uefau17.com

Penulis Da Vinci Code Menjadi Tokoh Manga Bernuansa Sastra - ShowBiz

Sebagai penulis buku, tentu saja Dan Brown sudah dikenal di dunia literatur berkat karya-karyanya seperti The Da Vinci Code dan Angels and Demons. Hebatnya, kini sang penulis bakal dijadikan karakter di dalam sebuah manga Jepang.

Berjudul Bungo Stray Dogs (Literary Stray Dogs), manga karya Kafuka Asagiri ini sangat kental dengan nuansa sastra. Meskipun Dan Brown tidak dijadikan tokoh utama, akan tetapi ia digambarkan memiliki sebuah kekuatan supernatural yang cukup unik.

Karakter yang ada di dalam manga Bungo Stray Dogs pun bukanlah tokoh fiksi, melainkan benar-benar Dan Brown. Dalam sebuah desain, tampak wajahnya yang dibuat sangat mirip aslinya dengan rambut pirang yang modelnya juga sama persis seperti sang penulis.

Kisah dalam Bungo Stray Dogs berkutat mengenai liga para sastrawan yang memiliki kekuatan supranatural. Salah satu contohnya adalah Ryunosuke Akutagawa yang menulis cerita terkenal hingga menginspirasi film Rashomon karya sineas Akira Kurosawa serta rangkaian anime adaptasi karya sastra bertema Aoi Bungaku dengan judul Jigoku Hen (Hell Screen).

Dalam Bungo Stray Dogs, mendiang sastrawan tersebut memiliki kekuatan untuk berubah bentuk dan memanipulasi jubahnya hingga berbentuk seperti monster. Bersama-sama, para penulis di dalam manga ini memecahkan misteri sebagai bagian dari 'Agensi Detektif Bersenjata'.

Dilansir dari Anime News Network, karakter Dan Brown sendiri memiliki kekuatan 'Inferno' (Api Neraka), sebuah kemampuan untuk menggabungkan tiga baris puisi yang memberikan sekilas gambaran tentang neraka dari cerminan kehidupan di dunia.

Dalam manga ini, hanya Dan Brown yang memiliki pengetahuan sejarah dan agama untuk menguraikan sajaknya. Hal itu bisa saja disebabkan karena sang penulis juga pernah merilis buku berjudul Inferno yang baru saja diluncurkan pada tahun ini di Jepang.

Uniknya lagi, manga edisi ketiga terbitan Kadokawa Shoten pada 4 Desember 2013 ini, sudah memperkenalkan penulis internasional lainnya. Beberapa nama yang sudah disebut antara lain penulis Rusia Fyodor Dostoyevsky (Crime and Punishment, The Brothers Karamazov) dan penulis misteri Inggris Agatha Christie (Murder on the Orient Express, The Mousetrap).

Kabarnya, saat Dan Brown diajak sebagai salah satu tokoh manga oleh staff penerbit, ia pun langsung menyetujui tawaran langka tersebut. Dan Brown pun hanya mengatakan, "Saya selalu ingin menjadi 'Mangafied'."

Dua penulis kontemporer lainnya yang langsung menyetujui ajakan menjadi 'mangafied' adalah Yukito Ayatsuji (Tsukidate no Satsujin) dan Natsuhiko Kyogoku (Requiem from the Darkness, Moryo no Hako, Tofu Kozo, Loups-Garous).

Selain Dan Brown, sudah ada sekitar enam karakter yang sudah dibuatkan gambarnya dalam format berwarna. Jadi, bagi yang penasaran dengan cerita manga ini, harap bersabar hingga suatu hari diterbitkan di sini.(Rul)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat