihat kumpulan data yang sangat besar dan kompleks untuk mendapatkan wawasan yang akan mendorong lintasan sebuah bisnis.

"Mereka menggunakan alat bantu seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet, SQL, dan Tableau," kata Margaret Lilani, wakil presiden pengiriman bakat di Upwork.

"Teknologi ini masih baru dan berkembang dengan sangat cepat. Jadi, manusia yang tahu cara memanfaatkan teknologi tersebut dan menggunakannya serta menerapkannya akan menjadi pemenang dalam permainan itu."

2. Pengembangan Full Stack

Gaji: USD 190 per jam atau sekitar Rp 3 juta

Dalam hal membangun situs web dan aplikasi, pengembang full stack bertanggung jawab atas bagian depan dan belakang sebuah situs web.

"Artinya, mereka bertanggung jawab atas antarmuka yang dilihat pengguna, serta mekanisme yang bekerja untuk membuatnya bekerja," kata Vicki Salemi, pakar karier Monster.

Dengan perkembangan teknologi yang terus menerus, permintaan untuk pengembangan full stack tidak akan hilang pungkas Lilani.

3. Pemasaran Media Sosial

Gaji: USD 250 per jam atau sekitar Rp 4 Juta

Pemasar media sosial bertugas menyebarkan berita tentang klien mereka di berbagai platform mulai dari Instagram hingga Pinterest dengan tujuan membangun platform, berinteraksi dengan pelanggan, membangun merek, meningkatkan penjualan, dan mendorong lalu lintas situs web.

"Seperti halnya pengembangan full stack dan mengingat prevalensi platform-platform ini, pemasaran media sosial adalah salah satu hal yang tidak akan hilang," kata Lilani.

 

3 dari 3 halaman

4. Akuntansi

Gaji: USD 125 per jam atau sekitar Rp 2 juta

Akuntan memeriksa laporan keuangan untuk membantu bisnis dan individu beroperasi, mengajukan pajak, dan lain-lain.

"Bisnis sering kali perlu memiliki akses cepat ke para ahli yang dapat menyelesaikan pekerjaan," kata Lilani. "Dan itu adalah masalah bisnis bagi Fortune 10. Itu juga merupakan masalah bisnis bagi perusahaan rintisan yang sedang berkembang."

"Kami akan selalu perlu membayar pajak," tambah Salemi, jadi keterampilan ini juga akan berumur panjang.

5. Asisten Virtual Umum

Gaji:  USD 65 per jam atau sekitar Rp 1 juta

Asisten virtual umum membantu klien dengan berbagai cara, seperti mengatur kalender, membantu dengan email, dan merapikan beberapa presentasi. "Beberapa orang dapat mengkhususkan diri pada perangkat lunak atau platform tertentu, namun sifat generalisnya juga membuat mereka gesit," kata Lilani.

6. Desain Grafis

Gaji: USD 150 per jam atau sekitar Rp 2,4 juta

Desainer grafis menciptakan konsep visual yang sejalan dengan branding klien mereka. Mereka membuat logo, infografis, postingan media sosial, presentasi, dan sebagainya. "Kita hidup dalam masyarakat visual," kata Lilani. "Dan desain grafis menjadi semakin penting."

Itulah enam keterampilan freelance yang paling banyak diminati di tahun 2024 menurut Upwork. Bagi para pekerja muda, mengembangkan salah satu dari keterampilan ini bisa menjadi langkah strategis untuk sukses di dunia kerja yang semakin kompetitif.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat