uefau17.com

Mendag Pamer Cengkeh Terbaik di Dunia, Ternyata Asal Manado - Bisnis

, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas berantusias dan berupaya terus menjaga hubungan dagang dengan India, terutama soal sektor rempah. Terlebih lagi, melihat background Indonesia sebagai negara penghasil rempah-rempah yang diekspor ke sejumlah negara salah satunya ke India.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Agricultural Products and Livestock Market Committee (APMC) Market di Navi, Mumbai, India pada Rabu (23/8/2023). Kunjungan ini dilakukan Mendag Zulhas sebelum menghadiri G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (TIMM) di Jaipur, India

APMC Market merupakan pusat perdagangan rempah terbesar di India dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan dunia. APMC Market memiliki 15.000 perusahaan terdaftar dengan luas kawasan sebesar 77 hektare.

Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyampaikan, usai menghadiri G20 Trade and Investment Ministers' Meeting (TIMM), Ia berencana berdiskusi dengan Menteri Perdagangan India Piyush Goyal untuk mencari solusi tentang hambatan-hambatan tarif.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi sambutan baik yang diterima saat mengunjungi APMC Market.

“Saya berterima kasih sudah disambut dengan baik oleh APMC. Tadi Direktur Komal Exotic Spices Gopaal Ahuja menyatakan bahwa di India, cengkeh asal Manado yang dikenal dengan sebutan Lalpari, memiliki kualitas yang terbaik di dunia. Kita harus terus mempertahankan dan bahkan terus meningkatkan kualitas cengkeh Indonesia,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pada kesempatan ini, Mendag Zulkifli Hasan turut mengundang anggota APMC untuk hadir dalam misi dagang India di gelaran Trade Expo Indonesia 2023 pada 18–22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang. 

“Tadi saya juga berkesempatan mengundang para anggota APMC untuk hadir di TEI 2023. Mereka sangat antusias karena TEI 2023 terselenggara sebelum event besar Diwali di India,” urai Mendag Zulkifli Hasan.

 

  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Sejarah Hubungan Dagang

Direktur Komal Exotic Spices (K Ahuja Foods) Gopaal Ahuja menyampaikan, kehadiran Mendag Zulkifli Hasan merupakan sebuah kehormatan. 

Sementara itu, Direktur Komal Exotic Spices (K Ahuja Foods) Gopaal Ahuja menyampaikan, kehadiran Mendag Zulkifli Hasan merupakan sebuah kehormatan besar. Sebab, India dan Indonesia telah memiliki sejarah hubungan dagang yang panjang

Dalam kunjungan ini, Mendag Zulkifli Hasan juga berkesempatan berkeliling ke APMC Market untuk melihat produk rempah-rempah yang dijual di pasar tersebut secara ritel maupun grosir. 

Menurut Gopaal, para pengusaha rempah India merasa senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan Mendag Zulkifli Hasan. 

“Para pengusaha senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan Mendag Indonesia. Hal ini karena Indonesia adalah negara yang penting. Mendag Indonesia mau turun ke pasar seperti ini adalah sesuatu yang luar biasa,” ungkap Gopaal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat