uefau17.com

Amazon Uji Coba Robot Humanoid, Jadi Ancaman Bagi Pekerja? - Bisnis

, Jakarta - Sebagai perusahaan teknologi, Amazon telah mengotomatisasikan lebih banyak operasinya. Hal ini ditandai dengan Amazon menguji coba robot humanoid di Amerika Serkat. 

Amazon mengatakan bahwa langkah ini adalah untuk membebaskan karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan kami.

Baca Juga

Mengutip dari BBC pada Minggu (22/10/2023), perusahaan Amazon ini mengatakan sedang menguji coba robot baru bernama Digit, yang memiliki lengan dan kaki serta dapat bergerak, menggenggam, dan menangani barang dengan cara yang mirip dengan manusia.

Sebuah serikat pekerja mengatakan bahwa Amazon telah memperlakukan para pekerjanya seperti robot selama bertahun-tahun

"Omatisasi Amazon adalah sebuah perlombaan yang paling cepat menyebabkan hilangnya pekerjaan. Kami telah melihat ratusan pekerjaan hilang," kata Stuart Richards, seorang organisator di serikat pekerja Inggris GMB.

Saat pengumuman tersebut dibuat, Amazon mengatakan bahwa sistem robotiknya sebenarnya telah membantu menciptakan ratusan ribu pekerjaan baru dalam operasinya.

"Ini termasuk 700 kategori jenis pekerjaan baru, dalam peran-peran terampil, yang sebelumnya tidak ada di perusahaan," kata perusahaan itu.

Menurut perusahaan teknologi raksasa ini, mereka kini memiliki lebih dari 750.000 robot yang bekerja secara kolaboratif dengan staf manusianya, dan keberadaan robot ini sering kali digunakan untuk melakukan "tugas-tugas yang sangat berulang".

Kepala teknolog Amazon Robotics Tye Brady mengatakan kepada para media dalam sebuah konferensi pers di Seattle bahwa manusia itu "tak tergantikan", dan membantah anggapan bahwa perusahaan tersebut dapat memiliki gudang yang sepenuhnya otomatis di masa depan.

"Tidak ada bagian dari diri saya yang berpikir bahwa hal itu akan menjadi kenyataan," katanya.

"Manusia sangat penting dalam proses pemenuhan kebutuhan, kemampuan untuk berpikir di tingkat yang lebih tinggi, kemampuan untuk mendiagnosis masalah."

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Robot Berkaki Bukan Roda

Alih-alih menggunakan roda untuk bergerak, Digit berjalan dengan dua kaki. Ia juga memiliki lengan yang dapat mengambil dan memindahkan paket, kontainer, pesanan pelanggan, dan benda-benda. 

Scott Dresser dari Amazon Robotics mengatakan kepada BBC bahwa hal ini memungkinkan robot ini untuk menangani anak tangga dan tangga atau tempat-tempat di fasilitas kami di mana kami perlu bergerak naik dan turun.

Namun ia mengatakan bahwa robot tersebut adalah sebuah prototipe dan uji coba ini adalah untuk melihat apakah robot tersebut dapat bekerja dengan aman bersama karyawan manusia.

"Ini adalah percobaan yang kami lakukan untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana kami dapat menggunakan robot bergerak dan manipulator di lingkungan kami di Amazon," kata Dresser.

 

3 dari 3 halaman

Kehilangan Pekerjaan

Dresser menyarankan bahwa kekhawatiran akan hilangnya pekerjaan manusia tidak sesuai dengan apa yang terjadi di Amazon.

"Pengalaman kami adalah teknologi baru ini benar-benar menciptakan lapangan kerja, mereka memungkinkan kami untuk tumbuh dan berkembang. Dan kami telah melihat banyak contoh dari hal ini melalui robot-robot yang kami miliki saat ini.

"Sayangnya, robot-robot tersebut tidak selalu berjalan dengan baik dan kami membutuhkan orang-orang untuk memperbaikinya," katanya.

Amazon telah meningkatkan penggunaan robot dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya tekanan untuk memangkas biaya.

Tahun lalu Amazon mengumumkan bahwa mereka sedang menguji coba lengan robot raksasa yang dapat mengambil barang. Amazon sudah menggunakan robot beroda untuk memindahkan barang di sekitar gudangnya, dan telah mulai menggunakan drone untuk pengiriman di dua negara bagian AS.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat