uefau17.com

iPhone XR, Smartphone Murah Terbaru Apple? - Tekno

, Jakarta - Menurut laporan, Apple akan merilis tiga varian iPhone pada tahun ini. Satu di antaranya akan dijual dengan harga lebih murah dan melenggang dengan nama iPhone XR.

Dilansir Softpedia, Rabu (12/9/2018), perkiraan nama ini disampaikan oleh analis terkemuka, Ming-Chi Kuo. Menurutnya, iPhone baru termurah tidak akan melenggang dengan nama XC, seperti yang diberitakan beberapa waktu belakangan, melainkan sebagai iPhone XR.

Dalam catatannya, Kuo menjelaskan bahwa iPhone XR akan mengalami sedikit keterlambatan peluncuran di pasar karena masalah kualitas dari perakitan dan layar. Sebelumnya sebuah laporan pada awal tahun ini menyebutkan, iPhone "murah" akan diluncurkan setelah dua varian lain karena Apple ingin memberikan waktu eksklusif untuk produk premiumnya.

Menurut Kuo, perangkat tersebut kemungkinan baru menyambangi pasar pada akhir September atau awal Oktober. Ini masih lebih cepat dibandingkan prediksi sebelumnya, yakni awal November 2018.

Lebih lanjut, jika benar manufaktur layar kesulitan dan membuat peluncuran iPhone XR tertunda, ini akan menjadi kali kedua bagi Apple mengalami masalah terkait layar. Sebelumnya, peluncuran iPhone X pada tahun lalu ditunda hampir sebulan dari rencana awal karena proses produksi yang sulit, terutama layar edge-to-edge dan integrasi modul Face ID.

Adapun iPhone "murah" ini akan memiliki layar LCD berukuran 6,1 inci dengan notch di bagian atasnya. Sama seperti dua varian lain, iPhone XR juga tidak akan dilengkapi Touch ID dan sebagai gantinya memiliki Face ID.

Smartphone ini hanya akan memiliki satu kamera belakang karena harga jualnya yang lebih murah daripada seri iPhone X terbaru. Menurut laporan, harganya dimulai dari US$ 699.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iOS 11 Kini Diadopsi 85 Persen iPhone dan iPad

Menjelang kehadiran iPhone baru, Apple beberapa hari lalu merilis data tentang tingkat adopsi iOS.

Berdasarkan data per 3 September 2018 itu, sebagian besar iPhone dan iPad saat ini menggunakan iOS 11 dengan tingkat adopsi sebesar 85 persen. iOS 11 merupakan OS mobile yang dirilis oleh Apple pada 2017.

Di sisi lain, tingkat adopsi iOS 10 kini sebesar 10 persen dan versi yang lebih lawas 5 persen. Namun, Apple tak mengungkapkan jumlah perangkat iOS yang saat ini ada di tangan konsumen.

 

3 dari 3 halaman

Peluncuran iOS 12

Apple sedang menyiapkan peluncuran OS terbarunya, iOS 12, yang akan fokus pada peningkatan performa, khususnya bagi perangkat lama. OS ini juga menyuguhkan polesan untuk sejumlah fitur, seperti Control Center, notifikasi dan tambahan fitur baru, termasuk AR Kit dan gesture seperti iPhone X pada iPad.

Apple akan menggelar acara pengumuman iPhone baru pada 12 September 2018, dan peluncuran iOS 12 untuk perangkat yang kompatibel akan dirilis satu pekan setelahnya.

iOS 12 sendiri pertama kali diumumkan di Worldwide Developers Conference pada 4 Juni 2018.

(Din)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat