uefau17.com

VIDEO: Mengintip Tradisi Mitoni Mantu Jokowi - TV

, Solo - Keluarga Presiden Joko Widodo menggelar hajatan tradisi Jawa yaitu Mitoni atau syukuran atas usia kandungan sang menantu Selvi Ananda yang memasuki bulan ke-7 pada pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (26/12/2015), tradisi Mitoni ini diadakan di kediaman pribadi Presiden Jokowi Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Tidak banyak tamu yang diundang dalam prosesi Mitoni ini selain sejumlah kerabat, sahabat dekat Ibu Negara Iriana, dan kelompok pengajiannya.

Prosesi adat Jawa ini juga digelar secara sederhana. Namun, rangkaian prosesi tidak dapat terekam kamera para jurnalis. 

Baik Selvi Ananda maupun Gibran Rakabuming Raka, enggan berkomentar banyak tentang tradisi Mitoni ini. Namun mereka justru mempromosikan kuliner cilipari yang dikelolanya.

"Ya acara hari ini syukuran Mitoni, 7 bulan. Hari ini spesial banget soalnya menunya Markobar, Markobar 8 rasa, Martabak Kota Baru. Dan yang lebih spesial lagi namanya CS Kopi, spesial semua itu menunya itu menu-menu dari saya," ucap Gibran Rakabuming Raka.

"Syukuran kecil-kecilan, Nujuh Bulan anak saya Gibran Rakabuming dan Selvi, jadi 6 bulan menuju ke 7 bulan. Mohon doa restu moga-moga bayi yang dikandung sehat, diberikan kelancaran," ungkap Presiden Jokowi.

Dalam tradisi Jawa saat usia kandungan memasuki bulan ke-7 digelar suatu upacara syukuran dengan harapan agar bayi yang dikandung kelak dapat lahir ke dunia dengan sehat dan selamat.

Dalam rangkaian prosesi itu diawali dengan sungkem kepada orangtua, siraman, hingga belah buah kelapa muda atau cengkir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat