uefau17.com

Rosan Roeslani Bakal Isi Posisi Wakil Menteri BUMN II - Bisnis

, Jakarta Teka teki seputar posisi baru Rosan Perkasa Roeslani akhirnya terjawab. Menurut sumber terpercaya yang tidak ingin disebutkan namanya, Rosan Roeslani akan mengisi jabatan sebagai Wakil Menteri atau Wamen BUMN II.

Dengan begitu, jabatan Wamen BUMN I yang ditinggalkan Pahala Mansury akan diisi oleh Kartika Wirjoatmodjo, yang bergeser dari posisinya sebagai Wamen BUMN II.

Tugas Wamen BUMN II ini selaras dengan pengalaman Rosan Roeslani di bidang perbankan. Dengan peran barunya, Rosan bakal mengkoordinasikan perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor perbankan, asuransi, perkebunan, konstruksi, hingga transportasi.

Adapun penempatan tersebut sejalan dengan pernyataan Rosan, yang mengatakan akan ada penyesuaian portfolio dari pengalamannya terdahulu agar bisa masuk untuk menangani BUMN-BUMN di klaster tertentu.

"Iya (ada perubahan portfolio). Itu nanti akan kita meeting lebih lanjut lagi, jadi belum di-fix kan apakah saya Wamen I atau II. Tapi nanti portfolio-nya akan lebih disesuaikan lagi. Jadi belum fix," paparnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Rosan mengutarakan, dirinya telah menerima sejumlah arahan dari Erick Thohir untuk melanjutkan sejumlah program di Kementerian BUMN. Tapi ia belum bisa menyampaikan detilnya. "Programnya sih belum, karena ini kan masalah portfolio-nya masih akan dibahas lebih lanjut. Besok lebih detilnya," ujar Rosan Roeslani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sederet Tugas Rosan Roeslani Jadi Wamen BUMN Baru

Menteri BUMN Erick Thohir langsung memanggil Rosan Roeslani pasca dilantik sebagai Wakil Menteri atau Wamen BUMN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat ditemui seusai pertemuan dengan Erick Thohir, Rosan mengatakan dirinya akan diperkenalkan sebagai pejabat baru di Kementerian BUMN pada Senin (17/7/2023) malam. Sekaligus penjelasan mengenai tugas barunya sebagai Wamen BUMN.

Enam+38:44Investasi: Ketika Uang Menghasilkan Uang "Sekalian kita makan dengan tim inti dari Kementerian Bumn. Tadi sih baru secara brief aja, sekalian lihat kantor, bertemu dengan tim kita di Wamen yang sudah ada. Baru itu sih, baru perkenalan aja dengan beberapa orang," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/2023).

Namun begitu, Rosan mengaku belum mengetahui bagaimana detil tugas barunya, apakah lanjut mengisi posisi Wamen BUMN I yang ditinggalkan Pahala Nugraha Mansury atau seperti apa.

"Itu nanti akan kita meeting lebih lanjut lagi, jadi belum di-fix kan apakah saya Wamen I atau II. Tapi nanti portfolio-nya akan lebih disesuaikan lagi. Jadi belum fix," ungkapnya.

Meski demikian, Erick Thohir sudah memberikan sedikit arahan kepada Rosan Roeslani untuk lebih banyak melakukan implementasi dari program-program yang sudah ada. Namun, Rosan belum merincinya secara detil.

"Ini baru dipaparkan klaster-klasternya apa-apa saja, perusahaan-perusahaannya. Setelah itu saya akan mengadakan pertemuan dengan para direksi BUMN yang sudah ada di portfolio saya," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Intip Sederet Bisnis dan Karier Rosan Roeslani

Dikutip dari Merdeka.com, bicara soal bisnis tak bisa lepas dari sosok Rosan Perkasa Roeslani, presiden direktur dan direktur dari PT. Berau Coal Energy Tbk. Tak ada niat untuk menekuni bidang ini, dia sendiri menyebutnya sebagai kecelakaan. Sepulang menimba ilmu di Amerika dan memperoleh gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Rosan melamar pekerjaan di perbankan pada 1993.

Lalu dia melanjutkan studinya ke Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dan kembali ke Jakarta pada 1996.

Di sana Rosan bersama teman-temannya yang juga bergerak di bidang finance, mendirikan usaha di Jakarta. Rosan mendirikan PT Republik Indonesia Funding atau sering disingkat Finance Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat