uefau17.com

Siri Bakal Semakin Pintar dengan AI Generatif, Siap Bersaing dengan ChatGPT dan Gemini? - Tekno

, Jakarta - Apple baru-baru ini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens dengan OpenAI, untuk memboyong teknologi kecerdasan buatan (AI) milik perusahaan ke iPhone.

Dilansir The New York Times, Senin (13/5/2024), Apple juga akan melakukan perombakan besar-besaran untuk asisten digital mereka, yakni Siri.

Kabarnya, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut akan mengintegrasikan teknologi AI generatif canggih--mirip ChatGPT--ke dalam Siri yang baru.

Rumor ini sendiri datang bertepatan dengan kabar, OpenAI sedang mengembangkan asisten suara pertama milik mereka. Bila memang benar, maka hal ini akan semakin membuat panas persaingan di industri AI.

Sumber anonim di internal Apple mengungkapkan, para eksekutif sangat terkesan dengan kemampuan ChatGPT. Kekaguman ini mendorong mereka untuk mempercepat pengembangan Siri, dan melengkapi asisten digital tersebut dengan AI generatif yang serupa.

Bila memang terwujud, upgrade ini berpotensi meningkatkan kemampuan Siri secara signifikan. Diduga, pengguna dapat memanfaatkan Siri untuk berbagai tugas layaknya ChatGPT dan Gemini.

Ya, Siri kemungkinan bakal memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks kreatif, menerjemahkan bahasa, atau menulis email dengan menggunakan sebuah keyword saja.

Tak hanya itu, Siri juga diyakini akan menjadi lebih cerdas, lebih serbaguna, dan lebih intuitif saat berinteraksi dengan pengguna iPhone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siri Belum Pernah Dapat Update Besar Sejak 2011

Ilustrasi Apple Siri

Bagi banyak pengguna iPhone, Siri memang memiliki keterbatasan dalam mempertahankan percakapan dan memahami konteks. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan AI, seperti ChatGPT dan Google Gemini.

Hal ini cukup wajar, mengingat sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 Siri belum pernah pembaruan besar-besaran.

Informasi, perombakan Siri adalah bagian dari inisiatif perusahaan untuk meningkatkan kemampuan AI. Hal ini diperkuat saat Apple mengumumkan lini baru iPad awal pekan kemarin.

Rencananya, Apple akan menguak tabir misteri kekuatan AI-nya pada WWDC 2024 10 Juni mendatang. Beberapa peningkatan, termasuk Siri akan diperlihatkan oleh perusahaan dalam acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Apple dan OpenAI Berkolaborasi Hadirkan Chatbot Canggih di iOS 18!

Pertemuan CEO Apple, Tim Cook dengan Jokowi menyusul langkah Apple yang saat ini sedang memperluas investasi di kawasan Asia. (BAY ISMOYO/AFP)

Rencana Apple untuk memboyong chatbot AI ChatGPT ke iPhone lewat pembaruan iOS 18 sepertinya akan menjadi kenyataan dengan bantuan OpenAI.

Ya, Apple dan OpenAI saat ini memang dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa teknologi chatbot AI tersebut ke produk buatan mereka.

Informasi ini diperkuat oleh laporan koresponden Bloomberg, Mark Gurman. "Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI," kutip laporan Bloomberg via Engadget, Minggu (12/5/2024).

Mark Gurman menyebutkan, "Pembicaraan Apple dan OpenAI terkait beberapa fitur AI generatif--seperti chatbot--akan diperkenalkan bersamaan dengan iOS 18 tahun ini."

Sayangnya, apa saja fitur-fitur tersebut belum diketahui. Namun berdasarkan informasi beredar saaat ini, aplikasi iOS tertentu akan terintegrasi dengan AI.

Beberapa aplikasi tersebut, antara lain Safari dan Messages. Kemungkinan, aplikasi bawaan iOS itu akan dilengkapi dengan fitur yang dapat meringkas konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci.

 

4 dari 4 halaman

Siap Tandingi Gemini

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Selain itu, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga ingin merombak besar-besaran asisten virtual mereka yaitu Siri. Disebutkan, Siri akan tampil lebih pintar berkat teknologi AI ini.

Pada saat sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digital mereka sendiri dan tidak diketahui apakah hal tersebut terkait dengan pengembangan Siri atau tidak.

Selain OpenAI, raksasa teknologi ini juga disebut-sebut masih dalam pembicaraan dengan Google tentang menghadirkan fitur AI generatif Gemini ke iPhone.

Sejauh ini, belum ada laporan kelanjutan tentang kolaborasi Apple dan Google ini.

Pastinya, informasi lebih lanjut tentang rencana Apple dengan AI ini pada 10 Juni mendatang di WWDC 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat