uefau17.com

Ngeri! Penumpang Japan Airlines Berlarian Menyelamatkan Diri dari Kebakaran Pesawat - Bisnis

, Jakarta Pesawat milik maskapai Japan Airlines (JAL) mengalami kebakaran di landasan Bandara Haneda, Tokyo pada Selasa (2/1/2024). Ini menjadi kejadian mengejutkan mengingat pesawat Japan Airlines yang terbakar itu adalah jenis Airbus A350, yang merupakan salah satu pesawat tercanggih milik Airbus.

Dari informasi otorita bandara Haneda, kebakaran terjadi setelah tabrakan di landasan pacu dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang.

Hingga saat ini, Rabu (3/1/2024), 367 penumpang dan 12 awak Airbus A350 Japan Airlines berhasil dievakuasi dengan selamat melalui perosotan darurat.

Laporan kantor berita NHK menyebut, sedikitnya 17 orang menderita luka-luka akibat Japan Airlines Terbakar. Lima dari enam orang di pesawat penjaga pantai tewas, dengan kapten selamat namun mengalami luka parah.

Menanggapi musibah tersebut, pihak maskapai Japan Airlines menyampaikan bela sungkawa terhadap korban tewas dalam kecelakaan yang melibatkan pesawatnya.

Penumpang Berlarian

Akibat kebakaran yang menimpa pesawatnya, terlihat para penumpang langsung berlarian keluar dari pesawat dengan mengakses pintu darurat sisi belakang pesawat.

Mereka terlihat panik dan berlarian demi menyelamatkan diri dari amukan si jago merah.

Kronologi

Japan Airlines 516 berangkat dari bandara New Chitose pada pukul 16.00 waktu setempat dan dijadwalkan mendarat di Bandara Haneda pada pukul 17.40 demikian dikutip dari BBC.

BACA JUGA:5 Awak Hilang di Pesawat yang Diduga Tabrakan dengan Japan Airlines Dinyatakan Tewas Menurut penjaga pantai Jepang, salah satu pesawatnya dari pangkalan di Haneda bertabrakan dengan pesawat JAL yang tiba dari Bandara New Chitose di Hokkaido.

Pesawat penjaga pantai itu sedang dalam misi terbang ke pangkalan di Prefektur Niigata membawa perbekalan untuk membantu daerah yang terkena dampak gempa berkekuatan 7,6 magnitudo yang melanda Jepang tengah pada Senin, 1 Januari 2024, demikian mengutip Japan Times.

Dalam tayangan video NHK menunjukkan api muncul dari dekat mesin pesawat dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

NHK melaporkan, tabrakan itu terjadi setelah pesawat JAL mendarat di landasan pacu C. Pesawat penjaga pantai membawa enam orang. Lima orang ditemukan tetapi kondisi belum jelas. Sedangkan satunya menyelamatkan diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan 70 Truk Pemadam

Meski sekitar 70 truk pemadam kebakaran dikerahkan,pesawat hampir seluruhnya dilalap api sekitar pukul 18.30, menurut rekaman video.

Semua landasan pacu Bandara Haneda ditutup sekitar pukul 18.00 sore waktu setempat. Penerbangan dialihkan ke bandara di seluruh negeri, termasuk Bandara Narita di Prefektur Chiba, Bandara Chubu Centrair dekat Nagoya, dan Bandara Kansai di Prefektur Osaka, menurut aplikasi Flightradar24.

JAL menyebutkan, 367 penumpang dan 12 awak berada di dalam pesawat Airbus A350. Seluruh penumpang dapat dievakuasi dengan selamat tanpa cedera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat