uefau17.com

Nadia Mulya Prihatin Masalah Sampah di Indonesia, Bagikan Tips Go Green Gampang Siapa pun Bisa Ikut - ShowBiz

, Jakarta Nadia Mulya memiliki keprihatinan tersendiri soal masalah lingkungan di Tanah Air. Terutama soal isu sampah yang kian lama, makin menjadi kekhawatiran.

Dalam unggahan yang ia bagikan 17 Oktober 2023 lalu, ia memperlihatkan potret dirinya saat berada di Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Suwung, Bali, pada beberapa waktu lalu. Ia tampak berdiri di depan gunungan sampah yang jauh lebih tinggi dari tubuhnya sendiri.

Pertengahan Oktober, rupanya terjadi kebakaran di lokasi pembuangan sampah ini.

Kebayang tidak polusi dan penyakitnya khususnya bagi para pemulung dan warga sekitar?” tulisnya di caption unggahan ini.

Model dan aktris ini mengungkap bahwa permasalahan TPA Suwung serupa dengan tempat lain di Indonesia, yakni overkapasitas.

TPA sejatinya adalah Tempat Pengolahan Akhir, bukan Tempat PEMBUANGAN Akhir. Seharusnya kita pilah sampah, jadi yang ke TPA itu hanya sampah residu,” ujarnya. Sayang, yang terjadi di Indonesia semua sampah tanpa dipilah, dibuang di TPA.

Semua-muanya dibuang ke sini, termasuk setengahnya adalah sampah makanan. Tahu kan, sampah makanan (organik) itu ada gas metana, bikin panas. Makanya cuaca seperti ini,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nadia Mulya: Ambil Secukupnya, dan Habiskan!

Nadia Mulya menyatakan tak perlu saling tuding soal masalah ini. Ia menyebutkan, bahwa ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengurangi masalah ini.

“Ambil makanan secukupnya dan HABISKAN,” tulis Nadia Mulya dalam poin pertamanya.

3 dari 4 halaman

Sisa Makanan

Di poin kedua ia menulis, “Sisa makanan (atau kupasan sayur buah) dimasukkan lubang biopori, kompos, atau tebar di taman.

Sementara di poin ketiga, ia mengingatkan pentingnya kontrol diri. “Be mindful dalam mengonsumsi. Jangan suka lapar mata. Beli barang yang benar-ben mear kamu butuhkan.”

4 dari 4 halaman

Nadia Mulya: TPA Bukan Solusi

Nadia Mulya meyakini masih banyak yang bisa dilakukan, dan tips yang ia berikan sebenarnya mudah untuk dikerjakan. Apalagi ha-hal tersebut adalah nilai-nilai yang diajarkan orangtua dulu.

TPA bukan solusi guys. Tidak ada solusi tunggal masalah sampah. Kita semua harus punya kesadaran & do something. Sudah mulai berasa kan dampaknya? Kalau begini terus, nggak kebayang deh bumi kita 10, 5, bahkan 1 tahun lagi seperti apa,” kata dia.

Ia menutup unggahannya dengan pernyataan, “Belum telat. Yuk kita bantu bumi mulai dari diri sendiri.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat