uefau17.com

Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI, Intip Gurita Bisnisnya - Bisnis

, Jakarta Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi bergabung ke politik dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang resmi menjadi anggota PSI pada Sabtu, 23 September 2023, setelah menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI yang diserahkan oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo.

Penyerahan KTA PSI kepada Kaesang Pangarep dilakukan setelah melakukan pertemuan secara tertutup antara petinggi PSI dengan Kaesang di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo. 

Sebelum terjun ke dunia politik, Kaesang Pangarep sudah malang melintang dunia bisnis. Terhitung ada belasan perusahaan yang didirikannya, meski ada beberapa perusahaan yang akhirnya harus gulung tikar. Apa saja perusahaan yang dimiliki adik dari Gibran Rakabuming Raka ini? Berikut ulasannya:

1. Sang Pisang

Sang Pisang merupakan brand produk pisang nugget didirikan pada 2017. Diketahui Sang Pisang telah memiliki 73 outlet dan 1.500 karyawan. Tak hanya di dalam negeri, sejak 2019 Sang Pisang bahkan membuka outlet di Kuala Lumpur dan Malaysia.

2. Mangkok Ku

Mangkok Ku merupakan usaha kuliner milik Kaesang, Gibran Rakabuming, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Kartadinata. Usaha tersebut menjual berbagai aneka rice bowl dan sudah berdiri sejak 2019.

3. Hompimpa Gamers

Hompimpa Gamers merupakan bisnis hiburan dengan menjual berbagai macam produk board game yang diberi nama Hompimpa Games. Produk game ini membawa pesan toleransi serta mengedepankan budaya Indonesia. 

4. Yang Ayam

Kaesang memiliki bisnis bernama Yang Ayam, berfokus pada produk olahan dari daging ayam. Berdiri sejak 2019 produk ini menjual makanan ayam goreng tepung dengan berbagai varian sambal. Gerai pertama berada di kawasan Tanjung Duren, Jakarta. Kini sudah terdapat tujuh cabang yang tersebar di Jakarta dan Solo.

5. Chili Pari 

Adapun bisnis milik Gibran diserahkan kepada Kaesang Pangarep yakni usaha katering dengan nama Chili Pari. Usaha tersebut didirikan sejak Desember 2010. 

6. Markobar

Bisnis Markobar juga awalnya adalah bisnis milik Gibran Rakabuming Raka yang diserahkan kepada Kaesang. Markobar merupakan bisnis kuliner yang menjual aneka martabak manis dengan berbagai pilihan topping. 

7. Saham Rakyat

Kaesang Pangarep juga mempunyai platform komunitas saham yang didirikan bersama Youtuber Kevin Hendrawan pada Agustus 2020. Platform tersebut diberi nama Saham Rakyat. 

8. Let's Toast

Putra bungsu Presiden Joko Widodo juga mempunyai bisnis kuliner lain yang diberi nama 'Let's Toast'. Usaha tersebut menjual berbagai makanan seperti egg sandwich, french toast, dan lain sebagainya. 

9. Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP)

Kaesang juga mempunyai bisnis melalui perusahaan Panca Mitra Multiperdana Tbk. Diketahui Kaesang menguasai 8% saham PMMP yang bergerak di industri pengolahan makanan beku berbasis udang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Bisnis Kaesang yang Gulung Tikar

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Kaesang Pangarep dikenal sebagai pengusaha muda dan investor. Sejumlah usaha dirintisnya yang mayoritas bergerak di usaha kuliner.

Usaha itu antara lain Sei Tan, Mangkok Ku, Sang Pisang, Goola, Ternakopi, Yang Ayam. Selain usaha kuliner,ia juga terjun ke bisnis game yaitu Hompimpa Games. Tak hanya itu, ada juga Sang Javas.

Kaesang Pangarep juga aktif sebagai investor saham. Ia bersama Youtuber Kevin Hendrawan mengembangkan aplikasi Saham Rakyat Pro yang merupakan bagian dari Samuel Sekuritas. Selain itu, Kaesang Pangarep juga melalui PT Harapan Bangsa Kita mengenggam 8 persen saham PT PT Panca Mitra Multiperdana Tbk.

Di sisi lain, Kaesang meski memiliki popularitas sebagai anak presiden tidak langsung turut angkat bisnisnya. Hal ini mengingat ada sejumlah bisnis yang dirintis Kaesang belum berhasil.

Berikut sederet bisnis Kaesang Pangarep yang gagal yang dikutip dari Merdeka yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (18/9/2023):

1.Sang Javas

Kaesang juga terjun di dunia fesyen. Salah satunya dengan meluncurkan Sang Javas pada 2017. Bisnis Kaesang itu juga sita perhatian masyarakat. Hal ini mengingat produk fesyen yang dijual Sang Javas punya ciri khas dengan gambar kecebong.

Gambar kecebong ini juga ternyata memiliki arti. Ternyata gambar kecebong menjadi representasi masyarakat yang menjadi panggilan pendukung Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan umum (Pemilu) 2014.

Namun, bisnis Sang Javas sudah tidak jalan sejak 2020. Hal ini ditunjukkan dari unggahan terakhir di instagram Sang Javas.

2.Ternakkopi

Kaesang bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka mendirikan Ternakkopi pada 2019. Bisnis kopi ini memiliki 40 gerai di Indonesia. Lantaran sepi peminat, Kaesang menutup usaha Ternakkopi.

“Kemarin sebenarnya sempat sebelum pandemi, kita punya hampir 40 outlet, cuma setelah pandemi hilang semua. Kok bisa? Enggak laku,” tutur Kaesang dalam sebuah wawancara pada Mei 2020.

3.Goola

Bisnis yang bergerak di usaha minuman ini diberikan Gibran Rakabuming Raka kepada Kaesang.Goola menawarkan minuman tradisional yang dikemas modern. Akan tetapi, bisnis Goola tidak lagi berjalan. Ini seperti dari unggahan instagram @goola_id pada 2020.

4.Madhang

Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang pada 2017. Aplikasi ini dipakai untuk menghubungkan ibu-ibu yang punya keahliaan memasak dengan pembeli yang ingin membeli masakan ala rumahan.

Usaha Madhang ini menggandeng Universitas Dian Nuswantara. Akan tetapi, usaha ini telah berakhir pada 2022.

Banyak pengguna aplikasi protes terkait hilangnya aplikasi dan tak beroperasi.

5.Siapmas

Selain Ternakkopi dan Goola, bisnis kuliner Kaesang ini juga belum berhasil. Bisnis bernama Siapmas ini menawarkan minuman Ngedrink. Selain minuman, Siapmas juga hadirkan camilan bermerek Kemripik. Namun, bisnis ini juga belum sukses. Hal ini dilihat dari produknya yang tak lagi beredar di mini market pada 2020.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Sebelum Ingin Terjun ke Dunia Politik, Kaesang Pangarep Aktif Rintis Usaha dan Jadi Investor

Sebelumnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep kembali jadi sorotan. Hal ini setelah Kaesang ingin ikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka dan sang ayah terjun ke dunia politik.

“Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik,” ujar Gibran di Solo, Selasa, 24 Januari 2023. Seperti dikutip dari Kanal News .

Gibran Rakabuming Raka menuturkan, ketertarikan Kaesang terjun ke dunia politik karena ingin kontribusi di daerah. Sebelumnya, ia juga sudah terjun mengurus langsung Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

Sebelum ingin terjun di dunia politik, putra bungsu Jokowi ini sebelumnya aktif di bisnis dan menjadi investor pasar modal. Bahkan ia bersama Youtuber Kevin Hendrawan mengembangkan aplikasi Saham Rakyat Pro yang merupakan bagian dari Samuel Sekuritas. Kaesang menjadi Brand Ambassador dari aplikasi saham tersebut. Adapun aplikasi Saham Rakyat Pro tersebut diluncurkan pada 27 September 2022.

Saham Rakyat Pro ini platform belanja saham dengan tampilan aplikasi yang lebih familiar bagi masyarakat awam, layaknya sebuah marketplace. Di mana pengguna dapat memasukkan beberapa saham sekaligus dalam keranjang belanja (cart) untuk selanjutnya menyelesaikan pembelian (check out) dalam satu waktu.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat