uefau17.com

Harga Emas Hari Ini Susut, Masih Dibayangi Suku Bunga Fed - Bisnis

, Jakarta Harga logam mulia di pasar dunia melempem, tertekan dolar yang lebih kuat, serta investor yang masih menanti kelanjutan suku bunga menyusul pernyataan hawkish dari pembuat kebijakan Federal Reserve AS.

Melansir laman CNBC, harga emas hari ini di pasar spot turun 0,1% menjadi USD 1.955,79 per ons. Sementara harga emas berjangka AS turun 0,2% menjadi USD 1.967,20.

Harga emas dipengaruhi indeks dolar yang sedikit menguat, membuat bullion kurang menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Pejabat Fed memberikan nada hawkish dalam komentar pertama mereka sejak bank sentral mempertahankan suku bunga pada pertemuannya pekan lalu.

"Harga emas sebagian  besar berada antara USD 1.935-USD 1.970 di bulan Juni, dan tanpa katalis yang jelas di cakrawala, pedagang lebih memilih untuk memperdagangkan kisaran tersebut dan tidak sepenuhnya berkomitmen untuk breakout," kata Matt Simpson, Analis Pasar Senior di City Index.

Pasar saham AS akan ditutup pada hari Senin untuk liburan Juneteenth. Bullion membukukan penurunan mingguan kecil pekan lalu karena para pedagang meningkatkan taruhan untuk kenaikan suku bunga Juli menyusul jeda hawkish Fed setelah kenaikan 10 kali berturut-turut.

Meskipun emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, kenaikan suku bunga meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Logam Lain

Pedagang sekarang menghargai peluang sekitar 72% dari kenaikan suku bunga Fed pada bulan Juli, menurut alat CME Fedwatch.

"Dalam waktu dekat, risiko kenaikan suku bunga Fed satu atau dua lagi dapat meredupkan daya tarik emas, tetapi sebagai perspektif, Fed lebih dekat ke akhir siklus pengetatan," kata ahli strategi OCBC FX Christopher Wong.

Investor sekarang menunggu kesaksian kongres Ketua Fed Jerome Powell pada hari Rabu dan Kamis untuk isyarat lebih lanjut tentang suku bunga di masa depan.

Bintik perak turun 0,2% menjadi USD 24,09 per ons, platinum turun 0,4% menjadi $977,77 sementara paladium naik 0,1% lebih rendah menjadi USD 1.409,43.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat