uefau17.com

5 Film Horor tentang Para Ibu, Cinta Kasihnya Antara Bikin Haru atau Malah Merinding - ShowBiz

, Jakarta Selamat Hari Ibu! Hari ini, Rabu (22/12/2022), didedikasikan untuk para bunda se-Indonesia yang membaktikan hidupnya untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya dengan penuh cinta kasih.

Sosok ibu memang kerap kali diidentikkan dengan sosok pengayom yang penuh dengan cinta dan kasih. Tak terhitung karya seni yang mengangkat sosok ibunda sebagai sumber inspirasi. Termasuk film horor.

Dalam genre ini, konsep “kasih ibu yang tiada batas” dimainkan bak pedang bermata dua. Kadang memantik keharuan, tapi tak jarang pula menjadi sumber kengerian.

Menyambut Hari Ibu 2022, tak salah rasanya mengingat kembali para ibu keren—dan ada juga yang mengerikan, dalam lima film horor berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Umma (2022)  

Film horor Hollywood ini mengisahkan tentang Amanda (Sandra Oh) wanita keturunan Korea yang tinggal di pedesaan Amerika Serikat, tanpa barang elektronik, bersama anaknya. Hidupnya berubah setelah menerima abu kremasi jenazah umma-nya—kata yang berarti ibu dalam bahasa Korea.

Sejumlah kengerian muncul, Umma bangkit menebar teror kepada Amanda. Bahkan ia mulai menjelma sebagai teror itu sendiri. Amanda mesti bangkit demi putrinya, dan menghadapi ibu dan trauma masa lalunya.

3 dari 6 halaman

2. Mama (2013)

Film diawali dengan Victoria dan Lily, yang hendak dibunuh ayahnya sendiri dalam kabin terpencil, tapi berhasil diselamatkan satu sosok misterius—yang kemudian mereka sebut sebagai Mama.

Mama bertindak sebagai pelindung keduanya—termasuk saat kedua bocah ini diadopsi oleh keluarga jauhnya. Ending film ini berhasil mengawinkan antara elemen horor dan melodrama, tentang sisi protektif dan kasih seorang ibu—meski ia sudah menjadi lelembut.

4 dari 6 halaman

3. Dark Water (2002)

Film horor Jepang ini mengikuti perjalanan seorang single mother, yang baru saja pindah ke sebuah apartemen yang penuh dengan nuansa janggal. Ia dan putrinya beberapa kali diikuti seorang gadis cilik misterius, dan genangan air yang datang secara misterius.

Bagian akhir filmnya, kerap disebut sebagai salah satu ending tersedih dalam film horor. Memperlihatkan kerelaan sang ibu untuk mengorbankan apa pun demi anaknya.

5 dari 6 halaman

4. Blood Red Sky (2021)

Satu lagi film tentang ibu yang berani mempertaruhan apa pun demi anaknya. Namun tokoh ibu dalam film ini, adalah seorang vampir.

Penerbangan jarak Nadja (Peri Baumeister) bersama putranya berubah menjadi mimpi buruk. Sekelompok teroris membajak pesawat mereka, dan tak segan membunuh siapa pun yang menghalangi. Yang tak diketahui para teroris ini, salah satu penumpang adalah makhluk pengisap darah yang mengerikan.

6 dari 6 halaman

5. Psycho (1960)

 

Peringatan, bagian ini mengandung spoiler film Psycho.

Ibu yang ini jauh berbeda dari yang sebelumnya disebut-sebut dalam daftar ini.

Tokoh ibunda Norman Bates dalam film karya Alfred Hitchcock ini memang tak muncul saat masih hidup. Namun ia berhasil memantik diskusi panjang soal parahnya pengaruh trauma yang ditimbulkan sang ibu kepada anaknya.

Adegan terakhir Psycho, yang memperlihatkan Norman (Anthony Perkins) duduk dengan tatapan kosong dan pelan-pelan tersenyum mengerikan sambil membatin dengan suara sang ibu—jadi salah satu adegan ikonis yang tak lekang hingga sekarang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat