uefau17.com

Perjalanan Karier Sinead O'Connor, Penyanyi Lagu Nothing Compares 2 U hingga Masuk 8 Nominasi Grammy Award - Bisnis

, Jakarta Penyanyi dan penulis lagu Irlandia Sinead O'Connor, yang terkenal dengan single ikoniknya "Nothing Compares 2 U," meninggal dunia pada usia 56 tahun. Berita tentang Sinead O'Connor meninggal dunia pertama kali dilaporkan oleh The Irish Times. Hingga berita ini diterbitkan, penyebab kematiannya belum diungkapkan.

Dikutip dari Forbes, Kamis (27/7/2023), Sinead O'Connor mencapai puncak ketenaran global dengan membawakan lagu Prince yang tak terlupakan "Nothing Compares 2 U," sebuah lagu yang menduduki puncak tangga lagu Hot 100 pada tahun 1990.

Balada yang penuh perasaan tidak hanya memamerkan kehebatan vokalnya yang luar biasa tetapi juga kemampuannya untuk menanamkan emosi mentah. ke dalam pekerjaannya. Video musik yang menyertainya, terkenal karena daya cipta dan dampak emosionalnya, semakin memperkuat kehadirannya di dunia musik.

Kesuksesan "Nothing Compares 2 U" juga mendorong album Sinead O'Connor, I Do Not Want What I Haven't Got , mencapai posisi nomor satu di tangga lagu Billboard 200. 

Itu menandai titik balik dalam kariernya, menjadikan nama Sinead O'Connor dikenal di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, Nothing Compares 2U menjadi kesuksesan tangga lagu terbesarnya, meskipun ia masuk ke tangga lagu ke-4 dalam Top 40 Albums.

Pujian kritis untuk "Nothing Compares 2 U" diterjemahkan ke dalam beberapa nominasi Grammy untuk Sinead O'Connor, termasuk nominasi untuk Record of the Year. Tahun itu, memenangkan Grammy untuk Penampilan Musik Alternatif Terbaik untuk album yang menampilkan single hit. Sepanjang karirnya, Sinead O'Connor menerima total delapan nominasi Grammy, dengan satu kemenangan.

Kontroversi Sinead O'Connor

Sinead O'Connor dikenal tidak hanya karena bakat musiknya tetapi juga karena kepribadiannya yang tak kenal takut dan tidak menyesal, mungkin terutama karena penampilannya yang sangat kontroversial di Saturday Night Live. 

Saat menjadi bintang tamu, dia merobek foto Paus dan membakarnya sambil mendesak pemirsa untuk "Melawan musuh yang sebenarnya." Ini menyebabkan kegemparan yang signifikan dan momen itu tetap bersamanya selama sisa karirnya.

Pada saat kematiannya, dia dilaporkan sedang mengerjakan album penuh kesebelasnya, yang dijadwalkan rilis pada tahun 2024. Album yang akan datang ini sangat dinantikan, karena ini akan menjadi album pertamanya dalam satu dekade.

Setelah mendengar berita yang memilukan, keluarga Sinead O'Connor mengeluarkan pernyataan “Dengan sangat sedih kami mengumumkan Sinead O'Connor meninggal dunia. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Sinead O'Connor Mualaf Sebelum Meninggal Dunia, Masuk Islam Sejak Akhir 2018

Penyanyi Sinead O'Connor dikabarkan meninggal dunia di usia 56 tahun. Pihak keluarga mengumumkan kabar tersebut tanpa menjelaskan detail penyebab kematian penyanyi asal Irlandia itu.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengumumkan Sinead kami tercinta telah meninggal dunia," demikian bunyi pernyataan pihak keluarga yang dikutip laman BBC.

Enam+00:59VIDEO: Kenali Beragam Bentuk Perundungan Pihak keluarga dan kerabat pun meminta privasi mereka tetap terjaga terkait kabar Sinead O'Connor meninggal dunia.

Semasa hidup, penyanyi bernama lengkap Sinead Marie Bernadette O'Connor itu terlibat dalam beberapa momen yang mengejutkan publik. Diantaranya ketika dia merobek gambar Paus Yohanes Paulus II saat diundang oleh acara TV Saturday Night Live pada 1992. Meski berujung pada larangan tampil seumur hidup, tindakan itu diakuinya sebagai bentuk protes terhadap kasus pelecehan seksual anak di Gereja Katolik.

Sinead O'Connor Masuk Islam 

Momen berikutnya yang membuat perhatian publik kembali tertuju pada dirinya ketika dia memutuskan memeluk Islam pada akhir 2018. 

Kisah Sinead O'Connor mualaf dibagikan sang penyanyi melalui akun Twitternya @MagdaDavitt77 pada 19 Oktober 2018. Dia mengaku bangga menjadi muslim.

"Ini pengumuman bahwa saya bangga menjadi seorang muslim," cuit Sinead O'Connor, dilansir NME.

"Ini adalah kesimpulan alami dari setiap perjalanan pakar teologi. Semua kitab suci berujung pada Islam," tambah Sinead O'Connor masuk Islam.

3 dari 4 halaman

Sinead O'Connor Berganti Nama Jadi Shuhada

Selain merasa bangga, kala itu Sinead pun mengaku sangat bahagia. Melalui cuitannya, Sinead berterima kasih pada saudara sesama Muslim yang telah begitu baik menerimanya sebagai bagian dari mereka.

"Aku berterima kasih pada semua saudara dan saudari Muslimku yang telah begitu baik menerimaku ke dalam Ummah (komunitas Muslim dunia)," cuitnya, dilansir laman npr.org.

Imam dan teolog Islamic Center Irlandia serta Irish Muslim Peace and Integration Council (IMPIC) Sheikh Umar Al-Qadri turut mencuit bahwa Sinead telah mengucapkan dua kalimat syahadat. Bahkan sang penyanyi pun berganti nama menjadi Shuhada.

Nama baru itu berasal dari kata Arab Alquran "Shahid", yang dalam kitab suci digunakan secara umum yang berarti "saksi" dan dalam bagian-bagian tertentu untuk menggambarkan sosok "martir".

4 dari 4 halaman

Sinead O'Connor Masuk Islam, Keputusan Penuh Pertimbangan

Dalam siaran persnya, IMPIC menggarisbawahi gagasan bahwa Sinead O'Connor telah mengambil langkah dengan penuh pertimbangan.

"Kedatangannya ke Islam merupakan keputusan yang hati-hati dan terinformasi serta mengikuti pencarian dan studi seumur hidup... Pada tahap awal ini, dia telah meminta privasinya harus dihormati sehingga dia dapat fokus pada kesejahteraan spiritualnya sendiri."

Dalam pernyataannya, Al-Qadri mengatakan, "Shuhada telah menghadapi banyak tantangan dalam hidupnya. Di mana ada cahaya, kegelapan mencoba menyelimutinya, semakin besar cahaya, semakin besar perjuangan melawan kegelapan."  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat