uefau17.com

David Silva Putuskan Pensiun dari Dunia Sepak Bola, Intip Sumber Kekayaannya - Bisnis

, Jakarta - Mantan pemain Manchester City David Silva mengumumkan pensiun dari sepak bola. Keputusan ini diambil Silva seiring cedera yang dialaminya.

Dikutip dari BBC, Jumat (28/7/2023), David Silva (37) telah menghabiskan satu dekade yang sangat sukses di Manchester City dan memenangkan empat gelar Liga Premier sebelum bergabung dengan Real Sociedad pada 2020.

Namun, David Silva mengalami cedera lutut serius selama pramusim. Pria kelahiran Januari 1986 ini memutuskan pensiun dari sepak bola usai berkarier selama 19 tahun.

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya,” ujar Silva di media sosial.

"Hari ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada apa yang telah saya dedikasikan sepanjang hidup saya. Hari ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan saya, yang sudah seperti keluarga bagi saya. Saya akan sangat merindukanmu,” ia menambahkan.

Mantan pemain internasional Spanyol ini bergabung dengan City dari Valencia pada 2010. Pria bernama lengkap David Josue Jimenez Silva telah membuat 436 penampilan untuk klub, dan mencetak 76 gol termasuk gol pembuka di final Fiala FA 2019 di Wembley saat mengalahkan Watford 6-0. Dengan 121 assist di semua kompetisi, hanya Kevin De Bruyne yang memiliki lebih banyak untuk City, sedangkan 93 di Liga Premir yang terbanyak ketujuh dalam sejarah kompetisi.

Ia menjadi pemain yang sangat populer di Manchester City dengan visi luar biasa dan semangat menyerang. Patung Silva diresmikan di luar Stadion Etihad pada 2021, berdiri di samping patung sesame legenda klub Vincent Kompany dan Sergio Aguero.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manchester City Beri Penghormatan

Selain empat gelar Premier League, David Silva juga membantu City memenangkan dua piala FA dan lima piala Liga. Ia bergabung bersama City selama 10 tahun.

Mengutip berbagai sumber, sebelum bergabung dengan City, ia bermain selama enam tahun di Valencia CF sejak 2003. Ia tampil di lebih dari 160 pertandingan dan memenangkan Copa del Rey pada 2008. Pada 17 Agustus 2020, ia bergabung dengan klub Spanyol Real Sociedad dengan status bebas tranfer.

Silva pensiun dari tim Spanyol pada 2018, setelah memenangkan Piala Dunia 2010 dan gelar kejuaraan Eropa 2008 dan 2012.

Manchester City memberikan penghormatan kepada mantan pemain mereka di media sosial. “Karier yang luar biasa. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk masa depan, El Mago!,”

Silva membuat 125 penampilan untuk negaranya, mencetak 35 gol. Penghargaan diberikan di media sosial tim nasional Spanyol. “Terima kasih atas semua yang telah Anda berikan kepada kami dalam bidang sepak bola. Keajaiban Anda akan bertahan selama,”

Menarik untuk diketahui, kekayaan David Silva selama berkarier menjadi pemain sepak bola dan sumber kekayaan lainnya.

3 dari 3 halaman

Kekayaan David Silva

Dikutip dari laporan Forbes pada 2 Mei 2023,David Silva juga investasi di sektor real estate, pariwisata dan anggur.

Dari laporan Diario AS, pemain Real Sociedad ini mencatat produksi lebih dari 100.000 botol anggur saat panen dari perusahaan anggur miliknya bernama Bodegas Tameran yang didirikan pada 2019. Jumlah produksi ini diperkirakan meningkat dengan lahas seluas hampir 1 juta meter persegi  di Kepulauan Canary.

Stoknya dijual di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Portugal dan Spanyol dengan harga per botol 170 euro atau USD 188 (Rp 2,83 juta, asumsi kurs Rp 15.085 per dolar AS) di restoran kelas atas.

Dikutip dari laman celebritynetworth.com, pemain sepak bola asal Spanyol ini mencatat kekayaan USD 55 juta atau sekitar Rp 828,81 miliar (asumsi kurs Rp 15.069 per dolar AS).  Pada 2017, ia pernah tercatat sebagai pemain sepak bola terkaya peringkat ke 11, demikian dikutip dari sportlife.com.

Ia diperkirakan pernah meraih gaji USD 15 juta per tahun. Selain itu, David Silva mendapatkan penghasilan USD 1 juta per tahun dari endorsement dengan Adidas.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat