uefau17.com

Arus Mudik di Bandara Banyuwangi 2023 Diprediksi Turun Dibanding Tahun Lalu - Surabaya

, Banyuwangi PT. Angkasa Pura II Bandara Internasional Banyuwangi memastikan siap melayani angkutan mudik 2023. Fasilitas sarana prasarana, dipastikan laik. personel di bandara pun juga telah siap menyambut momen ini. 

General Manager Operasional, Service, & Maintenance PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Banyuwangi Indrawansyah mengatakan, pengecekan rutin dilakukan. 

Tetapi, di momen besar seperti libur nataru ataupun lebaran ini intensitas pengecekan lebih ditingkatkan. Pengecekan tersebut meliputi pengecekan fasilitas wajib, seperti area sisi darat (landside) hingga area sisi udara (airside).

"Pada sisi darat sasarannya area check-in, boarding lounge, serta area pemeriksaan x-ray," kata Indrawansyah, Sabtu (15/4/2023).

Sedangkan di sisi udara, meliputi pengecekan precision approach path indicator (PAPI), apron hingga runway.

"Sementara untuk kegiatan pengecekan berkala meliputi banyak hal. Salah satunya peralatan, listrik dan elektronika Bandar Udara Banyuwangi. Kemudian Pengecekan Supply Tegangan gedung terminal," ujarnya.

PT. Angkasa Pura II turut bersinergi dengan PT. PLN. Sinergi ini menjamin keandalan pasokan listrik di bandara. Mengingat peranan listrik begitu penting bagi lalu lintas udara. 

Namun untuk berjaga-jaga, PT. Angkasa Pura II juga menyiapkan cadangan berupa genset. 

"Selain itu kami juga melakukan perawatan dan pengecekan fungsi kerja generator terkait bahan bakar, oli dan air radiator) serta perawatan Server Flight Information Display System (FIDS)," pungkasnya.

FIDS merupakan sistem informasi yang ada di Bandara untuk membantu management penumpang baik keberangkatan (Departure), transit, atau kedatangan (Arrival). 

Bandara memprediksi arus mudik lebaran ke Banyuwangi, akan terjadi pada 18 April mendatang. Reservasi di tanggal itu sudah penuh. Sementara puncak arus balik yakni pada 4 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Kecil dari Tahun Lalu

Mudik tahun ini akan ada kenaikan diprediksi mencapai 1,4 persen di banding hari biasa. Kenaikan itu memang lebih kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai 5 persen.

"Alasannya saat ini libur panjang banyak masyarakat yang memilih jalur darat dan jalur laut," bebernya.

Di momen mudik ini tidak banyak yang berubah. Rute masih tetap yakni Banyuwangi - Jakarta atau sebaliknya. 

Jam operasional masih sama yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB. Tidak ada penerbangan malam, tetapi bila terjadi insiden dan mengharuskan penerbangan malam bandara pun siap.

"Ada 2 maskapai yang melayani penerbangan, yakni Batik dan Citilink. Tahun ini Super Air Jet sudah masuk, tetapi belum ada informasi lanjut apakah bisa digunakan untuk mudik tahun ini," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat