uefau17.com

Lebih Kaya dari Ratu Elizabeth II, Intip Harta Perdana Menteri Inggris Baru Rishi Sunak - Bisnis

, Jakarta - Setelah terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris, kekayaan Rishi Sunak menjadi sorotan.  Selain menjadi perdana menteri termuda selama lebih dari 200 tahun, Sunak juga disebut menjadi penghuni 10 Downing Street pertama yang lebih kaya dari Keluarga Kerajaan Inggris di Istana Buckingham. 

Dilansir dari Washington Post, Selasa (25/10/2022) PM Inggris Rishi Sunak pun merupakan salah satu tokoh yang berada dalam daftar orang terkaya di Inggris versi Sunday Times, atau Sunday Times Rich List. 

Sunak dan istrinya, Akshata Murty berada di urutan 222 dalam daftar tersebut, di mana kekayaan gabungan keduanya bernilai 730 juta pound sterling atau sekitar Rp 12,8 triliun (asumsi kurs Rp 17.627).

Sementara itu, pada daftar tahun ini, kekayaan mendiang Ratu Elizabeth II diperkirakan 370 juta pound sterling atau sekitar Rp 6,5 triliun. Angka tersebut dirilis tak lama sebelum sang Ratu wafat.

Adapun kekayaan  Raja Charles III dan Camilla, Ratu Permaisuri yang diperkirakan berkisar 350 juta pound sterling atau setara Rp 6,1 triliun, menurut laporan The Guardian.

Kekayaan Sunak dari Akshata Murty sebagian besar berasal dari kepemilikan saham di perusahaan ayah sang istri, Infosys.

Keduanya juga memiliki perusahaan investasi start-up yang berbasis di London, Catamaran Ventures UK. Pasangan itu memiliki setidaknya tiga rumah di Inggris, serta properti di Santa Monica, California, Amerika Serikat senilai dengan nilai sekitar USD 6 juta atau setara Rp 93,6 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepemilikan Properti Mewah

Dikutip dari laman The Guardian, Rishi Sunak dan keluarganya memiliki empat properti yang tersebar di berbagai negara dan bernilai lebih dari 15 juta pound sterling.

Sunak, istri, dan dua putrinya, yakni Krishna dan Anoushka, dilaporkan tinggal di sebuah rumah di kawasan Kensington, London barat, yang diperkirakan oleh agen real estat bernilai lebih dari 7 juta pound sterling.

Masih di Inggris, Sunak dan keluarganya juga memiliki sebuah rumah mewah di desa Kirby Sigston di daerah pemilihannya di Richmond di North Yorkshire.

Rumah tersebut dibelinya seharga 1,5 juta pound sterling sebelum dia terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 2015, sekarang bernilai lebih dari 2 juta pound sterling. dan telah diubah menjadi tempat berlibur dengan kolam renang indoor, gym, serta studio yoga seharga 400 ribu pound sterling dan lapangan tenis.

Namun dengan melonjaknya biaya energi di Inggris, biaya listrik untuk rumah tersebut bisa mencapai lebih dari 14 ribu pound sterling per tahun.

3 dari 3 halaman

Profil Rishi Sunak, Perdana Menteri Baru Inggris

Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris selanjutnya menggantikan Liz Truss yang mundur beberapa hari lalu. Sunak dipastikan bakal jadi PM Inggris karena tidak ada pesaing dalam pemilihan.

Rishi Sunak bukan nama baru. Saat itu, dua nama yang tersisa di pemilihan partai Konservatif, ia berada di belakang Liz Truss.

Rishi Sunak lahir pada tanggal 12 Mei 1980 di Southampton, Hampshire, Inggris Tenggara dari orang tua keturunan India, Yashvir dan Usha Sunak yang masing-masing lahir di Kenya dan Tanzania.

Dengan usianya yang masih 42 tahun, Sunak menjadi salah satu PM Inggris termuda dalam sejarah. 

Ayahnya adalah seorang dokter umum, sementara ibunya adalah seorang apoteker yang mengelola apotek setempat, dikutip dari laman Anadolu Agency, Senin (24/10/2022).

Kakek-nenek Sunak lahir di Provinsi Punjab, India Inggris, dan beremigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an dari Afrika Timur.

Sunak adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Kakaknya, Sanjay, adalah seorang psikolog dan adiknya, Rakhi, bekerja sebagai Kepala Bidang Kemanusiaan, Pembangunan Perdamaian, Dana dan Program PBB di Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan.

Dia dididik di sekolah swasta sebelum pergi ke Universitas Oxford untuk belajar filsafat, politik, dan ekonomi (PPE) - gelar pilihan di universitas pilihan bagi elit politik Inggris.

Dia kemudian meraih gelar master dalam bidang administrasi bisnis (MBA) dari Stanford University di AS sebagai Fulbright Scholar.

Di Stanford, ia bertemu dengan istrinya, Akshata Murty, putri seorang miliarder India.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Sunak bekerja untuk Goldman Sachs sebelum pindah ke Hedge Fund.

Sunak dan Murty memiliki kekayaan gabungan sebesar 730 juta pound sterling (Rp 10 triliun) pada tahun 2022, menjadikan mereka orang terkaya ke-222 di Inggris menurut Sunday Times Rich List. Mereka dianugrahi memiliki dua anak perempuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat