uefau17.com

Bursa Asia Dibuka Cerah, Investor Menanti Pengumuman Bank Sentral Australia - Saham

, Jakarta - Pasar saham di kawasan Asia dan Pasifik atau sering disebut dengan bursa Asia bergerak perkasa pada perdagangan Selasa pekan ini. Pendorong kenaikan bursa Asia ini karena Wall Street juga melonjak pada penutupan perdagangan semalam.

Saat ini investor di bursa saham kawasan Asia dan Pasifik tengah menunggu keputusan suku bunga acuan yang akan diumumkan oleh Bank Sentral Australia.

Reserve Bank of Australia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di 4,35%, namun investor akan memperhatikan bahasa yang digunakan dalam pernyataan kebijakan moneternya.

Dalam catatan pratinjaunya, ING menyatakan bahwa inflasi secara umum sedang menuju ke arah yang salah, dan inflasi bersifat luas. Inflasi utama Australia merangkak naik hingga 3,8% pada bulan April, dari level terendah 3,4% pada Desember 2023.

“Yang terpenting, kita perlu melihat inflasi bulan ke bulan meningkat pada kecepatan yang jauh lebih lambat, atau inflasi akan semakin melenceng pada paruh kedua tahun ini,” tambah para analis.

Mengutip CNBC, Selasa (18/6/2024), indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,55% di awal perdagangan.

Indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,84% setelah anjlok hampir 2% pada perdagangan Senin. Sedangkan Topix menguat 0,64%.

Kospi Korea Selatan naik 0,9%, dipimpin oleh kenaikan saham pembuat chip Samsung Electronics dan SK Hynix, yang masing-masing naik 1,5% dan 4%.

Saham produsen mobil Hyundai juga mencapai rekor baru, naik sekitar 1,8% di tengah berita bahwa mereka berencana untuk mencatatkan unitnya di India.

Indeks Hang Seng Hong Kong berjangka berada di 18,018, lebih tinggi dari penutupan terakhir HSI di 187.936,12.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wall Street

Di Amerika Serikat (AS), Wall Street berupaya melanjutkan kenaikan minggu lalu.

S&P 500 naik pada perdagangan Senin dan ditutup pada rekor baru. Indeks ini bertambah 0,77% dan berakhir pada 5.473,23.

Nasdaq Composite melonjak 0,95% dan menetap di 17.857.02.

Sedangkan Dow Jones Industrial Average (DJIA) menambahkan 188,94 poin atau 0,49% dan berakhir pada 38.778,10. Kenaikan di Senin ini menghentikan penurunan beruntun empat hari.

“Hari ini merupakan tindak lanjut dari apa yang kami lihat selama seminggu terakhir,” kata Greg Bassuk, CEO AXS Investments.

Saham-saham teknologi menjadi mendukung reli di S&P 500. Sektor teknologi mampu melonjak 1,2% yang didukung oleh salam Microsoft naik lebih dari 1%, sementara Apple melonjak sekitar 2%.

Platform Alfabet, Amazon, dan Meta juga berakhir lebih tinggi.

Nvidia mencatat rekor tertinggi baru sepanjang masa – tetapi akhirnya ditutup sedikit lebih rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat