uefau17.com

Fakta-Fakta Uji Coba LRT Jabodebek, Tarif Rp 1 hingga Link Pendaftaran - Bisnis

, Jakarta LRT Jabodebek akan mulai tahap uji coba atau soft launching pada 12 Juli 2023. Pada uji coba LRT Jabodebek tersebut akan dibuka untuk komersial hingga 15 Agustus 2023.

Pada saat uji coba LRT Jabodebek masyarakat hanya dikenakan biaya Rp 1 dan bisa mulai mendaftar mulai kemarin, Senin, 10 Juli 2023.

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menuturkan, pihaknya bakal membatasi jumlah moda transportasi dan kuota penumpang LRT Jabodebek pada periode itu.

Kehadiran LRT Jabodebek akan melengkapi transportasi di Jakarta. Dikutip dari laman dephub.go.id, saat ini di Jakarta memiliki sejumlah jenis moda transportasi public antara lain light rail transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), dan KRL Commuter Line, selanjutnya LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi).

Berikut fakta-fakta menarik mengenai uji coba LRT Jabodebek:

1. Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek dan Syaratnya

Light Rail TRansit Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (LRT Jabodebek) akan menjalani uji coba pada Rabu mendatang, pada 12 Juli 2023.

Uji coba LRT Jabodebek ini bisa diikuti oleh para masyarakat hanya dengan biaya hanya Rp 1. Untuk bisa mengikuti uji coba LRT Jabodebek, para calon penumpang harus mendaftar hari ini.

"Buat yang sudah tidak sabar mau mencoba LRT Jabodebek Trial Operation Terbatas, nih ada berita bagus buat kalian, Yuk buruan daftar pada tanggal 10 Juli 2023, jangan sampai ketinggalan!," tulis akun Instagram @lrt_jabodebek, dikutip Senin (10/7/2023).

Sebagai informasi, calon penumpang yang hendak mendaftar perlu mengisi link form yang akan diumumkan melalui media sosial resmi LRT Jabodebek.

Maka dari itu, masyarakat harus secara berkala memeriksanya. 

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan calon penumpang yang ingin mengikuti uji coba RT Jabodebek:

  • Mengisi formulir pendaftaran atau google form yang disediakan oleh Tim LRT Jabodebek dan link pendaftaran dibagikan di seluruh media sosial LRT.
  • Setelah melakukan pendaftaran para calon penumpang harus menunggu konfirmasi dari Tim LRT Jabodebek mengenai jadwal perjalanannya.
  • Penumpang wajib menunjukan bukti konfirmasi yang telah diterima melalui SMS/WHATSAPP/EMAIL yang dikirim oleh pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun.
  • Penumpang wajib membawa Uang Elektronik/KMT yang masih berlaku.Penumpang dilarang untuk makan dan minum di dalam kereta.
  • Penumpang harus bersedia mengikuti rute perjalanan yang telah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kuota Dibatasi

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, dalam tahap uji coba ini, kuota penumpang LRT Jabodebek dibatasi.

"Dalam 1 hari kita menyiapkan 4 perjalanan untuk soft launching. Artinya, akan ada lebih kurang 600 masyarakat yang bisa ikut dalam perjalanan itu," kata Kuswardojo, pada Kamis 6 Juli 2023.

Kuswardojo pun mengajak masyarakat yang berminat agar terus memantau informasi di media sosial LRT Jabodebek. Pihak manajemen bakal menyematkan link pendaftaran di media sosial.

"Link pendaftaran itu nanti bisa diklik, nanti kemudian bisa isi formulir pendaftaran tersebut, dan pastikan mereka mengikuti setelah mendapatkan konfirmasi dari kami. Karena nanti kami akan menyampaikan konfirmasi kepada warga masyarakat yang sudah mendaftar," imbuhnya.

Pesan konfirmasi itu nantinya bisa dikirimkan melalui WhatsApp atau email, berisi jadwal keberangkatan sang penumpang, beserta dari stasiun mana mereka akan berangkat. Pasalnya, untuk masa uji coba ini baru ada 3 pilihan stasiun saja.

3 dari 6 halaman

3. Link Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek

LRT Jabodebek akhirnya mengumumkan link pendaftaran uji coba untuk masyarakat yang ingin menjajal pengalaman menaiki moda transportasi baru tersebut. Seperti diketahui, layanan LRT akan memulai tahap uji coba pada 12 Juli 2023.

Selama masa uji coba ini, masyarakat hanya akan dikenakan biaya Rp 1 saja. Adapun pendaftaran bisa dilakukan melalui link yang sudah diumumkan melalui akun media sosial LRT.

"Hi teman Raina! Terima kasih atas kesabarannya menuggu, sekarang kalian bisa mendaftarkan diri untuk mencoba LRT Jabodebek," seperti dikutip dari akun Instagram resmi LRT, Senin (10/7/2023).

Nah, bagi kamu yang ingin menjajal perjalanan dengan mode transportasi ini, link pendaftaran uji coba LRT Jabodebek adalah sebagai berikut: https://bit.ly/UjiCobaLRTJabodebek. Lalu untuk melakukan pendaftaran, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Klik link pendaftaran yang telah disediakan
  2. Lengkapi data diri, seperti nama, alamat, pekerjaan, usia, dan nomor telephone
  3. Setelah itu pilih rute yang tersedia, yakni Dukuh Atas-Harjamukti PP, Dukuh Atas-Jatimulya PP, Harjamukti-Dukuh Atas PP, Jatimulya-Dukuh Atas PP
  4. Tunggu konfirmasi jadwal keberangkat dari tim LRT Jabodebek
  5. Tunjukkan jadwal konfirmasi saat hendak melakukan perjalanan

Sementara hal-hal yang perlu diperhatikan selama pendaftaran uji coba LRT Jabodebek adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan membawa KMT/Uang Elektronik yang masih berlaku
  • Biaya hanya Rp 1 di semua rute
  • Perjalanan dilaksanakan sesuai jadwal dan dapat turun di semua stasiun yang dilalui kecuali stasiun Halim
  • Setiap orang diharap hanya mendaftarkan diri satu kali agar bisa memberikan kesempatan pada yang lainnya
4 dari 6 halaman

4. Penumpang Uji Coba LRT Jabodebek Tak Boleh Daftar 2 Kali

Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo meminta masyarakat yang sudah pernah mencoba menaikiLRT Jabodebek dalam uji coba agar tidak mendaftar lagi untuk kedua kalinya.

"Tentunya pada masa soft launching LRT ini yang pertama memang jelas, kita meminta pada warga masyarakat untuk memaklumi kondisi tersebut. Karena kami yakin akan banyak sekali warga masyarakat yang ingin mengikuti uji coba ini. Jadi makanya, coba untuk kita semua rajin-rajin lihat medsos kita. Pada saat nanti prinsipnya siapa cepat dia akan dapat," tuturnya. 

PT. KAI juga menyebutkan, pengoperasian LRT Jabodebek ini dijalankan tanpa bantuan masinis, tetapi tersambung ke dalam sistem CBTC, atau sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi dari pusat kendali operasi.

Saat uji coba dan beroperasi, kecepatan maksimal LRT Jabodebek bisa mencapai hingga 80 KM per jam. Akan tetapi, kecepatan itu tidak akan diterapkan sama pada setiap stasiun.

“Jadi kecepatan operasional itu maksimal 80 KM per jam. Tapi tentunya tidak akan sama dari satu titik ke titik yang lain, karena jarak dari stasiunnya beda-beda. Jadi makin dekat jarak stasiun, pasti kecepatannya tidak akan sama dengan kecepatan maksimal,” kata dia. 

Sebelumnya, PT KAI (Persero) telah melakukan uji coba LRT Jabodebek bersama awak media pada Kamis, 6 Juli 2023. Pemberangkatan dimulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat menuju Stasiun Jatimulya, Kabupaten Bekasi.   

5 dari 6 halaman

5. Kapasitas Penumpang dan Kecepatan LRT Jabodebek

Adapun kapasitas LRT mampu mengangkat 500 ribu penumpang per hari, bahkan bila digabung penumpang KRL Jabodebek kapasitasnya mampu menampung 1,2 juta orang per hari. “Rencana besarnya pembangunan LRT ini memang untuk mengatasi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jagorawi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya.

LRT Jabodebek akan beroperasi berjalan melintasi rel terpadu yang dapat melaju secara otomatis tanpa masinis dengan kcepatan 80 KM/jam. LRT ini digerakkan oleh tenaga listrik seperti KRL dan MRT.

Menhub menuturkan, Proyek LRT Jabodebek sudah selesai baik sarana maupun prasarananya. Akan tetapi, dengan pertimbangan persiapan operasional perdana harus paripurnasehingga dibutukan perpanjangan waktu untuk sinkronisasi dari kecanggihan sistem komputerisasi dan otomatisasi tehnologi.

Saat uji coba operasional diharapkan, LRT telah memiliki ketepatan waktu yang akurat terkait tenggat waktu antar kereta LRT - setiap 3 menit, ada yang berangkat dan tiba di setiap stasiun pemberhentian.

“Komunikasi antar kereta harus benar-benar diperhatikan, sampai di stasiun pemberhentian harus pas waktunya antara kedatangan, menaikturunkan penumpang dengan jadwal keberangkatan," ujar Budi.

Dikutip dari laman Dephub.go.id, Menhub Budi menyebutkan tidak mudah memberikan izin operasional LRT, mengingat faktor sinkronisasi harus sudah benar-benar akurat antara waktu berangkat, waktu tiba, serta waktu naik-turun penumpang LRT, sehingga masa uji coba KRL dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, ketika beroperasi penuh pada 18 Agustus 2023, LRT Jabodebek akan berjalan dengan baik. 

6 dari 6 halaman

6. Daftar Stasiun LRT Jabodebel

Berikut daftar stasiun yang dilewati oleh LRT Jabodebek:

Lintas Cibubur

  • Dukuh Atas,
  • Setiabudi,
  • Rasuna Said,
  • Kuningan,
  • Pancoran,
  • Cikoko,
  • Ciliwung,
  • Cawang,
  • TMII,
  • Kampung Rambutan,
  • Ciracas,
  • Harjamukti

Lintas Bekasi

  • Dukuh Atas,
  • Setiabudi,
  • Rasuna Said,
  • Kuningan,
  • Pancoran,
  • Cikoko,
  • Ciliwung,
  • Cawang,
  • Halim,
  • Jati Bening Baru,
  • Cikuning 1,
  • Cikuning 2,
  • Bekasi Barat,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat