uefau17.com

Desa Ini Tampung Seluruh Sampah Elektronik di Tiongkok - Tekno

, Beijing - Perkembangan ekonomi yang begitu pesat di Tiongkok berhasil mendorong kesejahteraan rakyatnya. Rakyat kelas menengah ke atas kini diklaim mendominasi strata masyarakat Negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun pertumbuhan ekonomi tak selamanya selalu berdampak positif. Untuk Tiongkok, dampak negatif dari berkembangnya perekonomian adalah membludaknya produksi sampah elektronik (e-waste). Laman Business Insider menyatakan bahwa Tiongkok saat ini adalah negara kedua dengan jumlah sampah elektronik terbesar di dunia.

Setiap tahunnya, masyarakat Tiongkok membuang sekitar 100 juta komputer, 40 juta televisi, 20 juta AC, dan 10 juta lemari es. Lalu mereka akan segera membeli perangkat-perangkat yang lebih baru untuk menggantikannya.

Sebuah desa bernama Dongxiaokou yang terletak di Beijing adalah wilayah pedesaan yang dipilih pemerintah Tiongkok sebagai tempat pembuangan akhir sampah-sampah elektronik dari berbagai penjuru negeri.

Kehidupan perekonomian warga di Dongxiaokou pun tak pernah jauh dari sampah elektronik. Sebagian besar dari mereka menjadi penadah barang-barang elektronik bekas tersebut untuk selanjutnya direkondisi atau diambil sejumlah onderdilnya untuk kembali dijual dengan harga miring.

Namun wilayah Dongxiaokou dalam beberapa waktu ke depan akan dialihfungsikan oleh pemerintah Tiongkok menjadi areal pertanian. Untuk mengabadikan saat-saat terakhir keberadaan sampah elektronik di Dongxiaokou , fotografer Reuters, Kim Kyung-Hoon, pun berinisiatif untuk mengabadikannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dijadikan areal pertanian

Dongxiaokou akan disulap oleh pemerintah Tiongkok menjadi areal pertanian. Kebijakan ini memang sudah diterapkan sejak beberapa tahun terakhir untuk wilayah pinggiran utara kota Beijing. Perubahan ini terjadi setelah Dongxiaokou beroperasi sebagai tempat pembuangan akhir sampah elektronik di Tiongkok selama 15 tahun terakhir.

3 dari 5 halaman

Barang elektronik rekondisi

Kebanyakan barang-barang elektronik rekondisi dari Dongxiaokou akan kembali dipasarkan di pusat-pusat kota Beijing. Jenis barang rekondisi tersebut diminati oleh para konsumen kelas menengah ke bawah.

4 dari 5 halaman

Onderdil dikumpulkan

Sampah elektronik yang sudah tidak bisa direkondisi biasanya dibongkar, untuk nantinya dipilah-pilah mana komponen onderdil yang masih dapat berfungsi. Selanjutnya mereka juga akan menjual onderdil tersebut di pusat-pusat kota Beijing.

5 dari 5 halaman

Didominasi warga pendatang

Penduduk Dongxiaokou adalah kebanyakan warga pendatang yang datang di awal tahun 2000-an. Mereka tergiur akan keuntungan yang dapat dihasilkan dari bisnis barang elektronik bekas. Namun sayang, bisnis itu akan ditutup dan mereka mungkin akan beralih pekerjaan menjadi petani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat