uefau17.com

Inilah Daftar Maskapai dan Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia - Bisnis

, Jakarta Kasus penundaan, pembatalan, atau gangguan lainnya dalam penerbangan di suatu bandara maupun maskapai enjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang.

Tiba atau berangkat dengan tepat waktu merupakan salah satu pertimbangan terpenting yang diambil seorang pelancong sebelum memutuskan untuk memesan penerbangan berikutnya dari maskapai yang sama.

Mengutip CNBC International, Rabu (3/1/2024) hasil survei terbaru dari firma analisis data perjalanan Cirium mengungkapkan bahwa maskapai paling tepat waktu tahun lalu dalam kategori global adalah Avianca Airlines dari Kolombia

Kedua maskapai tersebut mencapai tingkat kinerja tepat waktu sebesar 85,73 persen, diikuti oleh Azul Airlines dari Brasil (85,51 persen) yang kehilangan peringkat teratas.

Menurut Cirium, maskapai penerbangan global didefinisikan sebagai maskapai yang melayani di tiga wilayah dan negara setiap harinya.

Cirium menghitung kinerja tepat waktu suatu maskapai penerbangan berdasarkan apakah pesawat tiba di gerbang dalam waktu 15 menit dari waktu kedatangan yang dijadwalkan dan apakah pesawat berangkat dalam waktu 15 menit dari waktu keberangkatan yang dijadwalkan.

Di Asia-Pasifik, maskapai asal Jepang All Nippon Airways dan Japan Airlines menempati dua tempat teratas dengan tingkat kinerja tepat waktu masing-masing sebesar 82,75 persen dan 82,58 persen.

Sementara itu, Thai AirAsia Thailand turun ke posisi keempat tahun lalu dari posisi pertama pada tahun 2022.

Maskapai penerbangan bertarif rendah India, Indigo, naik ke posisi keempat dari posisi kelima tahun lalu berkat ekspansi pesat perusahaan tersebut.

Maskapai dengan pangsa pasar terbesar di India ini menjadi maskapai penerbangan pertama dari India yang mengangkut 100 juta penumpang dalam satu tahun kalender pada 2023 lalu.

"IndiGo benar-benar muncul sebagai pemain yang berpengaruh di APAC. Operasi mereka telah berubah sejak Covid,” kata David White, wakil presiden pengembangan bisnis di Cirium.

"Hal ini membuat ANA (All Nippon Airways) dan JAL (Japan Airlines) kehilangan uang mereka dalam hal kinerja maskapai tepat waktu," ungkap White pada konferensi pers online menjelang rilis laporan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

Berikut adalah daftar maskapai paling tepat waktu di dunia, menurut Cirium:

Global

Avianca Airlines — Kolombia

Azul Airlines — Brasil

Qatar Airways — Qatar

Delta Air Lines — Amerika Serikat

Iberia — Spanyol

Asia Pasifik

All Nippon Airways — Jepang

Japan Airlines — Jepang

Thai AirAsia — Thailand

IndiGo — India

Air New Zealand — Selandia Baru

Eropa

Iberia Express — Spanyol

Iberia — Spanyol

Norwegian Air Shuttle — Norwegia

Austrian Airlines — Austria

LOT Polish Airlines — Polandia

 

3 dari 4 halaman

Kategori Bandara

Bandara Internasional Minneapolis–Saint Paul dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu di dunia pada tahun 2023, menurut survei Cirium.

Daftar ini diikuti oleh Bandara Internasional Rajiv Gandhi India di Hyderabad.

Bandara di India tidak masuk peringkat 10 besar pada tahun 2022, dan lompatan besar ke posisi kedua ini berkat investasi yang cukup fenomenal, kata Mike Malik, kepala pemasaran Cirium.

"Anda tidak akan dapat mempertahankan angka-angka ini kecuali Anda memberikan perhatian yang sangat cermat dan melakukan investasi yang tepat pada alat, proses, dan sumber daya manusianya," ujar White.

4 dari 4 halaman

Paling Tepat Waktu di Dunia

Berikut adalah daftar bandara paling tepat waktu di dunia, menurut Cirium:

Minneapolis–Saint Paul International Airport — Amerika Serikat

Bandara Internasional Rajiv Gandhi — India

Bandara Internasional Kempegowda — India

Bandara Internasional El Dorado — Kolombia

Bandara Internasional Salt Lake City — Amerika Serikat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat