uefau17.com

Kisah Melanie Perkins, Dirikan Aplikasi Edit Canva Dari Nol Sampai Dikenal di 109 Negara - Bisnis

, Jakarta Canva menjadi salah satu aplikasi edit foto, video, atau presentasi yang mungkin sudah dikenal banyak orang. Siapa sangka bahwa perusahaan ini dipimpin oleh seorang wanita. Melanie Perkins namanya.

Melanie Perkins menjadi seorang kreatif yang digerakkan oleh ambisi, membuat dampak transformatif pada dunia desain grafis. Dia menjadi CEO dan salah satu pendiri Canva yang diluncurkan pada tahun 2014.

Semangat Perkins untuk desain telah hadir sepanjang hidupnya. Di University of Western Australia, dia mengajar program desain meskipun mahasiswanya mempelajari psikologi dan perdagangan.

Perkins sadar bahwa program desain itu berlawanan dengan intuisi saat mahasiswanya berjuang untuk mempelajari dasar-dasar desain grafis.

“Anda tidak perlu menghabiskan satu semester penuh hanya untuk mempelajari letak tombol-tombol photoshop. Anda juga tidak perlu mempelajari alat yang berbeda untuk semua yang ingin Anda buat. Anda harus bisa terjun dan mulai menggunakannya,” jelasnya seperti melansir startupdaily.net, Kamis (7/12/2022).

Dari pengalaman tersebut, Perkins memiliki keinginan untuk melakukan perubahan. Dia memimpikan rangkaian program desain yang ditempatkan di satu platform, dengan alat yang lebih mudah digunakan dan memungkinkan kolaborasi. Selain itu, juga menawarkan template sederhana dan pengguna tidak lagi repot dengan dasar-dasar pengeditan.

Namun, dengan sedikit pengetahuan untuk memulai bisnis, Perkins harus belajar melalui pengalaman saat dia mewujudkan idenya.

Dari Kecil Hingga Besar

Popularitas dan kesuksesan Canva mungkin terlihat seperti terjadi dalam semalam, tetapi proses pembelajaran dan pengembangannya memakan waktu lebih dari satu dekade.

Bisnis pertamanya, Fusion Books, adalah ajang pembuktiannya. Melakukan bootstrap pada bisnis berarti dia menangani semuanya sendiri, belajar sambil jalan, tetapi hal itu memberinya pengalaman berharga saat mendirikan Canva.

“Saya melakukan layanan pelanggan, jaminan kualitas, semua manajemen produk dan pemasaran,” kata Perkins.

Kemudian, ketika bisnisnya berkembang, dia dapat melepaskan lebih banyak tanggung jawab. Beralih dari operator tunggal menjadi salah satu pendiri bisnis digital, Perkins masih harus banyak belajar.

“Kami harus memikirkan cara mempekerjakan orang untuk pertama kalinya. Kami harus memikirkan cara bekerja dengan orang, mendirikan kantor, semua tantangan yang tidak pernah saya bayangkan,” kata dia.

Pengalaman yang dimulai dari nol hingga mengembangkan perusahaan dengan lebih dari 1500 karyawan menunjukkan bahwa ketangkasan sangatlah penting.

“Ini adalah proses melepaskan yang berkelanjutan,” ungkapnya, “karena, pada awalnya, Anda melakukan semuanya sendiri.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Canva yang Besar dan Berani

Tahun-tahun menjelang peluncuran Canva ke publik membantu Perkins menemukan apa yang sesuai dengan tujuan bisnisnya dan pengaruh yang ingin dia buat.

“Memiliki tujuan besar sangat penting bagi keberadaan saya. Jika saya tidak memiliki tujuan besar, saya merasa tersesat. Saya selalu ingin memiliki tujuan besar yang sedang saya upayakan,” tuturnya.

Lalu, motivasi yang menetapkan tujuan tertanam dalam bisnisnya. “Menurut saya, memiliki salah satu nilai yang secara eksplisit kami nyatakan di Canva adalah menetapkan tujuan besar yang gila-gilaan dan mewujudkannya. Dan kebetulan saya sangat terinspirasi oleh tujuan-tujuan besar yang gila,” kata Perkins.

“Kami memiliki rencana dua langkah di Canva. Langkah pertama adalah membangun salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Tidak masalah. Hanya sedikit. Langkah kedua adalah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan,” sambungnya.

Dia percaya bahwa Canva membuat langkah kecil dalam mencapai tujuan, tetapi jalan masih panjang. Kemudian dia mencari tahu cara menggunakan platform dan komunitas yang luar biasa untuk membantu mencapai tujuan dunia.

Memberdayakan Bisnis

Rencana Perkins untuk menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia telah berhasil karena Canva kini tersedia di 190 negara dan 100 bahasa.

“Sekarang Anda dapat mencetak desain Anda di atas kertas di 44 negara. Anda dapat mencetak desain Anda sebagai t-shirt. Anda dapat mengubah desain Anda menjadi situs web. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan karena kami ingin memberdayakan siapa pun untuk mendesain,” kata Perkins.

Perkins telah menghadapi banyak tantangan yang tidak jelas untuk menyediakan Canva di negara-negara tersebut.

Dia mengungkapkan bahwa untuk membuat platform dapat diakses dalam bahasa Arab, Ibrani, dan Urdu, mereka harus melalui proses rumit membalik program agar dapat diakses dari kanan ke kiri.

“Itu adalah inisiatif besar serta upaya rekayasa yang cukup besar. Tapi sekarang kami benar-benar dapat memberdayakan seluruh dunia untuk mendesain. Itu filosofi kami sejak awal. Jadi, senang melihatnya terjadi, tetapi masih banyak lagi yang perlu kita lakukan,” kata dia.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat