uefau17.com

Apple akan Rilis Fitur AI Apple Intelligence, Fungsinya Mirip Galaxy AI - Tekno

, Jakarta - Apple dikabarkan bakal mengungkap fitur AI terbarunya, Apple Intelligence, di konferensi pengembang mereka, WWDC 2024, pada 10 Juni besok.

Fitur ini akan diintegrasikan dalam versi terbaru iOS, iPadOS, dan MacOS. Fitur AI ini menawarkan berbagai kemampuan yang didukung oleh AI dan pada gilirannya akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Mengutip Gizchina, Senin (10/6/2024), Apple Intelligence menjadi serangkaian fitur berbasis kecerdasan buatan yang bertujuan untuk merampingkan berbagai tugas dan meningkatkan produktivitas.

Fitur artificial intelligence ini akan tersedia sebagai fitur pilihan, yang bisa dipilih pengguna, apakah mau mengaktifkan atau tidak berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Pendekatan ini memastikan pengguna dapat memiliki kontrol atas bagaimana mereka memanfaatkan kemampuan AI dan memilih untuk tak memakainya kalau khawatir tentang privasi.

Seperti pada Galaxy AI, fungsi AI pada Apple Intelligence ini meliputi fitur pengubah memo suara menjadi teks (transkripsi), koreksi foto dengan AI, dan menyarankan balasan ke email dan pesan teks.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siri yang Makin Pintar Berkat AI

Bukan hanya itu, AI juga akan meningkatkan kemampuan Siri sehingga membuatnya jadi lebih cerdas, bahkan bisa menyaingi asisten AI lainnya seperti ChatGPT.

AI tersebut akan beroperasi pada perangkat Apple sendiri, yakni dengan memanfaatkan neural machine pada chip A17 yang dipakai pada iPhone 15. Operasional AI di dalam perangkat adalah untuk mamastikan privasi lebih baik dan waktu respon lebih cepat.

iPhone 15 Bakal Kebagian Fitur AI

Nantinya Apple Intelligence akan menjadi bagian dari iOS 18 dan bekerja tidak hanya pada iPhone 16 yang akan datang, tetapi juga pada seri iPhone 15, iPad dan Mac.

Itu artinya, pengguna iPhone 15 dan iPhone 16 series bisa mendapatkan kemampuan AI tanpa perlu upgrade perangkat.

Seperti disebutkan, pendekatan AI ini memastikan bahwa proses data terjadi di perangkat, bukan di cloud. Dengan begitu, tak ada transfer data pengguna, untuk memastikan privasi dan keamanan pengguna.

 

3 dari 4 halaman

Fitur dan Fungsionalitas AI

Apple Intelligence akan menyertakan beberapa fitur berbasis AI yang akan diintegrasikan dalam berbagai aplikasi Apple, misalnya:

  • Kemampuan AI akan ditambah di aplikasi Photos, memungkinkan pengguna menghapus objek yang tak diinginkan dari gambar dan mengedit foto dengan perintah suara.
  • Peningkatan Siri: Siri akan menerima peningkatan berbasis AI. Dengan begitu, pengguna untuk mengontrol fitur dan tindakan dalam aplikasi memakai perintah suara. Termasuk menghapus email hingga mengedit foto.
4 dari 4 halaman

Bakal Ada Chatbot AI di iPhone

  • Integrasi chatbot: Apple telah berkolaborasi dengan OpenAI untuk mengembangkan chatbot yang mirip dengan ChatGPT. Chatbot ini akan terintegrasi ke Apple Intelligence dan didukung OpenAI.
  • AI Summarization: Fungsi ringkasan AI bakal ditambah ke browser Safari dan menghasilkan ikhtisar artikel di halaman web. Fungsi ini akan diintegrasikan ke pesan teks dan email.
  • Fitur Catch-up: Fitur catch-up untuk pemberitahuan yang terlewatkan akan memungkinkan pengguna meninjau informasi penting dengan cepat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat