uefau17.com

Pulang Ketemu Joe Biden, Jokowi Bakal Teken Aturan Bayar Tol Tanpa Kartu MLFF - Bisnis

, Jakarta Pelaksanaan pembayaran tol nirsentuh tanpa gerbang atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diujicoba di Tol Bali Mandara. Penerapan bayar tol tanpa kartu ini akan dimulai pada pertengahan Desember 2023.

Di sisi lain, aturan yang membawahi pelaksanaan MLFF hingga kini belum rampung. Itu tertuang dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, penerbitan revisi PP 15/2005 ini berguna sebagai aturan hukum pelaksanaan sistem tol tanpa tap. Sementara proses uji coba di Tol Bali Mandara tetap bisa dilakukan tanpa menunggu aturan itu terbit.

Kendati begitu, Basuki mengatakan, revisi aturan tersebut bakal segera diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), selepas yang bersangkutan pulang ke Indonesia setelah bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden.

 

"(Revisi PP soal Jalan Tol) sudah ada di meja Presiden. Kan Presiden minggu ini pulang bisa di-tandatangan. PP itu kan buat law enforcement, kalau ini kan baru trial," kata Basuki di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Adapun proses uji coba sistem bayar tol tanpa setop ini dipastikan akan diimplementasikan di Tol Bali Mandara pada Desember 2023 mendatang, setelah sempat molor selama beberapa waktu.

Bayar Tol Nirsentuh

Implementasi sistem bayar tol nirsentuh ini masih menunggu finalisasi aturan yang membawahinya. Sebelumnya, proses penyusunan regulasi berbentuk peraturan pemerintah (PP) itu mundur dari target awal per Desember 2022, pun meleset pada target kedua di Maret 2023.

"Desember kan memang targetnya. Karena PP-nya belum keluar mustinya uji coba nanti," ujar Basuki kepada di Jakarta beberapa waktu lalu.

Adapun untuk penerapan MLFF, pemerintah perlu melakukan revisi PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Akan ada beberapa perubahan dalam peraturan tersebut, antara lain terkait penerapan pembayaran tol tanpa setop dengan metode non tunai, serta penegakan hukum terhadap pengguna tol yang tidak melakukan pembayaran.

Kata Basuki, revisi aturan itu wajib ada agar penerapan bayar tol tanpa sentuh bisa jalan. "Harus ada itu. Sekarang kalau tidak salah sudah ada di Setneg," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tol Bali Mandara Uji Coba Bayar Tanpa Sentuh Desember 2023 untuk 1 Pintu

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengabarkan, uji coba pembayaran tol tanpa sentuh tanpa gate atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara pada pekan kedua Desember 2023.

"Iya, sekitar minggu kedua Desember (sistem bayar tol tanpa kartu diujicoba di Tol Bali Mandara)," kata Basuki di Jakarta, Selasa (14/11/2023).Basuki mengatakan, sistem uji coba ini belum serta merta membuat Tol Bali Mandara akan menerapkan MLFF secara langsung pasca trial.

"Trial-nya minggu kedua Desember. Jadi setelah itu dicoba, dua minggu akan dievaluasi. Di akhir Desember nanti dievaluasi. Kalau itu bagus, berhasil, kita expand. Kalau ada kekurangannya kita improve dulu, baru coba lagi," ungkapnya.

Implementasi MLFF nantinya akan menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) yang terintegrasi dengan aplikasi CANTAS. Muncul sejumlah kekhawatiran bahwa sistem ini tidak dapat menarik pembayaran dari pengguna tol.

Namun, Basuki percaya sistem pembayaran tol tanpa gerbang dan tanpa sentuh ini perlahan dapat diterima oleh para pengguna. Sama seperti ketika masyarakat beradaptasi dengan sistem pembayaran tol cashless yang sekarang digunakan.

"Saya ingatkan kan, dari cash sampai jadi tapping itu kan enggak gampang. Jam 12 malam kita mulai, mau kita inuagurasi saya bilang enggak perlu, langsung jalan aja. Ternyata sekarang jalan semua. Ini nanti dari tapping ke MLFF juga ada perubahan sikap, disiplin," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Tahap Uji Coba MLFF

Kendati begitu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menambahkan, pada tahap uji coba MLFF di Bali Mandara ini belum semua pintu tol akan menerapkannya. Tapi ada barrier pembatas yang memfasilitasi kendaraan agar bisa bayar tol menggunakan kartu.

"Sementara ada (barrier). Jadi kita pakai barrier dulu. Nanti kalau data registrasinya sudah membaik, kita baru coba. Karena untuk mencegah loss. Loss-nya seperti apa sih," kata Hedy.

Adapun skema awal pemberlakuan MLFF di Tol Bali Mandara akan menerapkan sistem uji coba terbatas pembayaran tol (Single Lane Free Flow), hanya untuk satu pintu tol. Sehingga pembayaran melalui card tapping masih tetap tersedia selama proses uji coba ini. Pembayaran tol tanpa henti nantinya akan diterapkan secara penuh pasca evaluasi hasil uji coba.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat