uefau17.com

Wamenhub Janji Ada Perbaikan Fasilitas Transportasi - Bisnis

, Jakarta - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan sebagai evaluasi arus mudik lebaran pada tahun ini, pihaknya akan memperbaiki dan menambah fasilitas penunjang transportasi.

"Intinya, ada dua sisi ya. Satu sisi di mana kita menyiapkkan kapasitas dari alat angkut kita atau supply set. Supply set-nya apa?. Nah, di sini misalnya jalannya minta percepatan jalan-jalan strategis untuk tol," ujar dia usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (11/8/2014).

Dia mengungkapkan, untuk jalur darat pihaknya akan mendorong percepatan pembangunan tol Trans Jawa.

"Tol Jawa diselesaikan, seperti Cikampek-Palimanan selesai, kemudian Pejagan-Pemalang selesai dan dipercepat sehingga bisa fungsional untuk tahun lebaran mendatang," lanjutnya.

Kemudian, juga diperlukan pembenahan pada semua arus jalan yang berkaitan dengan limpahan jalan keluar di ruas tol Trans Jawa tersebut.

"Jalan-jalan tersebut merupakan jalan dari kabupaten dan ibukota provinsi. Mulai dari sekarang diidentifikasikan mana yang kira-kira akan dilalui pemudik tahun depan," tutur dia.

Menurut Bambang selain pada jalan, untuk jalur darat Kemenhub akan meminta PT KAI agar terus meningkatkan kapasitas kereta api. Pasalnya moda tersebut hingga saat ini masih menjadi alat transportasi favorit masyarakat.

"Juga meningkatkan kapasitas dari angkutan laut, utamanya kapal-kapal yang akan ke Semarang dan Tegal. Itu dari sisi supply set," tandas dia. (Dny/Nrm)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat