uefau17.com

Bank Wakaf Mikro Jadi Solusi Pembiayaan UMKM Pesantren - Bisnis

, Jakarta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya terus mendorong Bank Wakaf Mikro (BWM) digital menjadi wadah pembinaan bagi masyarakat yang kurang terlayani, sehingga kelompok masyarakat tersebut memiliki literasi keuangan digital yang memadai.

Hal itu disampaikan dalam Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan (BWM PKP), di Pesantren Pondok Karya Pembangunan, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (24/3/2022).

"Untuk itu, OJK mendukung sepenuhnya perluasan Bank Wakaf Mikro sebagai bentuk penyediaan akses keuangan dan pemberian pendampingan kepada para pelaku UMKM, khususnya yang berada di lingkungan sekitar pondok-pondok pesantren," ujar Wimboh.

Adapun dalam hal ini, kata Wimboh, OJK telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong perluasan akses bagi UMKM, diantaranya mendorong digitalisasi di lembaga keuangan mikro termasuk BWM untuk menyediakan pembiayaan yang mudah, cepat, dan terjangkau bagi UMKM.

Kemudian, memfasilitasi penyediaan pembiayaan UMKM dari skema KUR Klaster dan platform digital lainnya, dan melakukan sinergi dengan Pemerintah Daerah melalui optimalisasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampus UMKM

Lebih lanjut, OJK juga telah memfasilitasi pendirian Kampus UMKM melalui kerja sama dengan perguruan tinggi bersama startup/e-commerce untuk mendorong UMKM on-boarding dan siap ekspor.

Di sisi lain, untuk mendukung UMKM naik kelas, OJK juga telah menyediakan platform social e-commerce UMKMMU, sebuah market place digital yang dibangun OJK sebagai bagian upaya pendampingan pelaku UMKM secara terintegrasi, dimana produk-produk BWM dapat diperjualbelikan kepada konsumen di seluruh Indonesia melalui platform UMKMMU

"Keseluruhan upaya ini adalah sebagai wujud dukungan nyata kami kepada UMKM agar dapat on-boarding pada ekosistem digital e-commerce dan produk-produknya lebih kompetitif"," pungkas Wimboh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat