uefau17.com

Erick Thohir Tunjuk Arisudono Soerono Jadi Dirut Holding BUMN Jasa Survei - Bisnis

, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan direksi PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey. Dengan menunjuk Arisudono Soerono sebagai Direktur Utama BKI.

Keputusan ini tertuang dalam SK-288/MBU/12/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Biro Klasifikasi Indonesia.

Arisudono Soerono ditunjuk menjadi Direktur Utama per 12 Desember 2022 menggantikan Rudiyanto yang telah menjabat sejak Desember 2013. Arisudono sebelumnya diketahui sebagai Presiden Direktur PT Danareksa.

PT BKI (Persero) sendiri merupakan induk dari Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey, maka Arisudono juga akan memulai peran sebagai Ketua IDSurvey.

“Saya akan melanjutkan, meningkatkan dan menguatkan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pendahulu saya demi mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN kepada IDSurvey/PT BKI,” ujar Arisudono dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Selain Direktur Utama PT BKI (Persero), melalui Keputusan Menteri BUMN No.SK-234/MBU/10/2022, ditetapkan R. Benny Susanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sektor Migas dan Sistem Pembangkit PT Surveyor Indonesia menjadi Direktur Operasi PT BKI (Persero) menggantikan Mohamad Cholil.

Karir Arisudono

Arisudono menjabat Direktur Utama PT Danareksa sejak Oktober 2020 yang sebelumnya sebagai Dirut PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Ia menyelesaikan pendidikan jenjang magister di London Business School (1998-2000) dengan gelar Master of Business Administration dan jenjang sarjana bidang teknik kimia dari Institut Teknologi Bandung (1988 – 1994).

Pernah mengikuti pelatihan Risk Management in Banking, INSEAD, Fontainebleau, Perancis (2016) dan Emerging Leaders Executive Leadership Program John F. Kennedy School of Government Harvard University, Cambridge, Amerika Serikat (2014).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gabungan 3 BUMN

IDSurvey sendiri dibentuk sejak 16 Desember 2021 yang merupakan gabungan tiga BUMN di bidang jasa pengujian, inspeksi, sertifikasi, klasifikasi, dan statutoria dengan PT BKI (Persero) sebagai lead holding dan PT Sucofindo serta PT Surveyor Indonesia sebagai anggota holding.Tingkatkan Kompetensi

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI sebagai induk dari Holding Jasa Survey/IDSurvey meyakini bahwa kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan kepada pelanggan/klien.

Hal ini sejalan dengan arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir April lalu, BKI berkomitmen untuk terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

"Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, kami melakukan berbagai pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi SDM khususnya internal BKI, salah satunya dengan menggelar Peningkatan Kualifikasi Surveyor BKI sebagai Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan - Maritime Management System Auditor (MMSA) tingkat nasional," ujar Kepala Cabang PT BKI Batam Ir Budi Isrofi dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

 

 

3 dari 3 halaman

Calon Auditor

Acara ini, kata Budi, berlangsung selama lima hari dari 7 hingga 11 November 2022. "Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan sekaligus ujian ini, sebanyak 34 surveyor. Nantinya, mereka akan menjadi calon auditor dari BKI pusat yang memiliki andil untuk melakukan TIC di nasional dan global. Hal ini berguna untuk peningkatan kualifikasi mereka sebagai auditor manajemen keselamatan dan keamanan," jelasnya.

Menurut Budi, pelatihan ini merupakan hal penting bagi seorang calon auditor. Karena auditor inilah nanti yang akan memberikan pemahaman materi serta penilaian kepada personel atau perusahaan kapal/ pelayaran.

"Tujuannya agar industri pelayaran bisa mendapatkan sertifikasi maupun pemahaman International Safety Management Code (ISM Code) dan International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) atau aturan lain yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat