uefau17.com

Daftar 15 Negara Surga Pajak Dunia yang Bisa Terimbas Reformasi Pajak Negara G7 - Bisnis

, Jakarta Tingginya besaran pajak di sebagian besar negara di dunia, banyak pengusaha atau pelaku industri beralih mencari negara-negara pemberi kelonggaran atau yang bisa dikenal surga pajak (tax heavens).

Negara surga pajak menjadi oase para individu dan perusahaan beralih demi menghindari membayar pajak yang lebih tinggi.

Dana Moneter Internasional memperkirakan bahwa negara-negara surga pajak merugikan pemerintah antara USD 500 miliar dan USD 600 miliar setiap tahun - sebagian besar dalam pendapatan pajak perusahaan yang tidak dapat mereka kumpulkan.

Selain itu, setidaknya 366 perusahaan di Fortune 500 memasukkan setidaknya satu anak perusahaan di surga pajak.

Menurut Institute on Taxation and Economic Policy (ITEP), Apple telah membukukan USD 246 miliar dananya di luar negeri pada 2017. Ini demi menghindari pajak sebesar USD 76,7 miliar.

Apple mulai memulangkan uang tunai itu setelah Presiden Trump mengurangi pajak atas uang tunai ini dari 35 persen menjadi 15,5 persen.

Namun, pemotongan pajak kemungkinan tidak akan sepenuhnya mendisinsentifkan perusahaan dari mengarahkan uang ke yurisdiksi ramah pajak lainnya.

Negara surga pajak ini diprediksi akan terdampak kesepakatan negara G7 yang mendukung proposal AS yang menyerukan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk membayar pajak pendapatan setidaknya sebesar 15 persen.

Ingin tahu, berikut 15 negara yang dianggap sebagai surga pajak, seperti melansir  laman yahoo finance, Minggu (6/6/2021).

1. Bahama

Negara ini adalah bekas koloni Inggris yang memperoleh kemerdekaan pada 1973. Negara kepulauan Karibia ini paling memikat para penghindar pajak karena rendahanya pemotongan atau pajak perusahaan.

Sebaliknya, Bahama memperoleh pendapatan dari pajak seperti bea masuk, pajak pertambahan nilai, dan biaya lisensi. Kedekatannya dengan AS menjadikannya surga pajak yang menarik.

Menjadi pusat kegiatan perbankan. Perusahaan juga mendapat manfaat dari undang-undang kerahasiaan yang tidak mengharuskan penyerahan catatan akuntansi kepada pemerintah.

Untuk alasan ini, orang dapat melihat mengapa perusahaan seperti Goldman Sachs dan JPMorgan Chase mengoperasikan anak perusahaan di Bahama. Bahkan perusahaan di luar perbankan, seperti Viacom, juga memilih beroperasi di negara ini.

2. Bermuda

Terletak di antara Amerika Serikat dan Eropa, Bermuda telah menjadi surga pajak yang populer. Seperti di Bahama, tidak ada pajak atas pendapatan perusahaan, bunga, dividen atau royalti.

Perusahaan seperti Nabors Industries dan Signet Jewellers memilih untuk mendasarkan operasi mereka di Wilayah luar Inggris.

Bermuda juga berada di tengah skema penghindaran pajak yang menonjol. Paradise Papers melaporkan bahwa Nike mengalihkan sebagian keuntungannya di Eropa dari Belanda melalui Bermuda bebas pajak. Google juga melindungi USD 23 miliar dari luar negeri ke Bermuda pada tahun 2017.

Regulator telah menekan negara-negara untuk menutup beberapa celah yang memungkinkan pengalihan pendapatan tersebut. Namun, mengingat kebijakan wilayah dan kedekatannya dengan AS dan Eropa, kemungkinan akan tetap menjadi pusat keuangan dan bisnis yang populer.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. British Virgin Islands

British Virgin Islands, seperti Bermuda, memiliki daya pikat tax heaven. Meskipun populasinya kurang dari 36.000,  wilayah ini menjadi rumah bagi lebih dari 400.000 perusahaan dan memiliki aset sekitar USD 1,5 triliun.

Deloitte menyatakan bahwa pulau-pulau tersebut tidak memungut pajak atas bunga, dividen, atau pendapatan perusahaan.

Namun, mereka mengenakan pajak gaji sebesar 10 persen atau 14 persen untuk semua pendapatan di atas USD 10.000. Jasa keuangan juga menyumbang 62 persen dari pendapatan pemerintah.

Para pejabat bersikeras bahwa BVI bukanlah negara surga pajak. Namun, hanya sedikit yang tampak tertipu karena menghadapi ancaman terus-menerus ditempatkan di daftar hitam surga pajak UE.

4. Pulau cayman

Seperti wilayah Inggris lainnya, Kepulauan Cayman telah menjadi salah satu surga pajak. Meskipun populasinya lebih dari 59.600, lebih dari 65.000 perusahaan bermarkas di wilayah tersebut.

Ini termasuk perusahaan induk yang memungkinkan Alibaba, Baidu, dan operasi lain yang berbasis di China untuk berdagang di bursa saham AS.

Crystal Stranger, akuntan utama di Greenback Business Services, menganggap Cayman "mungkin celah (pajak) terbesar sekarang untuk individu maupun perusahaan multinasional."

Salah satu bidang yang menonjol adalah perbankan. Meskipun ukurannya kecil, itu menyumbang hampir 1/15 dari USD 30 triliun aset perbankan dunia, menurut The Guardian.

 

3 dari 6 halaman

5. Kepulauan Channel

Kepulauan Channel adalah sebuah kepulauan di lepas pantai Normandia. Terlepas dari lokasinya, pulau-pulau itu bukan milik Prancis atau Inggris.

Namun, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa resmi, dan Inggris bertanggung jawab untuk mempertahankan pulau-pulau tersebut. Pulau-pulau itu sebenarnya adalah dua dependensi Mahkota Inggris, Bailiwick of Jersey dan Bailiwick of Guernsey.

Namun, Kepulauan Channel telah menjadi paling dikenal sebagai surga pajak. Pajak perusahaan adalah 0 persen untuk sebagian besar perusahaan, meskipun kemudian pajak naik menjadi 10 persen bagi "perusahaan jasa keuangan" dan dapat mencapai 20 persen untuk jenis perusahaan lain.

Wilayah ini juga tidak memungut pajak capital gain atau pajak warisan. Menurut Paradise Papers, Apple memindahkan residensi pajaknya ke Jersey pada tahun 2014 dan menyimpan sebanyak USD 252 miliar dalam bentuk tunai lepas pantai di Jersey.

6. Isle of Man

Ini masuk dependensi Inggris yang mengatur diri sendiri yang terletak di Laut Irlandia. Berada antara Inggris dan Irlandia. Selain dikenal sebagai tempat lahirnya Bee Gees, tempat ini juga berkembang sebagai tempat penampungan kekayaan.

Isle of Man tidak mengenakan pajak atas keuntungan modal atau warisan, dan tidak memungut pajak atas perusahaan. Banyak perusahaan juga menyelenggarakan manfaat pensiun di sana karena beberapa penerima manfaat dapat mengumpulkan manfaat sejak usia 50 tahun.

Namun, mereka suka tidak menonjolkan diri. Ketika Paradise Papers menjelaskan bagaimana orang-orang kaya melindungi aset dalam ketergantungan, seorang politisi lokal menggambarkan wahyu itu sebagai “serangan yang diatur dari media internasional.”

7. Irlandia

Sampai akhir 1990-an, Irlandia dianggap sebagai salah satu negara termiskin di Eropa. Namun, bergabung dengan UE dan mengurangi pajak perusahaan menjadi 12,5 persen tampaknya mengubah negara dalam semalam.

Ini akan terus menarik lebih dari 700 perusahaan multinasional ke negara itu, di antaranya Airbnb, Facebook, dan LinkedIn.

Sementara pejabat Irlandia mungkin menghindar dari label "surga pajak", Republik telah berada di bawah pengawasan.

Pada 2013, Apple harus membayar rekor denda 13 miliar euro (USD 14,4 miliar) setelah menemukan bahwa kesepakatan antara Apple dan Irlandia melanggar undang-undang pajak UE.

Menurut Paradise Papers, ini menyebabkan Apple mengalihkan uang tunai luar negerinya ke Kepulauan Channel.

 

4 dari 6 halaman

8. Luksemburg

Luksemburg adalah negara Uni Eropa kecil yang terletak di antara Prancis, Jerman, dan Belgia. Negara berpenduduk sekitar 614.000 orang ini telah berhasil menarik modal dengan undang-undang pajaknya yang ramah bisnis.

Namun, kebijakan tersebut tampaknya terlalu ramah bagi UE, yang mengatakan bahwa itu adalah salah satu negara yang “menampilkan ciri-ciri surga pajak dan memfasilitasi perencanaan pajak yang agresif.”

Namun, UE memujinya karena mengambil langkah-langkah untuk membatasi praktik-praktik itu. Luksemburg tetap menjadi lokasi favorit di antara Fortune 500.

Sekitar 35 persen dari perusahaan Fortune 500 mengoperasikan anak perusahaan di Luksemburg, menurut ITEP. Di antaranya adalah Amazon, yang memilih Luksemburg sebagai rumah kantor pusatnya di Eropa.

9. Malta

Malta adalah negara berdaulat di lepas pantai Sisilia. Ini adalah salah satu anggota terkecil dari UE. Pernah menjadi koloni Inggris, negara pulau kecil berpenduduk hanya di bawah 500.000 orang ini merdeka pada tahun 1964.

Beberapa jurnalis telah melabeli Malta sebagai "basis bajak laut" untuk penghindaran pajak. Paradise Papers juga mengutip Malta di antara daftar surga pajak. Namun, para pejabat bersikeras bahwa mereka telah mematuhi undang-undang Uni Eropa.

Meskipun perusahaan lokal membayar tarif pajak perusahaan sebesar 35 persen, beberapa entitas luar membayar 0-6,25 persen. Sekitar 5 persen dari perusahaan Fortune 500 mengoperasikan anak perusahaan di pulau itu, menurut ITEP. Morgan Stanley, Marriott International dan Abbott Laboratories termasuk di antara perusahaan-perusahaan ini.

5 dari 6 halaman

10. Mauritius

Mauritius sebuah negara pulau kecil yang terletak di lepas pantai Madagaskar tampak seperti lokasi yang tidak mungkin untuk surga pajak.

Namun, tarif pajak perusahaan telah menarik sebagian besar Fortune 500 ke Mauritius. Perusahaan membayar pajak 15 persen atas penghasilan. Individu tidak membayar pajak capital gain, dan negara memungut pajak 3 persen pendapatan dividen dari luar negeri.

Meskipun lokasinya terpencil, ia telah menarik minat yang signifikan dari perusahaan-perusahaan AS. Goldman Sachs, Morgan Stanley, Citigroup dan JPMorgan Chase termasuk di antara 78 perusahaan Fortune 500 yang beroperasi di sana, menurut ITEP.

11. Monako

Monako adalah negara kota seluas 0,85 mil persegi yang terletak di French Riviera. Lama menjadi tujuan favorit orang kaya dunia, tempat ini juga telah menjadi tempat yang menarik untuk kekayaan itu sendiri. Individu tidak membayar pajak penghasilan, dan bisnis tidak menghadapi pajak langsung dalam banyak kasus.

Meskipun pajak rendah, beroperasi di Monako tidak murah, karena menawarkan beberapa real estat termahal di dunia. Terlepas dari biayanya, tujuh perusahaan Fortune 500 mengoperasikan anak perusahaan di kerajaan itu, menurut ITEP.

12. Belanda

Pemerintah Belanda, sama seperti negara surga pajak lainnya, menghindari pelabelan ini. Jan Kees de Jager, mantan menteri keuangan di Belanda dan sekarang-CFO KPN, menyebut hubungan apa pun dengan orang-orang seperti Kepulauan Cayman atau Swiss sebagai "penghinaan yang mendalam."

Namun, menurut laporan ITEP, Belanda adalah surga pajak paling populer di dunia di antara Fortune 500. Belanda telah lama mengizinkan perusahaan untuk mengurangi beban pajak mereka dengan memindahkan uang melalui anak perusahaan Belanda.

Selain itu, raksasa teknologi seperti Google dan IBM memiliki kehadiran yang signifikan di negara ini, dan Fiat Chrysler memilih negara tersebut sebagai kantor pusat perusahaannya.

 

 

6 dari 6 halaman

13. Puerto Riko

Banyak wajib pajak berusaha untuk melindungi pengembalian dana ini atau mencari tempat yang tepat untuk membelanjakan atau menginvestasikan pengembalian dana tersebut. Tetapi bagaimana jika Anda tidak pernah harus memberikan uang kepada pemerintah sejak awal?

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk pindah ke Puerto Riko. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini menjadi terkenal karena kebangkrutan dan bencana alamnya.

Namun, lebih banyak orang Amerika dapat segera belajar menghargai Puerto Riko sebagai tempat perlindungan pajak yang sah.

Ini karena penduduk penuh waktu Puerto Riko umumnya tidak membayar pajak pendapatan federal AS, meskipun Puerto Rico adalah warga negara AS.

Selain itu, pada 2012, UU 22 memperpanjang pembebasan pajak untuk bunga, dividen, dan keuntungan modal. Ini memberi orang Amerika kaya cara untuk menghindari pajak tanpa menyerahkan paspor AS mereka.

14. Singapura

Banyak yang menganggap Singapura sebagai salah satu negara terbaik di dunia untuk pajak. Terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya, negara ini pernah terperosok dalam kemiskinan.

Pada 1965, PDB per kapita negaranya hanya USD 516. Saat itulah pemerintah mulai meningkatkan pendidikan, memberantas korupsi dan memotong tarif pajak.

Tidak heran jika kota ini telah berkembang dengan populasi sekitar 6 juta dan memiliki PDB per kapita sebesar USD 94.100.

Singapura menetapkan pajak penghasilan badan sebesar 17 persen, tidak termasuk insentif pajak, dan negara kota tidak mengenakan pajak dividen. Menurut ITEP, lebih dari 40 persen perusahaan Fortune 500 mengoperasikan anak perusahaan di Singapura pada tahun 2016.

15. Swiss

Swiss telah lama menjadi pusat keuangan Eropa. Pajaknya yang rendah dan reputasi kerahasiaannya menjadikannya surga pajak pilihan. Meski beberapa undang-undang kerahasiaan saat ini telah dihilangkan, reputasinya untuk perpajakan yang wajar tetap ada. Swiss memungut tarif pajak perusahaan hanya 8,5 persen.

Sementara Indeks Pusat Keuangan Global dari Long Finance tidak lagi menganggap Zurich sebagai "10 teratas" pusat keuangan, namun negara ini tetap menjadi surga pajak yang populer.

Menurut laporan ITEP, sekitar 35 persen dari perusahaan Fortune 500 mengoperasikan setidaknya satu anak perusahaan di Konfederasi Swiss. Perusahaan-perusahaan ini termasuk Marriott International, Morgan Stanley dan PepsiCo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat