uefau17.com

Puncak Libur Panjang Idul Adha 2024, Kereta Cepat Whoosh Angkut 21 Ribu Penumpang - Bisnis

, Jakarta - Kereta Cepat Whoosh melayani lebih dari 21 ribu penumpang pada Sabtu, 15 Juni 2024. Jumlah ini menjadi angka tertinggi sementara pada periode long Weekend Idul Adha sejak 14-18 Juni 2024.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengklaim, Kereta Cepat Whoosh masih menjadi pilihan masyarakat untuk bertransportasi pada momen long weekend kali ini.

"Tidak sedikit jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh di hari itu memiliki okupansi di atas 95 persen. Efisiensi dan efektifitas yang ditawarkan menjadi alasan utama masyarakat untuk menggunakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini," ujar Eva, Selasa (18/6/2024).

Stasiun Halim menjadi stasiun dengan keberangkatan tertinggi dengan jumlah sebanyak 13.550 penumpang atau 60 persen dari keseluruhan penumpang Whoosh pada hari tersebut. Adapun Stasiun Padalarang melayani sebanyak 5.703 penumpang dan Stasiun Tegalluar sebanyak 1.836 penumpang. 

Secara total, volume penumpang pada moment libur bersama Idul Adha 2024 meningkat sekitar 25 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Pada momen libur akhir pekan ini, tiket perjalanan Whoosh keberangkatan Halim mulai pukul 06.40-18.00 atau sebanyak 20 dari 24 perjalanan mayoritas okupansi mencapai hingga 98 persen.

Hingga saat ini, tiket Whoosh yang telah terjual pada periode 14-18 Juni telah mencapai 85 ribu tiket. Jumlah ini masih akan terus bertambah seiring penjualan di berbagai saluran yang masih terus berlangsung.

 

Eva menyebut, banyaknya masyarakat yang memanfaatkan Whoosh sebagai salah satu moda transportasi dari dan menuju Jakarta-Bandung ini juga tidak lepas dari inovasi layanan yang terus dilakukan oleh KCIC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Promo Wisata

"Mayoritas penumpang Whoosh pada periode kali ini adalah wisatawan yang turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan menggunakan KA Feeder menuju Stasiun Bandung. Melalui kolaborasi dengan destinasi wisata, penumpang Whoosh bisa mendapatkan diskon hingga gratis ke berbagai lokasi," imbuhnya.

Adapun beberapa promo wisata yang ditawarkan oleh Whoosh, antara lain:

1. Free Entry dan Free Shuttle Dusun Bambu dari Stasiun Padalarang

2. Free Entry Farmhouse

3. Free Entry Floating Market

4. Free Entry The Great Asia Afrika

5. Diskon 15 persen di Baker Street Resto cabang Cimandiri.

6. Free Entry Tepi Danau

7. Free Entry Tepi Kota Healing

8. Free Entry The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung

9. Diskon 20 persen di Seluruh Restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung

10. Diskon 20 persen dan Free Shuttle The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung

11. Free Entry dan Free Shuttle Dago Dream Park dari Stasiun Padalarang

12. Diskon 10 persen Setiap Hari dan Beli 2 Gratis 1 Setiap Jumat di Wahoo Waterworld Padalarang.

 

3 dari 5 halaman

Libur Panjang Idul Adha 1445 H, 75.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Ludes Terjual

Sebelumnya, sebanyak 75.000 tiket Kereta Cepat Whoosh sudah terjual untuk keberangkatan periode libur panjang Idul Adha 1445 H. Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan dari hari biasanya.

GM Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China, Eva Chairunisa mengatakan puluhan ribu tiket itu terjual untuk perjalanan 14-18 Juni 2024.Menurutnya, angka penjualan tiket Whoosh selama periode long weekend ini meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan hari biasa.

“Peningkatan penumpang mulai terjadi sejak 14 Juni 2024. Di tanggal tersebut, jadwal keberangkatan di sore dan malam hari selepas pulang kerja menjadi salah satu incaran para penumpang. Total sebanyak 19 ribu lebih penumpang telah diberangkatkan pada momen tersebut," tutur Eva dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Kemudian pada 15 Juni, jumlah penumpang yang menggunakan Whoosh mengalami peningkatan menjadi 21 ribu lebih penumpang. Pada periode tersebut, tiket keberangkatan Halim dari pukul 06.40 hingga 18.00 seluruhnya habis terjual.

"Secara kumulatif, selama dua hari, Whoosh telah memberangkatkan sekitar 40 ribu penumpang atau rata-rata 20 ribu penumpang per hari. Angka ini lebih tinggi dari total penumpang di hari biasa yang berkisar di antara 15.000-16.000 penumpang per hari," ujarnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Prediksi Jumlah Penumpang

KCIC memprediksi lonjakan jumlah penumpang masih akan terjadi hingga H-1 Idul Adha atau 16 Juni 2024. Angka ini masih akan terus bertambah seiiring dengan masih dijualnya tiket Whoosh di berbagai channel penjualan.

Penumpang Rombongan

Selain masyarakat yang akan berlibur bersama keluarga, di masa Long Weekend Libur Idul Adha kali ini, KCIC juga dipadati penumpang rombongan. Sebanyak 60 rombongan tercatat menggunakan Whoosh.

Rata-rata setiap harinya terdapat 12 rombongan yang memilih Whoosh sebagai transportasinya untuk menghabiskan libur akhir pekannya kali ini. Adapun total tiket yang telah terjual untuk penumpang rombongan mencapai lebih dari 1.500 tiket. Rombongan tersebut berasal dari perusahaan, pemerintahan, sekolah, tour and travel, dan masyarakat umum.

 Layanan Unggulan

Sejak diluncurkan pada November 2023, layanan rombongan telah menjadi salah satu layanan unggulan dari KCIC. Informasi dan pemesanan terkait tiket rombongan dapat dilakukan dengan menghubungi WhatsApp di nomor 0813-4000-2920 pada hari kerja sejak pukul 09.00-17.00 WIB.

"Adapun minimal jumlah penumpang dalam 1 rombongan sebanyak 20 orang," pungkas Eva.

5 dari 5 halaman

Tiket Khusus Whoosh

Sebelumnya, Bagi Anda penumpang kereta cepat yang ingin memakai kereta cepat Whoosh secara rutin dengan lebih hemat, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberi layanan baru yakni Frequent Whoosher Card.

Layanan baru dapat dipesan mulai 1 Juni 2024. GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menuturkan, Frequent Whoosher Card hanya bisa didapatkan di Loket Stasiun Halim pada jam operasional pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dengan biaya sebesar Rp1.750.000. Jika dihitung, harga satu tiket perjalanan Whoosh menjadi Rp175.000 saja.

"Hal ini tentu lebih hemat jika dibandingkan membeli tiket kelas Premium Economy secara normal dengan tarif dinamis khususnya di jam sibuk, akhir pekan dan momen libur panjang," kata Eva dalam keterangan tertulis, Kamis (30/5/2024).

Frequent Whooser Card

Bagi penumpang yang tertarik untuk memiliki Frequent Whooser Card, terdapat promo untuk 100 pembeli pertama berupa tambahan 2 perjalanan gratis. Artinya hanya dengan membayar Rp1.750.000, penumpang bisa mendapatkan hingga 12 kali perjalanan Whoosh.

Layanan Frequent Whoosher Card merupakan bentuk apresiasi kepada para penumpang yang secara rutin menggunakan Whoosh. Dengan menggunakan kartu ini, penumpang bisa menikmati 10 perjalanan Whoosh kelas Premium Economy dengan tarif flat meskipun perjalanan dilakukan di jam sibuk.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perjalanan dan promo Whoosh, silakan menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke cs@kcic.co.id, serta ⁠Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat