uefau17.com

Influencer Rania Salsabila Ajak Publik Jangan Jadi Netizen Julid, Ingatkan Rekam Jejak Digital Itu Abadi - ShowBiz

, Jakarta Di jagat Instagram, influencer Rania Salsabila alias Chaaarania terbilang kondang. Akun Instagram terverifikasinya kini diikuti lebih dari 180 ribu orang dengan konten beragam.

Selasa (19/7/2022), Chaaarania jadi bintang tamu dalam webinar Program Literasi Digital Nasional 2022 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Selain Chaaarania, webinar ini menampilkan narasumber Menkominfo RI, Jhonny G. Plate, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, dan Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pengerapan.

Dalam pernyataan penutupnya, Chaaarania menyatakan, “Pengetahuan itu utama tapi, karakter itu lebih diutamakan. Jadi buat teman-teman di sini ketika kita berbudaya digital dan bersikap dalam literasi digital, itu yang terpenting adalah karakter.”

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hati-hati Bermedsos

Ia mengakui internet dan medsos telah jadi bagian gaya hidup masyarakat kekinian di dunia termasuk Indonesia. Karenanya, Chaaarania mengingatkan tiga hal penting dalam bermedsos.

“Yang pertama adalah, be careful in social media karena rekam jejak digital itu abadi. Yang kedua, berbudaya positiflah di dunia digital. Sharing-lah hal-hal yang bermanfaat dan inspiratif,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Jangan Julid

Chaaarania berkeyakinan kebaikan sekecil apapun di medsos maupun kehidupan nyata akan sangat bermanfaat bagi yang berbuat maupun orang lain. Terakhir, terapkan karakter bangsa dalam berbudaya digital.

“Tanamkanlah nilai-nilai Pancasila dan jauhkan kita dari hal-hal berbau hoaks. Oh ya, hati-hati lo berkomentar negatif. Jangan julid, jangan jadi netizen julid hati-hati entar dilaporin kena UU ITE mau? Stay positive stay healthy dan tetap jadi orang baik,” Chaaarania menyambung.

 

4 dari 4 halaman

Kata Menteri

Dalam kesempatan itu, Jhonny G. Plate menjelaskan Program Literasi Digital Nasional akan terus dilaksanakan untuk menjangkau seluruh masyarakat hingga ke pelosok Tanah Air.

“Ini penting agar kita tak meninggalkan seorangpun untuk merasakan manfaat transformasi digital nasional. Mari bersama berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan literasi digital menuju Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” kata Jhonny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat