uefau17.com

Jelang Hari Nyamuk Sedunia, Jihane Almira Ajak Masyarakat Waspada Demam Berdarah Dengue - ShowBiz

, Jakarta Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira, hadir dalam kampanye “Wujudkan Indonesia Bebas Dengue” yang diluncurkan menjelang Hari Nyamuk Sedunia, 20 Agustus 2022. Kampanye ini digelar di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

Jihane Almira beralasan sebagai individu, harus punya awareness tinggi terhadap masalah apapun. Dua tahun terakhir misalnya, dunia dilanda pandemi Covid-19. Namun kita tidak boleh lupa ada penyakit dan virus lain yang mengintai. Sebagai manusia harus bisa bermanfaat bagi lingkungan.

Pengetahuan sekecil apapun terkait kesehatan bisa dibagikan ke sesama untuk saling jaga. Karenanya, Jihane Almira mendukung kampanye ini untuk mengajak generasi muda lebih melek terhadap nyamuk dan penyakit yang menyertai seperti Demam Berdarah Dengue atau DBD.

“Pengcegahan sangat diperlukan. Ini lebih baik daripada mengobati. Khususnya, orang-orang yang banyak kegiatan outdoor, bisa mengantisipasi tanpa harus kena dulu. Cara mengantisipasi itu banyak, makanya kita perlu memiliki awareness yang tinggi,” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antisipasi, Observasi, Pencegahan

Berbincang dengan Showbiz seusai acara, bintang film Ayat-ayat Cinta 2 dan Mendadak Kaya mengingatkan poin penting dari mengantisipasi DBD yakni menjaga diri sendiri.

“Kita harus menganggap bahwa tidak ada orang-orang di sekitar yang bisa mengingatkan selalu. Yang bisa kita lakukan, antisipasi, observasi, pencegahan sangat penting,” Jihane Almira mengingatkan.

3 dari 4 halaman

Indonesia Bebas Dengue

Kaum hawa patut mengindahkan ini mengingat kelak ia akan menjadi istri sekaligus ibu. Setelahnya runner-up I Puteri Indonesia 2020 mengingatkan bahwa berdasarkan riset, DBD sering menimpa anak-anak. Tugas kita, melindungi dan mengajari mereka langkah antisipasi.

“Mungkin karena awareness-nya kurang, belum tahu apa yang harus dilakukan, belum bisa jaga diri sendiri. Kampanye Wujudkan Indonesia Bebas Dengue diharapkan disambut baik dan diterima masyarakat,” paparnya panjang.

 

4 dari 4 halaman

Indonesia Bebas Dengue

Kampanye “Wujudkan Indonesia Bebas Dengue” yang digalakkan Enesis ditindaklanjuti dengan banyak program. Salah satunya, Mobil Edukasi Keliling yang dilepas di Jakarta pada 5 Juli 2022 dengan dihadiri Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Indonesia, Ryan Tirta Yudhistira menjelaskan, Mobil Edukasi Keliling ini hasil kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI. Fungsinya mengajak publik menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta mencegah Dengue dengan PSN 3M Plus.

“Untuk tahap awal, mobil edukasi menyasar SD, Pasar, RS, MTI serta Ibu-ibu PKK di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Malang. Nantinya secara bertahap akan melawat lebih dari 100 titik di Indonesia,” terang Ryan. Program ini diapresiasi Kementerian Kesehatan RI.

PSN 3M Plus sendiri meliputi menutup, menguras, dan memanfaatkan barang bekas. Ryan menyebut kata plus merujuk pada penggunaan obat anti-nyamuk. Enesis merekomendasikan Soffell losion dan spray serta Force Magic.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat