uefau17.com

Istilah Dobby Viral di TikTok usai Member JKT48 Curhat Dikatai Mirip Karakter di Harry Potter, Apa Maksudnya? - Tekno

, Jakarta - TikTok kerap hadirkan berbagai tren yang bikin penasaran pengguna internet lainnya. Kali ini, viral istilah Dobby yang dipakai oleh warga TikTok. 

Salah satu hal yang bikin viral adalah saat member JKT48, Zee JKT48, unggah posting-an curhat yang menyebut dirinya dikatai mirip Dobby. 

Lalu apa itu Dobby? Dobby yang dimaksud oleh Zee JKT48 adalah nama karakter di Harry Potter dari bangsa elf atau peri rumah.

Dobby di Harry Potter memiliki kepribadian yang selalu menyalahkan diri sendiri, rendah diri dan merasa tak pantas atas sesuatu karena perannya yang hanya sebagai peri rumah pelayan dari keluarga penyihir. 

Karena itu, ia selalu menyalahkan diri dan merasa pantas dihukum untuk segala kesalahannya atau ketidakbecusannya atas pekerjaan tertentu. 

Namun, rupanya ada makna lain dari istilah Dobby yang viral di TikTok. Mengutip laman Research Gate, Jumat (29/12/2023), dalam dunia kesehatan ada istilah Dobby Syndrome atau Dobby Effect

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istilah Dobby Effect di Dunia Kesehatan

Dobby Effect menurut laman Exploring Your Mind digambarkan sebagai perasaan bersalah setelah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai. Oleh karena rasa bersalah ini, orang cenderung menghukum diri sendiri atau menyakiti diri karena perasaan bersalah tersebut. 

Padahal, masih menurut artikel yang sama, perasaan bersalah tak melulu harus diatasi dengan menghukum atau menyakiti diri sendiri. Laman tersebut menyarankan bagi orang-orang yang mengalami perasaan serupa Dobby Effect ini untuk mencari bantuan ahli atau profesional di bidang psikologi. 

 

3 dari 3 halaman

Dobby di TikTok

Sementara itu, jika saat ini kamu mencari dengan kata Dobby di TikTok, akan muncul berbagai video yang memperlihatkan seorang wanita kerdil dengan bentuk wajah kecil tirus. 

Judul-judul video yang memperlihatkan perempuan yang kerap disapa Xiao Xiao ini tertulis "Dobby". Karena penampakan fisiknya, perempuan kerdil ini dianggap mirip Dobby sang peri rumah di Harry Potter. 

Terlepas dari itu, berbagai video Xiao Xiao viral di Indonesia karena banyak akun yang mengunggah ulang. Video ini ramai usai diunggah oleh akun TikTok @chinesejunkfood.2024. 

Videonya disaksikan oleh jutaan kali dengan jumlah komentar yang cukup banyak.  Itulah penjelasan tentang istilah Dobby yang viral di TikTok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat