uefau17.com

Ini Profesi yang Masuk Kriteria Masyarakat Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis hingga Oktober 2023 - Bisnis

, Jakarta - Pemerintah akan gratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada tiga bulan pertama atau masa soft operation yang berlaku 18 Agustus-Oktober 2023. Selain itu, ada sejumlah kriteria masyarakat yang mendapatkan kesempatan tiket gratis itu.

Menteri Perhubungan (Menhub) menuturkan, tiket gratis akan diprioritaskan untuk tokoh dan masyarakat yang tinggal di sekitar Kereta Cepat Jakarta Bandung. Masyarakat akan melakukan pendaftaran secara mandiri mulai 1 Agustus 2023.

“Terutama mereka-mereka yang berdekatan itu dan tokoh-tokoh. Mekanismenya nanti orangnya mendaftar, kira-kira awal Agustus,” tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023, dikutip Sabtu (1/7/2023).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati juga menyebutkan sejumlah profesi yang mendapatkan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung. Profesi itu antara lain:

  • Influencer
  • Pengamat
  • Komunitas
  • Wartawan

Ia menilai, profesi itu dipilih karena dapat membantu KCIC untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Yang utama kita lihat yang bisa membantu mensosialisasikan KCIC, termasuk teman-teman media, para influencer, pengamat, komunitas itu,” ujar dia.

Adita menuturkan, penambahan kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan tiket gratis juga akan dibahas antar stakeholder terkait yakni Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan KCIC.

“Itu nanti akan ditetapkan bersama. Di KCIC stakeholdernya banyak, ada Kemenhub, Kemenko Marves, Kemenko BUMN, ada dari KCIC sendiri jadi nanti akan tetapkan bersama,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gratis hingga Oktober

Sebelumnya, Pemerintah akan menggratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada tiga bulan pertama atau masa soft operation. Periode promo ini berlaku mulai 18 Agustus sampai Oktober 2023.

"GRATIS SELAMA 3 BULAN PERTAMA, Untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sd Oktober," tulis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun instagramnya @ridwankamil dikutip, Jumat (23/6).

Ridwan Kamil menyampaikan, kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 354 kilometer per jam pada uji coba Kamis (22/6). Sehingga jarak tempuh dari Halim, Jakarta Timur menuju Padalarang hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

"354 km/jam adalah kecepatan tadi siang saat mengetes kereta cepat ini. Luar biasa. Halim-Padalarang hanya 20-an menit," ujar dia..

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka

3 dari 4 halaman

Kereta Cepat Jakarta Bandung Angkut Penumpang Agustus 2023, Kapan Mulai Bayar?

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri sekaligus Juru Bicara Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, menjamin masyarakat sudah bisa ikut menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai Agustus 2023.

Itu disampaikannya seusai mencoba kereta inspeksi atau Comprehensive Inspection Train (CIT) Kereta Cepat Jakarta Bandung dari Km 14 Bekasi Timur menuju Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Minggu (25/6/2023).

Arya Sinulingga mengatakan, salah satu tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri BUMN Erick Thohir adalah menyelesaikan proyek Kereta Cepat. Artinya, ia menambahkan, Erick sudah mengatur proses pembangunan hingga kondisi keuangan lewat penugasan kepada BUMN terkait, mulai dari PT KAI (Persero) hingga PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

"Kita dalam waktu dekat, (Kereta Cepat Jakarta Bandung) bulan Agustus akan diopersionalkan. Jadi kalau ada yang mengatakan, kan ada tuh media luar yang mengatakan, (operasional KCJB) terlambat lagi sampai tahun depan. Berarti dia hoax, enggak update," ujarnya.

"Tapi yang pasti, apa yang dilakukan oleh pak Erick adalah langkah-langkah untuk secepatnya proyek-proyek yang jadi proyek strategis nasional diselesaikan dengan baik," tegas Arya.

Meski demikian, ia belum bisa memastikan kapan Kereta Cepat Jakarta Bandung dapat beroperasi secara tarif. Menurutnya, kebijakan itu bakal berjalan beriringan dengan proses uji coba yang turut melibatkan masyarakat mulai Agustus mendatang.

"Kalau mengenai komersial dan sebagainya, nanti setelah ada uji sertifikasinya sudah lolos, baru kita lakukan komersil. Jadi kita belum berani ngomong komersil, nanti aja," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Pekerjaan Belum Tuntas

Adapun PT Kereta Cepat Indonesia China selaku operator KCJB mencatat, progres pengerjaan proyek KCJB sekitar 92 persen. Masih ada beberapa pekerjaan yang belum tuntas, seperti di Stasiun Halim maupun Stasiun Padalarang.

Namun begitu, Arya tetap optimistis pengerjaannya bisa diselesaikan sesuai target waktu. "Bisa dikebut lah, yakin kita. Teman-teman BUMN bisa kebut," tegasnya.

Sehingga, ia berkeyakinan Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah bisa melintas dari Stasiun Halim sampai ke Stasiun Tegalluar. Adapun untuk masa uji coba komersial nanti, KCIC bakal mengoperasikan rangkaian electric multiple unit (EMU) dari Stasiun Halim-Padalarang.

Penumpang yang turun di Stasiun Padalarang nantinya bisa lanjut menaiki KA feeder untuk menuju Stasiun Bandung. Meskipun sudah tersambung ke Tegalluar, namun pengoperasian masih terbatas hingga Kota Bandung saja.

"Operasi nanti dari Halim sampai Tegalluar. Juga sudah ada feeder dari Padalarang menuju Bandung, keretanya juga nyaman. Jadi total hanya butuh sekitar 45 menit sudah sampai Kota Bandung," pungkas Arya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat