uefau17.com

Apple Bakal Ungkap Headset AR/VR di WWDC 2022 - Tekno

, Jakarta - Sebuah kabar menarik hadir tepat sebelum Apple menggelar acara pengembang tahunan mereka pada 6 Juni mendatang, yaitu Worldwide Developers Conference (WWDC).

Kurang dari seminggu acara tersebut digelar, beredar informasi yang disebut-sebut merupakan nama sistem operasi headset AR/VR buatan Apple.

Adapun paten tersebut adalah "realityOS". Berdasarkan pendaftaran dua paten terpisah yang dibagikan Parker Ortolani di Twitter, "realityOS" didaftarkan pada 8 Desember 2021.

Menariknya, kedua paten tersebut terdaftar dengan tenggat waktu pengarsipan berkas pada 8 Juni 2022. Dua hari setelah keynote WWDC 2022.

Sementara itu, pengarsipan di situs web USPTO (United State Patent and Trademark Office) tercantum batas waktu tanggal 9 Juni 2022.

Pengajuan paten "realityOS" sendiri tidak menyertakan label atau ditandai sebagai merek dagang Apple, tetapi beberapa pihak meyakini ini adalah milik perusahaan berbasis di Cupertino itu.

Mengutip laporan Parker Ortolani via Macrumors, Selasa (31/5/2022), perusahaan yang mengajukan paten tersebut menggunakan nama "Realityo System LLC."

Parker menambahkan, alamat perusahaan yang mendaftarkan paten "realityOS" ini sama dengan perusahaan Yosemite Research LCC yang Apple pakai saat ketika mendaftarkan paten "Monterey" beberapa hari sebelum WWDC 2021 digelar.

Nyatanya, Apple mengumumkan Monterey ebagai nama lain dari macOS 12. Selain itu, baik Yosemite Research LLC dan Realityo System LCC terdaftar di alamat yang sama.

"realityOS" secara tidak sengaja dirujuk oleh Apple di log pembaruan App Store awal tahun ini, mengonfirmasi keberadaannya dalam beberapa kapasitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama Kali realityOS Ketahuan Warganet

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

rOS, kependekan dari realityOS, pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada tahun 2017 dengan nama kode internal "Oak."

realityOS disebutkan akan berjalan pada headset AR/VR kelas atas yang rencananya akan diumumkan Apple tahun ini atau awal tahun depan, menurut Bloomberg.

Apple baru-baru ini mem-preview headset realitas campurannya ke dewan direksi. Hal ini tentunya menyiratkan produk tersebut hampir selesai.

Setelah berbulan-bulan beredar rumornya di internet, MacRumors menyebut produk headset mixed reality (AR dan VR) Apple telah menyelesaikan tes produksinya.

Tes produksi adalah bagian dari upaya berkelanjutan yang dilakukan Apple untuk memastikan headset memenuhi standar desain Apple.

Kabar ini pertama diungkap oleh salah satu pemasok komponen headset dan perangkat Apple. Dengan kabar tersebut, headset mixed reality Apple diperkirakan akan rilis akhir 2022.

 

3 dari 3 halaman

Masuk Uji Putaran Kedua

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Namun para pakar di industri belum menemukan kecocokan timeline terkait kapan peluncuran headset mixed reality Apple ini.

Mengutip Digital Trends, Selasa (22/2/2022), Mark Gurman dari Bloomberg meragukan perilisan headset mixed reality Apple ini akan segera dirilis, karena adanya masalah dengan proses desain.

Karena headset tersebut telah menyelesaikan pengujian putaran keduanya, kini produk headset mixed reality ini berada di jalur yang mirip dengan saat Apple Watch pertama kali diproduksi.

Artinya, hal itu merupakan pertanda baik, karena ada kemungkinan Apple benar-benar merilisnya akhir 2022.

(Ysl/Tin)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat