uefau17.com

Mengenal Lebih Dekat Gus Iqdam, Kiai Muda yang Tengah Jadi Idola dan Kondang dengan Jargon Dekengane Pusat  - Surabaya

 

 

, Jakarta - Nama Agus Muhammad Iqdam Kholid atau dikenal Gus Iqdam tengah menjadi sorotan publik saat ini. Namanya tengah naik daun dan viral. Tidak hanya di dunia maya, yaitu media sosial, Gus Iqdam juga kondang di dunia nyata.

Gus Iqdam menjadi kiai muda yang kini diidolakan anak-anak muda karena dakwahnya yang renyah, ceplas ceplos dan mudah dipahami.

 

Gus Iqdam lahir di Blitar pada 27 September 1993. Dia adalah anak terakhir dari empat bersaudara pasangan KH Kholid dan Hj Ny Lanratul Farida.

Awalnya, Gus Iqdam belajar mengaji di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri dibawah asuhan Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar.

Masa kecil Gus Iqdam dihabiskan untuk belajar agama Islam. Waktu kecil, ia belajar agama Islam dengan pamannya sendiri, KH. Dliyauddin Azzamzami. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur.

Ibu Gus Iqdam juga merupakan anak salah satu kiai yang kharismatik, KH Zubaidi Abdul Qofur beliau ini Mursid Torikoh di Jawa Timur.

Saat ini pendakwah muda Nahdlatul Ulama mengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II di Desa Karanggayam, Kabupaten Blitar. Dia juga mendirikan Majelis Ta’lim Sabilu Taubah yang memiliki puluhan ribu jemaah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gus Iqdam Rangkul Semua Kalangan

Nama Gus Iqdam terus menanjak berkat ceramahnya yang kekinian, lucu, kocak. Majelis Ta’lim Sabilu Taubah yang dirikan pada 2018 yang awalnya hanya memiliki 7 jemaah dan kini memiliki 66.000 lebih jemaah dari pelosok Nusantara.

Sebagai seorang mubaligh muda yang berasal dari Blitar, Gus Iqdam memiliki keunikan dalam berdakwah. Video-video ceramahnya telah menyebar luas di berbagai platform seperti Tiktok dan Youtube Shorts, sehingga masyarakat dari berbagai lapisan mudah mengenali dan mencintainya.

Santri-santri atau jemaah yang hadir dalam pengajiannya pun berdatangan dari berbagai lapisan masyarakat. Ada pengamen, pemabuk, hingga pejabat. Ada pula preman hingga asli santri.  

Pembawaannya ceria dan 'welcome' terhadap siapa saja. Gus pemilik nama asli Muhammad Iqdam Kholid ini mampu merangkul semua kalangan.

Beberapa istilah yang dilontarkannya juga viral. Misalnya; dekengane pusat, ST Nyell, garangan, wonge teko, dan lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pengajian Bulan Oktober

Jadwal Pengajian Gus Iqdam Bulan Oktober Sepuluh Hari Pertama Perbesar Gus Iqdam (tangkap layar)Mengutip dari kilat.com, berikut adalah jadwal lengkap acara pengajian yang akan dihadiri oleh Gus Iqdam pada bulan Oktober 2023:

1 Oktober, di Perum Graha Tirta, Waru, Sidoarjo, dalam acara berbagi ilmu dan ceramah.

2 Oktober, di Srengat, Blitar, mengisi pengajian rutin Sabilu Taubah.

3 Oktober, di Kali Lanang, Kediri, dibuka untuk umum dalam acara pengajian

4 Oktober, berlokasi di Desa Tawing, Munjungan, Trenggalek, untuk pengajian umum.

5 Oktober, kembali ke Srengat, Blitar, bersholawat dengan Sabilu Taubah.

6 Oktober, akan ada pengajian di Pakel, Ngantru, Tulungagung.

7 Oktober, menghadiri Kompak Audio, Pakel, Tulungagung.

8 Oktober, mengunjungi Desa Sumberejo, Plosoklaten, Kediri, untuk acara pengajian umum.

9 Oktober, kembali ke pengajian rutin Sabilu Taubah di Srengat, Blitar.

10 Oktober, akan hadir di Gembongan, Ponggok, Blitar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat