uefau17.com

1 Abad NU, Erick Thohir: Nahdlatul Ulama Tetap Dicintai dari Zaman ke Zaman - Surabaya

, Surabaya - Ketua Panitia peringatan 1 abad NU Erick Thohir mengungkapkan, NU sebagai organisasi Islam terbesar yang telah berdiri melintasi berbagai zaman dan generasi.

Mulai masa penjajahan, lanjut Erick, masa kemerdekaan, masa reformasi, hingga kini di era digital. Meski zaman terus berganti, NU tetap relevan dan dicintai masyarakat.

"Jadi pertanda para tokoh NU terdahulu telah menciptakan pondasi yang kokoh," ujarnya dalam sambutannya di resepsi puncak peringatan 1 abad NU di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Erick berharap NU terus bisa menanamkan dan menyebarkan Islam Nusantara untuk generasi penerus bangsa. Apalagi berdasarkan hasil sebuah survei, lanjut Erick, 71,8 persen masyarakat menganggap NU memiliki peran penting dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaa Indonesia.

"Selain itu, 81 persen masyarakat Indonesia juga meyakini NU akan memberi manfaat yang semakin baik untuk NKRI," ujar pria yang juga menjabat menteri BUMN tersebut.

Erick mengingatkan warga Nahdliyin untuk mempertahankan energi positif yang dimiliki NU. Erick mengatakan, Indonesia di bawah kepemimpinan Jiko Widodo sudah sangat baik dan patut disyukuri.

Erick pun berharap, NU di bawah kepemimpinan KH. Yahya Cholil Staquf akan terus berada di belakang pemerintah dalam mendukung NKRI dan Pancasila.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara 24 Jam Nonstop

Diketahui, puncak resepsi satu Abad NU akan digelar selama 24 jam nonstop mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB yang terbagi menjadi lima sesi.

Pertama, sesi ritual keagamaan NU, mulai dari istighotsah, zikir, shalat subuh berjamaah hingga shalawatan, yang akan dimulai pada pukul 00.00-07.30 WIB.

Kedua, sesi resepsi yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo bersama para menteri kabinet Indonesia Maju dan ulama Islam sedunia pada pukul 07.00-11.00 WIB. Sesi ini bakal diisi dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai pertanda memasuki abad kedua NU.

Ketiga, sesi Karnaval Nusantara dengan iringan penampilan kolosal ribuan Banser diikuti tarian sufi dan tarian-tarian Nusantara, start dari Alun-alun Sidoarjo dan finish di Parkir Timur Stadion Gelora Delta. Sesi ini berlangsung pukul 14.00-17.30 WIB.

Keempat, sesi panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta yang akan diisi oleh penampil, antara lain adalah Penyanyi berdarah Lebanon Maher Zain, Grup Band Slank, dan Rhoma Irama. Sesi ini akan dilangsungkan pukul 18.00-23.00 WIB.

Kelima, segmen bazar UMKM dan Kuliner Nusantara yang berlangsung sepanjang hari di area parkir timur Stadion Delta Sidoarjo dan enam lokasi lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat