uefau17.com

Mau Bikin Konten Media Sosial yang Menarik dan Anti Ribet? Coba 4 Tools AI Ini - Tekno

, Jakarta - Bagi seorang content creator, menghasilkan konten menarik sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Karenanya, mereka dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mencari ide. 

Namun, setiap orang pasti pernah mengalami waktu di mana ia kehabisan ide segar. Beruntungnya, saat ini sudah banyak tools atau alat berbasis kecerdasan buatan yang siap membantu kamu, mulai dari mencari topik hingga proses pembuatan konten.

Bagi yang belum familier, tools artificial intelligence (AI) ini merupakan perangkat lunak atau sistem yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan dan mengeksekusi kebutuhan pengguna. 

Teknologi ini mensimulasikan kecerdasan manusia ke dalam suatu program dan menganalisis data untuk menemukan pola dengan bantuan algoritma. AI biasanya dikembangkan melalui teknologi machine learning, deep learning, dan natural language processing. 

Kemudahan penggunaan tools AI pun memungkinkan siapa saja untuk memakainya dan menjajal keunggulan fiturnya.

Dengan piranti yang memanfaatkan AI, tentu pekerjaan manusia akan lebih cepat. Bahkan, saat ini sudah banyak alat AI yang tersedia di internet dan dapat digunakan secara gratis.

Penasaran apa saja? Berikut ini Tekno rangkum 4 jenis tools AI yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten media sosial yang kreatif tanpa ribet.  

1. Chatbot dan Tools Penulisan Otomatis

Kini, kamu bisa menulis konten yang unik dengan bantuan teknologi AI. Chatbot dan alat penulisan otomatis ini mampu menciptakan berbagai jenis tulisan sesuai keinginan kamu, mulai dari postingan blog, artikel, deskripsi tentang suatu hal, hingga cerita atau fiksi. 

Jika kehabisan ide di tengah proses penulisan, kamu bisa meminta chatbot AI untuk melanjutkan cerita atau memberikan pilihan plot yang bisa kamu sesuaikan dengan jalan cerita. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa meminta chatbot untuk memberikan pilihan ide atau judul konten menarik jika kamu masih bingung tentang topik konten yang akan dibuat.

Tentu, ChatGPT menjadi salah satu alat sejenis ini yang paling dikenal masyarakat. Chatbot ini mampu menjawab pertanyaan atau perintah apapun yang diberikan oleh penggunanya. 

Alat buatan OpenAI ini juga bisa diakses secara gratis tanpa perlu menginstal aplikasi lain di perangkat, karena sudah tersedia di website. 

Selain itu, aplikasi dan website yang menawarkan fitur dan kemampuan serupa adalah Copy.AI, Jarvis, dan Grammarly. Ketiganya dapat membantu kamu menghasilkan konten tulisan yang sesuai dengan preferensi pengguna secara cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tools Pembuat Gambar atau Grafis Otomatis

Jika kamu membutuhkan gambar atau grafis yang menarik, kamu tidak harus memiliki skill desain grafis yang mumpuni untuk mendapatkannya. Beberapa tools AI ini dapat membantu membuat gambar dan desain yang keren dengan mudah untuk konten kamu.

Alat-alat ini juga menyediakan berbagai macam template yang dapat dicoba. Bahkan, beberapa di antaranya sudah bisa menghasilkan gambar secara otomatis hanya dengan memasukkan perintah atau konsep yang diinginkan melalui teks.

Salah satu tools dengan fungsi tersebut yang wajib kamu coba adalah fitur Text to Image di aplikasi Canva. Alat ini sudah diuji selama sekitar 2 bulan lewat versi Beta. 

Menariknya, gambar yang dihasilkan Canva bukanlah dari penggabungan beberapa gambar, tapi benar-benar menciptakan gambar baru dari awal.

Selain itu, kemampuan serupa juga dimiliki oleh aplikasi Dall-E. Tools ini dikembangkan oleh OpenAI yang mampu menciptakan gambar realistis dan sesuai dengan deskripsi yang pengguna tulis. 

3 dari 4 halaman

3. Tools Pembuat Video Otomatis

Hampir sama dengan tools pembuat gambar, alat ini digunakan untuk menghasilkan video secara otomatis. Tentu, alat ini dapat sangat membantu pembuat konten yang sedang tidak memiliki waktu untuk mengedit atau mengambil footage

Synthesia merupakan salah satu alat AI yang dapat membuat video dan audio secara otomatis melalui teks. Aplikasi ini memiliki lebih dari 40 avatar yang dapat dipilih dari berbagai database atau langsung dibuat oleh pengguna.

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan Presdis.AI untuk menghasilkan konten hanya dengan mengetikkan detail yang diinginkan. Alat ini memberikan pilihan berbagai jenis konten, seperti video pendek, desain grafis, dan lainnya.

Lalu, ada pula website Pictory AI yang bisa ubah naskah konten kamu menjadi video secara otomatis dan cepat. Kamu juga bisa memilih template yang telah tersedia dan mengubah atau menambah visual, elemen, audio, dan beberapa komponen dalam video.

4 dari 4 halaman

4. Tools Pembuat Audio dan Pengubah Suara

Saat ini, sudah tersedia banyak alat AI yang berkaitan dengan audio, mulai dari voice generator, penjernih audio, hingga pengubah suara.

Ketiganya dapat digunakan dalam proses pembuatan video, tergantung pada jenis kontennya. 

Untuk menciptakan suara yang berkualitas tinggi dari teks, kamu bisa menggunakan ElevenLabs. Software ini diklaim menghadirkan suara yang paling realistis untuk kebutuhan storytelling

Learning model yang digunakan pada alat ini mampu menampilkan intonasi yang mendekati manusia asli sehingga dapat menyesuaikan penyampaiannya sesuai konteks yang diberikan.

Sementara itu, jika kamu lebih percaya diri dengan suara sendiri, kamu bisa menggunakan Adobe Enhance Speech untuk menjernihkan audio. Kamu hanya tinggal memasukkan audio yang diinginkan ke situs web dan klik tombol yang tersedia.

Dalam sekejap, audio akan menjadi lebih jernih dan bisa diunduh secara gratis untuk digunakan pada konten kamu.

Di sisi lain, kamu juga bisa menggunakan karakter suara mirip artis, penyanyi, atau tokoh publik lainnya pada konten kamu dengan mengakses Voicify.ai. Setelah memasukkan audio, program akan mengubah karakter suara menjadi model pilihan kamu, seperti Michael Jackson, The Weeknd, Jennie Blackpink, hingga Donald Trump.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat