uefau17.com

Buruan Peserta Kartu Prakerja Gelombang 55 Beli Pelatihan Pertama, Begini Caranya! - Bisnis

, Jakarta Peserta Kartu Prakerja gelombang 55 harus segera membeli pelatihan pertama sebelum jatuh tempo. Dilansir dari instagram resmi @prakerja.go.id, penerimaan gelombang kartu prakerja tersebut telah diumumkan pada 21 Juni 2023.

Sementara batas waktu pembelian pelatihan pertama Kartu Prakerja adalah 15 hari setelah peserta dinyatakan lolos. Jika dilihat dari tanggal pengumuman kelolosan peserta Kartu Prakerja gelombang 55, maka masih tersisa waktu untuk membeli pelatihan hingga 5 Juli 2023 pukul 23.59 WIB.

Saldo pelatihan juga memiliki periode kadaluarsa jika peserta tidak membeli pelatihan lainnya dalam 15 hari setelah penyelesaian (hingga pemberian penilaian dan ulasan) pelatihan pertama.

Berikut cara membeli pelatihan Kartu Prakerja di Tokopedia

Dilansir dari laman prakerja.go.id, berikut cara membeli pelatihan Kartu Prakerja melalui platform ecommerce Tokopedia :

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan pastikan nomor handphones Anda udah terverifikasi.
  2. 2. Ketik "Kartu Prakerja" di kolom pencarian.
  3. 3. Pilih kategori pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang diinginkan atau diminati.
  4. 4. Selanjutnya, kik "lihat detail" pada kelas yang diminati untuk mencari tahu informasi terkait, termasuk cara menukarkan kode voucher.
  5. 5. Klik beli, jangan lupa masukkan kode promo bila tersedia.
  6. 6. Setelah itu, pilih "Lihat Semua" pada metode pembayaran.
  7. 7. Kemudian pilih "Kartu Prakerja" pada bagian Program Pemerintah.
  8. 8. Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi melalui SMS.
  9. 9. Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher pada Histori Transaksi Top Up dan Tagihan atau pada email yang terdaftar di Tokopedia.
  10. 10. Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman kelas/lembaga program Kartu Prakerja yang sudah dibeli vouchernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membeli Pelatihan

Adapun cara membeli pelatihan Kartu Prakerja melalui platform Bukalapak, dilansir dari laman resmi Bukalapak :

1. Pertama, buka aplikasi Bukalapak lalu ketik "Prakerja" di tab pencarian.

2. Pilih jenis kursus sesuai minat dan bakat Anda. Kursus bisa diurutkan berdasarkan harga termurah,termahal, atau kelas terbaru.

3. Cek detail kurikulum kursus dan ulasan.

4. Kalau sudah OK klik "Ya" pada Syarat dan Ketentuan.

5. Masukkan nomor Kartu Prakerja yang sesuai, untuk kemudian diverifikasi oleh sistem.

6. Selanjutnya, lakukan pembayaran. Jika sukses, kode OT akan dikirim ke nomor HP yang terdaftar di Kartu Prakerja Anda.

7. Masukkan 5 huruf sandi yang dikirim ke nomor HP terdaftar. Kemudian klik tombol "Verifikasi".

8. Kemudian, Anda akan mendapatkan kode untuk dipakai di situs penyedia kursus.

9. Untuk melihat kode kupon, cek "Detail Tagihan" atau e-mail Anda.

10. Gunakan voucher Anda dengan mengikuti langkah berikut :

- Masuk ke website/aplikasi penyedia kursus.

- Daftar atau login dan masukan kode voucher Kartu Prakerja.

- Klik kelas yang sudah dibeli.

- Ikuti kelasnya

- Sertifikat kursus akan ditampilkan di dashboard Prakerja setelah Anda menyelesaikan kursus.

3 dari 3 halaman

Gandeng Unesco, Kartu Prakerja Gelar Konferensi Internasional Bahas Pembelajaran Inklusif

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menggandeng Unesco Institute for Lifelong Learning dalam membahas model pembelajaran sepanjang masa yang inklusif. Ini akan dikemas dalam konferensi internasional yang dihelat di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, 3-6 Juli 2023 mendatang.

Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari menerangkan konferensi internasional ini akan diikuti oleh 300 orang parisipan dari lebih dari 70 negara anggota Unesco. Melalui pembatasan jumlah parisipan ini, diharapkan mampu membuat forum berjalan secara efektif.

"300 peserta Ini dari beragam negara member dari Unesco. Kita per hari ini sudah mendapatkan konfirmasi kehadiran dari 28 negara, lebih dari 100 delegasi internasional sudah konfirmasi akan datang di Bali," ujarnya dalam Media Briefing di Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Dia menegaskan, dalam pelaksanaan kegiatan ini akan menitikberatkan pada penjelasan pelaksanaan Program Kartu Prakerja di Indonesia. Serta, diharapkan akan hadir masukan dua arah dari negara-negara lain.

"Yang penting adalah memang tadi saya garis bawahi, lifelong learning itu inklusif, termasuk juga bukan hanya siapa sasarannya, tapi juga siapa yang menyelenggarakannya. Itu juga inklusif, semua pihak, termasuk didalamnya juga NGO. Karena pemerintah tidak bisa sendirian mengingat skalanya sangat-sangat besar," urainya.

Nantinya, Denni menyebut akan hadir dua wali kota dari Malaysia, dan wali kota dari Korea Selatan. Termasuk juga ada perwakilan dari Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kemudian juga ada lembaga filantropi, yayasan, universitas, lembaga riset, karena life long learning adalah kolaborasi. Termasuk didalamnya adalah korporasi-korporasi besar itu juga akan jadi partisipan konferensi ini," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat