uefau17.com

Segera, AP II Ingin Transjakarta Bisa Masuk Bandara Soekarno-Hatta Juli 2023 - Bisnis

, Jakarta PT Angkasa Pura II (AP II) tengah menunggu kepastian masuknya layanan bus Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya masih harus menunggu izin dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan terkait operasionalisasi Transjakarta di Bandara Soetta.

Meskipun Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sudah memberi lampu hijau, namun izin pengoperasiannya berada di bawah BPTJ. Pasalnya, Bandara Soekarno-Hatta sudah masuk wilayah Banten.

"Kalau itu sih secepatnya aja. Karena kan memang mereka harus dapat izin BPTJ. Kalau dishub DKI sudah berikan green light lah. Tapi kan formalnya itu akan keluar izin dari BPTJ yang memang menjadi penanggung jawab regulator di wilayah Jabodetabek. Kita tunggu aja," kata Awaluddin di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Di luar izin BPTJ, ia menilai PT Transportasi Jakarta sudah memiliki kesiapan armada yang lengkap. Sehingga, Awaluddin berharap Transjakarta bisa masuk beroperasi di Bandara Soetta per Juli 2023.

"Mudah-mudahan (bisa Juli 2023), secara armada kan mereka sudah siap. Secara rute yang direncanakan juga sudah siap. Kebutuhan kita pun, masyarakat, juga sudah siap," sebut dia.

Secara rute, lagi-lagi Awaluddin masih menunggu kepastian dari BPTJ. Namun, ia menilai layanan Transjakarta ke Bandara Soetta bakal mempertimbangkan potensi jumlah penumpang terbesar, termasuk waktu operasional.

"Kita cari yang populasi kebutuhannya terbesar. Dan sekali lagi, itu harus persetujuan Transjakarta. Karena kan pemilik armada dan penanggungjawab rute," imbuh dia.

"Kalau sudah di Bandara Soetta, kan dia bisa meng-cover kebutuhan siapapun di wilayah Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Terminal Kargo. Semuanya harus serba optimal karena kita ruangkan waktunya khusus, jam 6 pagi sampai 9 pagi, 6 sore sampe 9 malam," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Begini Respons Bos Damri

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana memperluas layanan hingga ke Bandara Soekarno-Hatta untuk masyarakat umum. Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia mengaku tak masalah dengan rencana tersebut.

Setia mengungkap, antara layanan Damri dan layanan Transjakarta memiliki pangsa pasar yang berbeda. Termasuk saat pelayanan Transjakarta yang menyasar pegawai dari Angkasa Pura II yang berkantor di Bandara Soetta.

"Transjakarta kan beda pangsa. Jadi Transjakarta itu kan akan digunakan oleh yang biasanya pangsanya adalah pegawai AP yang ke arah sana. Tapi kan biasanya yang pelanggan Damri kan segmennya orang ke luar kota, di mana orang keluar kota itu bukan commuter base, bukan perjalanan setiap hari," ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Dia pun menilai rencana layanan Transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta untuk masyarakat bukan sebuah masalah. Malahan, keduanya akan menjalin koordinasi intens. "Gapapa, pasti ada koordinasi," ujar dia.

Pada kesempatan ini, dia juga menegaskan kalau secara pangsa pasar tak akan menggangu pelayanan yang dijalankan oleh Damri maupun Transjakarta.

Terkait pilihan transportasi menuju Bandara Soetta, Setia menyebut, nantinya akan dikembalikan pada kewenangan pelanggan.

"Enggak sih (tak ganggu market share), itu kan market mekanisme, mekanisme pasar nanti yg akan berlaku. kan pilihan adanya di pelanggan. betul ya? akhirnya pelanggan sendiri yang akan menentukan," urai orang nomor satu di Damri ini.

 

3 dari 3 halaman

Transjakarta Kaji Tarif ke Bandara Soetta

Diberitakan sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengungkapkan, masyarakat umum nantinya dapat menggunakan layanan bus Transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Diketahui, usulan rute ini sebelumnya hanya diperuntukkan bagi karyawan bandara.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta Wibowo mengatakan, perubahan ini dilakukan karena pihaknya menyediakan transportasi umum bagi seluruh masyarakat.

"Transjakarta adalah perusahaan yang menyediakan transportasi umum massal bagi masyarakat. Maka layanan yang disediakan Transjakarta tentu untuk publik," kata Wibowo ketika dikonfirmasi, Jumat 16 Juni 2023.

Meski demikian, katanya, rute dari Jakarta sampai ke Bandara Soetta dan besaran tarif masih dalam pengkajian.

"Rutenya dalam pengkajian. Untuk titik keberangkatan maupun tujuan. Tarif juga masih dalam pembahasan. Akan kami sampaikan secara resmi bila sudah ada," tambah Wibowo.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat