uefau17.com

Kata Pak Bas Usai Isengin Erick Thohir saat Upacara HUT RI ke-78: Penasaran Sama Bajunya - Bisnis

, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akhirnya buka suara terkait aksi nyelenehnya menyingkap baju Erick Thohir. Pak Bas mengaku penasaran dengan baju yang dikenakan Menteri BUMN itu.

Melalui unggahan di Instagram Erick Thohir, Pak Bas mengakui alasan dia iseng disela-sela upacara HUT RI ke-78 itu.

Ketika ditanya alasannya, Pak Bas mengaku penasaran terhadap kancing jas yang dikenakan Erick Thohir. Dia mengira kalau model jas yang dikenakan Erick merupakan adat Jawa, namun ternyata itu khas dari Boedi Oetomo.

"Itukan saya nanya, 'ini baju apa?', 'Boedi Oetomo' katanya. Kan pake jas, tapi saya lihat ternyata ini kancingnya cuma satu, jadi itu memang kancing model Boedi Oetomo. Bukan (adat) Jawa, tapi Boedi Oetomo 1908," terangnya, dikutip Kamis (17/8/2023).

Pak Bas lantas mengatakan kalau dia hanya ingin mengecek saja jumlah kancing yang ada di jas yang dipakai Erick Thohir. Memang, dari gerakan tangannya, dia terlihat menyingkap salah satu sisi jas yang dikenakan Erick Thohir dan seakan mencari satu kancing dibawah kancing yang masih mengait.

"Saya cuman mau ngecek aja," kata dia.

Pakaian Adat Erick Thohir

Hal ini diamini Menteri BUMN Erick Thohir. Dia pun mengakui keisengan Pak Bas untuk adalah mengecek model dari jas yang dikenakannya.

Pada momen upacara penurunan bendera, Erick bersama sang istri mengenakan baju khas budaya Jawa. Pakaian yang dikenakannya nampak serasi dengan nuansa balutan warna hitam.

"Makanya beliau tanya 'ini bukan baju Jawa?', makanya Pak Bas, sorry ini saya pakai baju Jawa supaya gak diperiksa-periksa lagi sama Pak Bas," kata Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pak Bas di Mata Erick Thohir

Lebih lanjut, Ketua Umum PSSI ini juga menguraikan pandangannya soal Pak Bas. Menurut Erick, Basuki Hadimuljono memang kerap iseng kepadanya di berbagai kesempatan.

"Itu lah Pak Bas, figur yang pekerja, serius, tetapi juga yang ngegemesin, kalau netizen bilang ngegemesin gitu," kata dia.

Tak cuma itu, Erick menilai salah satu menteri yang hobi fotografi dan bermain musik itu jadi sosok yang menginspirasi.

"Figur yang menyenangkan apalagi kalau kita suka kerja-kerja di daerah, ya memang beliau suka isengin saya, dan kita suka ketawa-ketawa, dan salah satu mentor menteri senior yang saya suka kinerjanya," pungkas Erick Thohir.

 

3 dari 4 halaman

Momen Usil

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali tertangkap kamera dengan momen isengnya. Kali ini terjadi di serangkaian Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Negara, Jakarta.

Pak Bas terlihat berlaku iseng ke Menteri BUMN Erick Thohir yang ada tepat di sisi sebelah kanannya.

Di momen iseng itu, Pak Bas awalnya melihat-lihat dan menyentuh pakaiannya di bagian perut. Kemudian, dia melirik ke arah Erick Thohir dan melihat ke bagian yang sama dari pakaiannya.

Tak lama, Pak Bas pun menggerakkan tangannya ke posisi kancing jas yang dikenakan Erick Thohir. Dia terlihat seperti mencoba membuka bagian kancing. Alhasil, bagian tersebut sedikit terbuka meski masih menyangkut di bagian kancingnya.

 

4 dari 4 halaman

Ditegur Istri

Menteri PUPR itu lantas 'dijewer' dengan dicolek istrinya yang berdiri tepat di sebelah kiri. Hal itu seperti sebuah teguran atas tindakan yang dilakukan Pak Bas.

Ternyata, candaan Pak Bas ini membuat Erick Thohir dan istrinya tertawa kecil. Di sebelah kanan istri Erick, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga ikut tertawa melihat tingkah lucu Basuki Hadimuljono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat