uefau17.com

Bernasib Buruk, 8 Nama Ini Terhempas dari Daftar Orang Terkaya di Dunia 2023 - Bisnis

, Jakarta Dari perang Ukraina yang berkecamuk, inflasi melonjak, dan gelembung crypto meledak, hampir setengah dari 2.640 miliarder di planet ini lebih miskin daripada 2022. Akan tetapi, ada yang bernasib lebih buruk. Sebanyak 254 orang tajir hartanya menurun hingga membuatnya terhempas dari daftar miliarder dunia.

Lalu, siapakah miliarder yang keluar dari daftar orang terkaya di dunia 2023?

Mereka kehilangan tempatnya dari peringkat miliarder dunia 2023 versi Forbes. Termasuk beberapa wajah terkenal, Kanye West dan Sam Bankman-Fried. Ditambah beberapa mogul di belakang merek terkenal, seperti Yvon Chouinard, pendiri pembuat pakaian luar Patagonia.

Nama orang terkaya lainnya yang harus gigit jari yakni Ernest Garcia III , pendiri penjual mobil bekas Carvana; dan Bruce Nordstrom, mantan kepala rantai department store. Ada lagi 33 anggota dari daftar 2022 telah meninggal dunia.

Namun, para taipan teknologi yang paling terpukul, 52 orang kekayaan bersihnya telah menurun di bawah USD 1 miliar selama setahun terakhir. Itu termasuk Alex Atallah dan Devin Finzer, salah satu pendiri pasar NFT OpenSea. Selain itu, juga Andy Fang dan Stanley Tang, salah satu pendiri aplikasi pengiriman makanan DoorDash.

Sementara itu, 44 miliarder dari dunia keuangan dan investasi pun jatuh tahun ini, termasuk pemodal ventura dan pendukung crypto awal Tim Draper dan CEO Capital One Richard Fairbank. Ada pula 35 maestro manufaktur turun dari jajarannya, termasuk Antoine Rabie dan Ronnen Harary dari Spin Master Corp., yang dikenal dengan mainan anak-anak seperti Hatchimals, Air Hogs, dan Paw Patrol.

Lebih lanjutnya, berikut ini beberapa nama orang terkaya yang terhempas dari daftar miliarder dunia 2023 versi Forbes.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sam Bankman-Fried

Kekayaan bersih: Kurang dari USD 10 juta (turun dari USD 24 miliar)

Sumber kekayaan: Pertukaran Cryptocurrency

Kewarganegaraan: AS

Anak ajaib crypto meyakinkan pelanggan, investor, dan Forbes bahwa pertukaran FTX-nya adalah masa depan kripto. Rumah kartunya runtuh pada akhir 2022. Sekarang ini "SBF" menghadapi tuduhan penipuan federal, pencucian uang, dan pelanggaran dana kampanye. Dia dan salah satu pendiri Gary Wang – yang mengaku bersalah atas tuduhan penipuan dan dilaporkan bekerja sama dengan pihak berwenang – adalah dua dari tujuh investor crypto yang turun dari peringkat tahun ini.

2. Kanye West

Kekayaan bersih: Sekitar USD 400 juta (turun dari USD 2 miliar)

Sumber kekayaan: Musik, sepatu kets

Kewarganegaraan: AS

Raksasa pakaian atletik bermasalah sehingga membatalkan garis menyelinap Yeezy pada akhir Oktober, menjatuhkan West, yang dipanggil Ye, dari peringkat miliarder .

3. Yvon Chouinard

Kekayaan bersih: Kurang dari USD 100 juta (turun dari USD 1,2 miliar)

Sumber kekayaan: Patagonia

Kewarganegaraan: AS

Bisnis yang didirikan Chouinard pada 1973 ini menyisihkan 1 persen penjualannya untuk membiayai kelompok lingkungan.

4. Zhao Wei Guo

Kekayaan bersih: Kurang dari USD 100 juta (turun dari USD 2,8 miliar)

Sumber kekayaan: Produk IT

Kewarganegaraan: Tiongkok

Di tengah penyelidikan luas terhadap industri semikonduktornya, regulator China menuduh mantan ketua konglomerat semikonduktor yang didukung pemerintah Tsinghua Unigroup melakukan korupsi. Restrukturisasi kebangkrutan membuat Zhao, yang dilaporkan telah "menghilang" dari pandangan publik tahun lalu, tanpa kepemilikan di perusahaan Tsinghua Unigroup. Zhao tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

 

3 dari 3 halaman

5. Henrique Dubugras

Pedro Franceschi

Kekayaan bersih: Masing-masing sekitar USD 900 juta (turun dari USD 1,5 miliar)

Sumber kekayaan: Fintech

Kewarganegaraan: Brasil

Kegilaan pendanaan startup telah gagal, memukul valuasi perusahaan yang didukung oleh unicorn senilai USD 1 miliar atau lebih. Secara keseluruhan, setidaknya 51 pendiri unicorn bernilai kurang dari setahun yang lalu. Setidaknya 19 orang tidak lagi menjadi miliarder, termasuk Dubugras dan Franceschi, salah satu pendiri fintech kartu kredit Brex–sekarang bernilai sekitar USD 6,4 miliar, turun dari USD 12,3 miliar pada awal 2022.

6. Niraj Syah

Steve Conine

Kekayaan bersih: Masing-masing sekitar USD 600 juta (turun dari USD 1,6 miliar)

Sumber kekayaan: Ritel online

Kewarganegaraan: AS

Permintaan sofa, tempat tidur, dan permadani dari pengecer barang rumah online mereka, Wayfair telah anjlok. Alhasil membuat harga saham naik 90 persen selama pandemi, turun 75 persen sejak tahun lalu. Pada Januari, Shah (CEO dan co-chairman) dan Conine (co-chairman) mengumumkan Wayfair memangkas 10 persen tenaga kerjanya sebagai bagian dari rencana penghematan biaya sebesar USD 1,4 miliar.

7. Alex Atalla dan Devin Finzer

Kekayaan bersih: Masing-masing kurang dari USD 600 juta (turun dari USD 2,2 miliar)

Sumber kekayaan: Pasar online

Negara: AS

Gelembung untuk NFT yang dijual di pasar OpenSea mereka telah meledak. Penjualan token yang tidak dapat dipertukarkan–file komputer yang digunakan untuk melacak kepemilikan aset digital unik termasuk seni dan musik–telah anjlok, menurunkan nilai OpenSea dari USD 13,3 miliar menjadi sekitar USD 3,1 miliar. Pada Juli 2022, OpenSea memberhentikan 20 persen stafnya.

8. Ernest Garcia III

Kekayaan bersih: Kurang dari USD 100 juta (turun dari USD 3,2 miliar)

Sumber kekayaan: Mobil bekas

Kewarganegaraan: AS

Saham Carvana turun sebesar 94 persen sejak tahun lalu karena kemerosotan di pasar mobil bekas dan meningkatnya kekhawatiran investor tentang tumpukan utang Carvana senilai USD 5,6 miliar. Perusahaan kehilangan USD 2,9 miliar pada 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat