uefau17.com

Inilah 20 Pebisnis Terbaik Indonesia 2023 versi Fortune - Bisnis

, Jakarta Majalah Fortune Indonesia kembali merilis daftar pebisnis terbaik di Indonesia untuk ketiga kalinya. Sebanyak 20 pebisnis terbaik di Indonesia ini datang dari latar belakang yang berbeda, masih aktif dalam kepemimpinan, baik sebagai pendiri maupun profesional.

Fortune Indonesia dalam keterangannya, Senin (16/10/2023), menyebutkan jika laporan berisi 20 Businessperson of the Year ini dikatakan berkontribusi secara dinamis, baik dalam bentuk tenaga, pikiran, bahkan transformasi.

Di mana, ada sejumlah indikator yang digunakan Fortune Indonesia dalam menentukan 20 pebisnis terbaik Indonesia ini.

Fortune Indonesia melakukan pembobotan sebesar 20 persen untuk kinerja 2021, 40 persen untuk kinerja 2022, dan pencapaian paruh pertama 2023, yang mengambil bagian 10 persen.

Sisanya dilihat dari aspek dan durasi kepemimpinan, Good Corporate Governance (GCG), aksi korporasi, hingga dampak yang dihasilkan.

Dikatakan jika lisah-kisah para pebisnis ini menghasilkan konklusi yang sama yakni pentingnya sebuah proses. Misalnya saja cerita dari Sugianto Kusuma, yang merupakan Chairman dan Founder Agung Sedayu Group (ASG). Pria yang akrab disapa Aguan itu bertolak dari kampung halamannya Palembang ke Jakarta ketika berusia 14.

Kisahnya pun berliku, mulai dari bekerja untuk sang paman di bilangan Jakarta Barat di bagian administrasi dan juga kurir, menjajal bisnis ekspor impor, hingga akhirnya memulai bisnis yang membesarkan namanya berpuluh-puluh tahun kemudian: properti.

Berawal dari membangun sebuah ruko, kini portofolio Agung Sedayu Group mentereng di berbagai belahan kota Jakarta, seperti kota mandiri Green Lake City, Pantai Indah Kapuk (PIK). Inisebuah area yang sangat fenomenal dan berkembang pesat. Adapula superblok District 8 SCBD, The Langham Jakarta, dan masih banyak lagi.

Titik balik pun dialami Aguan ketika pebisnis Murdaya Poo dan Hartati. Murdaya memperkenalkannya dengan Master Cheng Yen, Pendiri Tzu Chi.

Selanjutnya seorang sahabat Aguan yang juga pengusaha top Indonesia, mendiang Eka Tjipta Widjaja, yang merupakan pendiri Sinarmas Group, mengajaknya bergabung ke dalam sebuah organisasi besar berbasis kebuddhaan yang sekarang dikenal sebagai Buddha Tzu Chi pada awal 2000-an.

Disimak daftar 20 pebisnis terbaik Indonesia  2023 versi Fortune Indonesia lainnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Lain

Kisah lain datang dari PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk. Berdiri sebagai sebuah perusahaan keluarga yang kita kenal melalui brand XXI, mereka memberanikan diri untuk menggelar initial public offering pada Agustus 2023.

Meski terlihat akbar—IPO CNMA mengalami oversubscribed 25,7. Direktur Utamanya Hans Gunadi mengatakan kepada Fortune Indonesia bahwa proses IPO yang terjadi tidaklah mudah.

Diceritakan jika rencana itu muncul pada 2016. Berawal dari sebuah diskusi makan malam, CNMA butuh waktu 7 tahun untuk menyempurnakan diri hingga akhirnya bisa melenggang ke bursa.

Begitu pula cerita bisnis lain yang datang dari Wendy Yap, Pendiri & Presiden Direktur PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Meski telah menjadi produsen roti terbesar di Indonesia, Wendy yang juga merupakan nakhoda tidak segan turun gunung untuk menjaga kualitas dari Sari Roti, mulai dari menentukan proses, formula, kualitas bahan, dan komposisi tiap produk hingga dipasarkan.

“Semua rasa sebelum SKU diluncurkan harus lewat saya. Saya juga sering kali adakan blind test untuk memastikan rasa dan tekstur yang tepat,” katanya.

Hendra Soeprajitno, Editor-in-Chief Fortune Indonesia mengatakan, tokoh-tokoh bisnis ini mengerti bahwa hasil positif hanya bisa diraih melalui berbagai proses. “Mereka turut andil dalam proses-proses itu dan tidak segan untuk turun gunung meski telah berada di posisi puncak,” jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap 20 Pengusaha Terbaik Indonesia

Berikut daftar 20 Businessperson of The Year versi Majalah Fortune Indonesia (berdasarkan abjad):

  1. “Aguan” Sugianto Kusuma, Chairman dan Founder Agung Sedayu Group (ASG)
  2. Alexander Tedja, Pendiri Pakuwon Group
  3. Armand Wahyudi Hartono, Wakil Presiden Direktur Bank Central Asia
  4. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara
  5. Donny Arsal, Direktur Utama SIG
  6. Edwin Soeryadjaya, Presiden Komisaris Saratoga Investama Sedaya
  7. Hans Gunadi, Direktur Utama Nusantara Sejahtera Raya
  8. Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel
  9. ermanto Tanoko, CEO Tancorp Group
  10. Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi Internasional
  11. Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia
  12. Junaid Murtaza, Presiden Direktur L'Oréal Indonesia
  13. Rachmat Mulyana Hamami, Presiden Direktur Tiara Marga Trakindo
  14. Patrick Sugito Walujo, CEO Goto Gojek Tokopedia
  15. Shinta Widjaja Kamdani, Pemilik dan CEO Sintesa Group
  16. Tony Wenas, Presiden Direktur Freeport Indonesia
  17. Theodore Permadi Rachmat, Pendiri Triputra Group
  18. Vikram Sinha, CEO Indosat Ooredoo Hutchison
  19. Vassilis Gkatzelis, Presiden Direktur HM Sampoerna
  20. Wendy Yap, Pendiri & Presiden Direktur Nippon Indosari Corpindo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat